Pak Ferdian, seorang guru kelas 4 di SDN Cijambe, sedang mengajar materi keliling bangun datar persegi panjang. Ia memulai dengan apersepsi, mengingat kembali konsep keliling bangun datar secara umum. Hal ini penting untuk menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan materi baru.
Penjelasan Pak Ferdian menekankan bahwa keliling bangun datar adalah total panjang semua sisi yang membentuk bangun tersebut. Untuk memperkuat pemahaman, ia menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi secara efektif. Metode ini memungkinkan interaksi langsung antara guru dan murid, sehingga proses pembelajaran lebih dinamis dan interaktif.
Selain metode tanya jawab dan demonstrasi, Pak Ferdian juga memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD ini berisi soal dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan rumus keliling persegi panjang. Dengan LKPD, siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan dapat memahami konsep keliling persegi panjang secara mandiri.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Keterampilan bertanya merupakan kunci keberhasilan seorang guru dalam membangun pemahaman konsep siswa. Pertanyaan yang tepat dapat merangsang pemikiran kritis, menghubungkan materi baru dengan pengetahuan lama, dan mendorong siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Pak Ferdian perlu menguasai berbagai jenis pertanyaan untuk mencapai tujuan tersebut.
Terdapat tujuh komponen keterampilan bertanya dasar yang perlu dikuasai oleh seorang guru, antara lain:
Berikut contoh penerapan tujuh komponen keterampilan bertanya tersebut dalam konteks materi keliling persegi panjang:
Klarifikasi: “Apakah kalian mengerti apa yang dimaksud dengan ‘sisi’ pada bangun datar?”
Pemahaman: “Bisakah kalian menjelaskan dengan kata-kata sendiri apa arti keliling bangun datar?”
Aplikasi: “Bayangkan kalian ingin membuat bingkai foto berbentuk persegi panjang. Bagaimana cara menghitung panjang kayu yang dibutuhkan jika panjang bingkai 20 cm dan lebarnya 15 cm?”
Analisis: “Apa yang akan terjadi pada keliling persegi panjang jika kita menggandakan panjang dan lebarnya?”
Sintesis: “Buatlah rumus untuk menghitung keliling bangun datar persegi panjang yang memiliki panjang ‘a’ dan lebar ‘b’.”
Evaluasi: “Apakah menurut kalian rumus keliling persegi panjang ini mudah dipahami dan diaplikasikan?”
Apresiasi: “Saya sangat mengapresiasi usaha kalian dalam menyelesaikan LKPD ini. Kalian semua telah bekerja keras!”
Dengan menguasai dan menerapkan tujuh komponen keterampilan bertanya ini, Pak Ferdian dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi siswanya. Siswa akan lebih aktif, kritis, dan mampu memahami konsep keliling persegi panjang dengan lebih baik.
Selain itu, penggunaan media pembelajaran seperti gambar atau model bangun datar persegi panjang dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep dan mempermudah pemahaman mereka. Integrasi teknologi, seperti aplikasi edukatif yang interaktif, juga dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran.
SwaraWarta.co.id – Apa hubungan antara pendidikan nilai dengan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari? Pendidikan…
Kontingen Kabupaten Kediri berhasil meraih prestasi membanggakan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Jatim 2025…
swarawarta.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bahwa ikan di Waduk…
swarawarta.co.id - Seorang ayah di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, berinisial TI (46), ditangkap polisi karena…
swarawarta.co.id - Warga Dusun Karangtengah, Desa Johowinong, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, digegerkan dengan kasus…
Tim Wushu Kota Batu menorehkan prestasi gemilang pada cabang Taolu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim…