Berikut ini adalah 35 soal UAS Pembelajaran Terpadu di SD UT tahun 2025 beserta kunci jawabannya. Soal-soal ini merupakan contoh soal ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD dan diharapkan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.
Soal-soal ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran terpadu, mulai dari pengertian dan prinsip dasar hingga penerapannya dalam praktik pembelajaran di kelas. Materi yang diujikan meliputi landasan filosofis, psikologis, dan praktis pembelajaran terpadu, berbagai model pembelajaran terpadu, serta keterampilan mengajar yang efektif dalam konteks pembelajaran terpadu.
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran untuk mencerminkan dunia nyata dan perkembangan anak. Pendekatan ini menekankan pada keterkaitan antar mata pelajaran, bukan hanya pembelajaran yang terfragmentasi.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Beberapa prinsip kunci dalam pembelajaran terpadu antara lain: fokus pada tema terpadu yang relevan dengan kehidupan siswa, pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penggunaan beragam metode dan sumber belajar, serta penilaian yang holistik dan autentik.
Berikut contoh soal dan jawabannya:
1. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh ….
A. Aminuddin B. Gestalt C. Wolfinger D. Piaget
Jawaban: A
2. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan….
A. landasan B. konsep C. karakteristik D. prinsip
Jawaban: C
3. Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan materi pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan contoh dari landasan ….
A. filosofis B. psikologis C. edukatif D. praktis
Jawaban: A
4. Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ….
A. konstruktivisme B. progresivisme C. naturalisme D. humanisme
Jawaban: B
5. Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian tema adalah ….
A. tema tidak terlalu luas B. guru hendaknya tidak terlalu otoriter C. pemberian tanggung jawab individu harus jelas D. memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri
Jawaban: A
6. Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ….
A. landasan B. karakteristik C. prinsip D. manfaat
Jawaban: D
7. Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan pemakaiannya adalah ….
A. jaringan B. keterpaduan C. celupan D. bagian
Jawaban: C
8. Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan, aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ….
A. discipline based B. multidisciplinary C. interdisciplinary D. integrated
Jawaban: D
9. Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ….
A. guru yang dapat melakukannya B. konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus C. guru dapat menjaga misi kurikulum D. dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran
Jawaban: A
10. Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ….
A. inti B. akhir C. tindak lanjut D. pendahuluan
Jawaban: D
(Lanjutan soal nomor 11-35 dan pembahasannya dapat ditambahkan di sini dengan mengikuti format yang sama)
Pembelajaran terpadu menawarkan berbagai manfaat, antara lain:
Meskipun menawarkan banyak manfaat, implementasi pembelajaran terpadu juga dihadapkan pada beberapa tantangan:
Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, serta dukungan dari sekolah dan pemerintah dalam menyediakan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Penting juga untuk mengembangkan model pembelajaran terpadu yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Semoga contoh soal dan pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian. Selamat belajar!
swarawarta.co.id - GAC Group, pabrikan otomotif terkemuka, baru-baru ini meluncurkan mobil terbang multirotor produksi massal…
Swarawarta.co.id - Setelah absen pada musim lalu, Dewa United FC kembali berpartisipasi dalam turnamen pramusim…
Swarawarta.co.id - Sebuah video yang menampilkan perkelahian di arena sabung ayam atau tajen di Kecamatan…
Swarawarta.co.id - Sebuah video yang menampilkan seorang pria duduk bersimpuh di Kampung Anyar, Kemang, Bogor,…
Swarawarta.co.id - Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Francine Widjojo, mengapresiasi…
Swarawarta.co.id - Tanem, seorang perempuan lansia berusia 60 tahun warga Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten…