PAK FERDIAN Sedang Menjelaskan Materi Tentang “Keliling Bangun Datar Persegi Panjang” Kepada Siswa Kelas 4 di SDN Cijambe Dengan Apersepsi

- Redaksi

Wednesday, 25 June 2025 - 11:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pak Ferdian, seorang guru kelas 4 di SDN Cijambe, sedang mengajar materi keliling bangun datar persegi panjang. Ia memulai dengan apersepsi, mengingat kembali konsep keliling bangun datar secara umum. Hal ini penting untuk menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan materi baru.

Penjelasan Pak Ferdian menekankan bahwa keliling bangun datar adalah total panjang semua sisi yang membentuk bangun tersebut. Untuk memperkuat pemahaman, ia menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi secara efektif. Metode ini memungkinkan interaksi langsung antara guru dan murid, sehingga proses pembelajaran lebih dinamis dan interaktif.

Selain metode tanya jawab dan demonstrasi, Pak Ferdian juga memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD ini berisi soal dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan rumus keliling persegi panjang. Dengan LKPD, siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan dapat memahami konsep keliling persegi panjang secara mandiri.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keterampilan Bertanya yang Efektif

Keterampilan bertanya merupakan kunci keberhasilan seorang guru dalam membangun pemahaman konsep siswa. Pertanyaan yang tepat dapat merangsang pemikiran kritis, menghubungkan materi baru dengan pengetahuan lama, dan mendorong siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Pak Ferdian perlu menguasai berbagai jenis pertanyaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga :  Doa Nabi Yunus dan Kisahnya di Perut Ikan Paus: Pelajaran dari Doa dan Taubat

Tujuh Komponen Keterampilan Bertanya

Terdapat tujuh komponen keterampilan bertanya dasar yang perlu dikuasai oleh seorang guru, antara lain:

  1. Pertanyaan Klarifikasi: Memastikan pemahaman siswa terhadap istilah atau konsep. Contoh: “Apa yang dimaksud dengan keliling?”, “Apa perbedaan keliling dan luas?”
  2. Pertanyaan Pemahaman: Mengecek pemahaman siswa terhadap penjelasan yang telah diberikan. Contoh: “Sebutkan rumus keliling persegi panjang!”, “Mengapa kita menjumlahkan semua sisi untuk mencari keliling?”
  3. Pertanyaan Aplikasi: Menerapkan konsep yang dipelajari ke situasi baru. Contoh: “Hitung keliling persegi panjang dengan panjang 8 cm dan lebar 5 cm!”, “Bagaimana cara menghitung keliling meja berbentuk persegi panjang?”
  4. Pertanyaan Analisis: Menganalisis hubungan antara unsur-unsur yang ada. Contoh: “Mengapa rumus keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar)?”, “Apa yang terjadi jika panjang dan lebar persegi panjang sama?”
  5. Pertanyaan Sintesis: Menggabungkan pengetahuan yang telah diperoleh. Contoh: “Buatlah cerita singkat tentang penggunaan keliling persegi panjang!”, “Bagaimana cara membuat rumus keliling jika sisi persegi panjang diberi nama lain?”
  6. Pertanyaan Evaluasi: Memberikan penilaian atau pendapat terhadap pernyataan atau hasil kerja. Contoh: “Menurut kalian, apa yang lebih penting, keliling atau luas?”, “Setujukah kalian jika keliling persegi panjang selalu lebih besar dari salah satu sisinya?”
  7. Pertanyaan Apresiasi: Memberikan penghargaan atas usaha dan hasil kerja siswa. Contoh: “Siapa yang ingin mempresentasikan hasil pekerjaannya?”, “Bagaimana perasaan kalian setelah berhasil menemukan rumus keliling persegi panjang?”
Baca Juga :  Menghargai Keberagaman Kemampuan: Cara Pendidik Memerdekakan Siswa dalam Pembelajaran

Contoh Pertanyaan untuk Materi Keliling Persegi Panjang

Berikut contoh penerapan tujuh komponen keterampilan bertanya tersebut dalam konteks materi keliling persegi panjang:

Klarifikasi: “Apakah kalian mengerti apa yang dimaksud dengan ‘sisi’ pada bangun datar?”

Pemahaman: “Bisakah kalian menjelaskan dengan kata-kata sendiri apa arti keliling bangun datar?”

Aplikasi: “Bayangkan kalian ingin membuat bingkai foto berbentuk persegi panjang. Bagaimana cara menghitung panjang kayu yang dibutuhkan jika panjang bingkai 20 cm dan lebarnya 15 cm?”

Analisis: “Apa yang akan terjadi pada keliling persegi panjang jika kita menggandakan panjang dan lebarnya?”

Sintesis: “Buatlah rumus untuk menghitung keliling bangun datar persegi panjang yang memiliki panjang ‘a’ dan lebar ‘b’.”

Baca Juga :  Mengapa dalam Bahasa Indonesia Terdapat Variasi Bahasa? Begini Penjelasannya!

Evaluasi: “Apakah menurut kalian rumus keliling persegi panjang ini mudah dipahami dan diaplikasikan?”

Apresiasi: “Saya sangat mengapresiasi usaha kalian dalam menyelesaikan LKPD ini. Kalian semua telah bekerja keras!”

Dengan menguasai dan menerapkan tujuh komponen keterampilan bertanya ini, Pak Ferdian dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi siswanya. Siswa akan lebih aktif, kritis, dan mampu memahami konsep keliling persegi panjang dengan lebih baik.

Selain itu, penggunaan media pembelajaran seperti gambar atau model bangun datar persegi panjang dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep dan mempermudah pemahaman mereka. Integrasi teknologi, seperti aplikasi edukatif yang interaktif, juga dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran.

Berita Terkait

SUATU Penelitian Ingin Mengetahui Perbedaan Pendapatan Antara 10 Orang Wartawan TV X Dengan 10 Orang Wartawan TV Y, Dengan Data Seperti Berikut Ini
BERDASARKAN Isi Karikatur Tersebut, Tulislah Paragraf Argumentasi Yang Mengemukakan Dampak Psikologi Akibat Peristiwa Tersebut Disertai Fakta
CEK JAWABAN UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215 Tahun 2025, Simak Pembahasan Lengkapnya
SEBUAH Penelitian Dilakukan Untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Distribusi Barang (X1) Dan Pengeluaran (X2) Terhadap Penjualan (Y) Di Cafe
HORTON Dan Chester [1999] Menyatakan Bahwa Penyimpangan Adalah Setiap Perilaku Yang Dinyatakan Sebagai Suatu Pelanggaran Terhadap Norma-Norma Social
JOMBANG – Ulah Dua Preman Yang Kerap Meresahkan Para Pedagang Di Stadion Merdeka, Jombang Akhirnya Terhenti, Keduanya Diringkus Polisi
BU ZEANA Mengajar Di Kelas 4 SDN Merdeka, Menurutnya, Kondisi Kelas Tersebut Dirasa Kurang Efektif, Pada Saat Beliau Akan Mengelompokkan Siswa
PAK HADI Akan Menjelaskan Materi Mengenai Luas Daerah Bangun Datar Lingkaran, Agar Siswa Dapat Memahami Konsep Yang Akan Dipelajari
Tag :

Berita Terkait

Wednesday, 25 June 2025 - 12:03 WIB

SUATU Penelitian Ingin Mengetahui Perbedaan Pendapatan Antara 10 Orang Wartawan TV X Dengan 10 Orang Wartawan TV Y, Dengan Data Seperti Berikut Ini

Wednesday, 25 June 2025 - 11:58 WIB

BERDASARKAN Isi Karikatur Tersebut, Tulislah Paragraf Argumentasi Yang Mengemukakan Dampak Psikologi Akibat Peristiwa Tersebut Disertai Fakta

Wednesday, 25 June 2025 - 11:53 WIB

CEK JAWABAN UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215 Tahun 2025, Simak Pembahasan Lengkapnya

Wednesday, 25 June 2025 - 11:48 WIB

SEBUAH Penelitian Dilakukan Untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Distribusi Barang (X1) Dan Pengeluaran (X2) Terhadap Penjualan (Y) Di Cafe

Wednesday, 25 June 2025 - 11:43 WIB

HORTON Dan Chester [1999] Menyatakan Bahwa Penyimpangan Adalah Setiap Perilaku Yang Dinyatakan Sebagai Suatu Pelanggaran Terhadap Norma-Norma Social

Berita Terbaru

Berita

Kasus Pembunuhan Sadis di Jombang, Istri Kepala Desa Ditangkap

Wednesday, 25 Jun 2025 - 15:39 WIB