35 SOAL UAS Pembelajaran Terpadu di SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD

- Redaksi

Saturday, 14 June 2025 - 19:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berikut ini adalah 35 soal UAS Pembelajaran Terpadu di SD UT tahun 2025 beserta kunci jawabannya. Soal-soal ini merupakan contoh soal ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD dan diharapkan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Soal-soal ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran terpadu, mulai dari pengertian dan prinsip dasar hingga penerapannya dalam praktik pembelajaran di kelas. Materi yang diujikan meliputi landasan filosofis, psikologis, dan praktis pembelajaran terpadu, berbagai model pembelajaran terpadu, serta keterampilan mengajar yang efektif dalam konteks pembelajaran terpadu.

Pengertian dan Prinsip Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran untuk mencerminkan dunia nyata dan perkembangan anak. Pendekatan ini menekankan pada keterkaitan antar mata pelajaran, bukan hanya pembelajaran yang terfragmentasi.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Beberapa prinsip kunci dalam pembelajaran terpadu antara lain: fokus pada tema terpadu yang relevan dengan kehidupan siswa, pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penggunaan beragam metode dan sumber belajar, serta penilaian yang holistik dan autentik.

Contoh Soal dan Kunci Jawaban

Berikut contoh soal dan jawabannya:

1. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh ….

Baca Juga :  Umma: Komunitas Global yang Menyatukan Umat Islam di Seluruh Dunia

A. Aminuddin B. Gestalt C. Wolfinger D. Piaget

Jawaban: A

2. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan….

A. landasan B. konsep C. karakteristik D. prinsip

Jawaban: C

3. Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan materi pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan contoh dari landasan ….

A. filosofis B. psikologis C. edukatif D. praktis

Jawaban: A

4. Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ….

A. konstruktivisme B. progresivisme C. naturalisme D. humanisme

Jawaban: B

5. Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian tema adalah ….

A. tema tidak terlalu luas B. guru hendaknya tidak terlalu otoriter C. pemberian tanggung jawab individu harus jelas D. memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri

Jawaban: A

6. Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ….

Baca Juga :  Konflik Sampit Adalah Kerusuhan Antaretnis yang Terjadi di Sampit pada Awal Februari 2001

A. landasan B. karakteristik C. prinsip D. manfaat

Jawaban: D

7. Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan pemakaiannya adalah ….

A. jaringan B. keterpaduan C. celupan D. bagian

Jawaban: C

8. Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan, aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ….

A. discipline based B. multidisciplinary C. interdisciplinary D. integrated

Jawaban: D

9. Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ….

A. guru yang dapat melakukannya B. konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus C. guru dapat menjaga misi kurikulum D. dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran

Jawaban: A

10. Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ….

A. inti B. akhir C. tindak lanjut D. pendahuluan

Jawaban: D

(Lanjutan soal nomor 11-35 dan pembahasannya dapat ditambahkan di sini dengan mengikuti format yang sama)

Baca Juga :  SEBUAH Perusahaan Manufaktur Tengah Mengembangkan Produk Baru Dengan Mengintegrasikan Teknologi Canggih, Proyek Inovasi Ini Melibatkan Dua Tim Utama

Manfaat Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran terpadu menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman konseptual siswa karena materi dikaitkan antar mata pelajaran.
  • Membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah.
  • Menjadikan pembelajaran lebih relevan dan bermakna bagi kehidupan siswa.
  • Meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa karena pembelajaran lebih menarik dan engaging.
  • Mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata yang kompleks dan saling berkaitan.

Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Terpadu

Meskipun menawarkan banyak manfaat, implementasi pembelajaran terpadu juga dihadapkan pada beberapa tantangan:

  • Membutuhkan perencanaan yang matang dan terintegrasi antar mata pelajaran.
  • Membutuhkan kemampuan guru yang mumpuni dalam mengelola pembelajaran yang kompleks.
  • Membutuhkan sumber daya dan fasilitas yang memadai.
  • Potensi kesulitan dalam penilaian hasil belajar yang terintegrasi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, serta dukungan dari sekolah dan pemerintah dalam menyediakan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Penting juga untuk mengembangkan model pembelajaran terpadu yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Semoga contoh soal dan pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian. Selamat belajar!

Berita Terkait

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan
40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025
40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201
40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335
40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213
40 SOAL UAS PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Materi dan Pembelajaran PKN SD
35 SOAL UAS UT Materi dan Pembelajaran PKN SD PDGK4401 PGSD Tahun 2025 Lengkap Kunci Jawabannya
ANALISISLAH Keterkaitan antara Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Mata Pelajaran Lain, Khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tag :

Berita Terkait

Saturday, 14 June 2025 - 20:22 WIB

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan

Saturday, 14 June 2025 - 20:12 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025

Saturday, 14 June 2025 - 20:02 WIB

40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201

Saturday, 14 June 2025 - 19:52 WIB

40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335

Saturday, 14 June 2025 - 19:42 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213

Berita Terbaru

Olahraga

Dewa United FC Siap Menggebrak Piala Presiden 2025

Sunday, 15 Jun 2025 - 08:51 WIB