Berikut adalah kunci jawaban Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) 2025 Paket C untuk Kepala Sekolah dan Guru. Kunci jawaban ini disajikan sebagai referensi dan harus diinterpretasikan sesuai konteks masing-masing sekolah dan situasi pembelajaran. Ingatlah bahwa konsistensi dan kejujuran dalam menjawab survei ini sangat penting untuk mendapatkan data yang akurat dan bermanfaat.
Perlu diingat bahwa kunci jawaban ini bukanlah satu-satunya jawaban yang benar. Jawaban yang diberikan di sini merupakan contoh jawaban yang mungkin sesuai dengan kondisi ideal. Kondisi setiap sekolah dan guru tentu berbeda, sehingga jawaban yang paling tepat akan bervariasi.
Berikut rincian kunci jawaban Sulingjar 2025 Paket C untuk Kepala Sekolah dan Guru. Jawaban disusun berdasarkan nomor pertanyaan. Perhatikan bahwa beberapa pertanyaan memiliki lebih dari satu jawaban, tergantung aspek yang dievaluasi.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
1. Tidak/6-10 tahun/Ya. Pertanyaan ini kemungkinan berkaitan dengan akses internet dan durasi penggunaan perangkat digital. Perlu dipertimbangkan konteks usia peserta didik.
2. Internet dari HP/Wifi / KKG/MGMP/Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan/Organisasi profesi lainnya. Jawaban ini menunjukkan sumber akses internet dan jejaring profesional yang digunakan.
3. Anggota. Jawaban ini menunjukkan tingkat keterlibatan dalam komunitas profesional.
4. Sangat setuju/Sangat setuju. Ini mengindikasikan persetujuan terhadap pernyataan tertentu dalam survei.
5. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi suatu tindakan atau kebiasaan.
6. Selalu/Selalu. Sama seperti poin ke-5, ini juga menunjukkan frekuensi suatu kegiatan.
7. Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan tingkat persetujuan terhadap beberapa pernyataan yang mungkin berkaitan dengan aspek berbeda dari lingkungan belajar.
8. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian antara kondisi aktual dan kondisi ideal.
9. Sangat sering/Sangat sering. Menunjukkan seberapa sering suatu kegiatan dilakukan.
10. Sangat setuju/Sangat sering. Menunjukkan tingkat persetujuan dan frekuensi suatu kegiatan.
11. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Sama seperti poin ke-8, ini menunjukkan kesesuaian.
12. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi suatu tindakan.
13. Sangat tidak setuju/Sangat setuju. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan dalam hal persetujuan.
14. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan tidak adanya suatu kegiatan.
15. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
16. Selalu/Selalu. Sama seperti poin ke-15, menunjukkan frekuensi yang tinggi.
17. Di semua jam pelajaran/Di semua jam pelajaran. Menunjukkan penerapan suatu prinsip dalam seluruh kegiatan pembelajaran.
18. Di semua jam pelajaran/Di semua jam pelajaran/Di semua jam pelajaran/Tidak pernah atau sangat jarang. Menunjukkan variasi penerapan prinsip dalam kegiatan pembelajaran.
19. Selalu/Tidak pernah. Menunjukkan perbedaan ekstrim dalam frekuensi kegiatan.
20. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
21. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan ketidakhadiran kegiatan.
22. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
23. Rutin minimal seminggu sekali/Rutin minimal seminggu sekali/Belum pernah. Menunjukkan variasi frekuensi kegiatan.
24. Selalu/Selalu/Selalu/Tidak pernah. Menunjukkan variasi frekuensi kegiatan yang tinggi dan rendah.
25. Sangat sering/Tidak pernah/Sangat sering/Tidak pernah. Menunjukkan variasi frekuensi kegiatan.
26. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
27. Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat tidak sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan variasi tingkat kesesuaian.
28. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
29. Selalu/Selalu. Sama seperti poin ke-28, menunjukkan frekuensi yang tinggi.
30. Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
31. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
32. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
33. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
34. Tidak pernah/Sangat sering. Menunjukkan perbedaan ekstrim dalam frekuensi kegiatan.
35. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
36. Sangat sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan dalam hal kesesuaian.
37. Sangat yakin/Sangat yakin/Sangat yakin. Menunjukkan keyakinan yang tinggi.
38. Sangat sering/Sangat sering/Sangat sering. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang sangat tinggi.
39. Saya akan mengikuti pelatihan-pelatihan online yang tidak berbayar mengenai manajemen waktu. Ini menunjukkan komitmen untuk pengembangan diri.
40. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
41. Sangat tidak setuju/Sangat setuju. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan.
42. Sangat setuju/Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan perbedaan persetujuan yang signifikan.
43. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
44. Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju. Menunjukkan persetujuan yang tinggi.
45. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
46. Tidak setuju/Tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan.
47. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
48. Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju. Menunjukkan persetujuan yang sangat tinggi.
49. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
50. –
51. Sangat yakin/Sangat yakin. Menunjukkan keyakinan yang tinggi.
52. Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
53. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
54. Saya akan menginformasikan ke guru BK untuk menindaklanjuti dengan pendekatan yang bijak. Ini menunjukkan langkah proaktif dalam menangani masalah.
55. Ya/Tidak/Ya. Menunjukkan variasi jawaban.
56. Saya menjelaskan kepada wali kelas bahwa baik siswa laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama untuk ikut lomba matematika. Ini menunjukkan komitmen pada kesetaraan gender.
57. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
58. Sangat setuju/Sangat setuju. Menunjukkan persetujuan yang tinggi.
59. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan ketidakhadiran kegiatan.
60. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
61. menjelaskan kepada seluruh siswa di kelas bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk menjadi ketua kelas dan tidak benar memberikan stereotipe kepada perempuan / Menerangkan kepada siswa perempuan tersebut bahwa menjadi seorang pemimpin tidak harus seorang laki-laki, perempuan juga memiliki kemampuan untuk memimpin / Menjelaskan kepada orang tua siswa bahwa tidak baik menutup kesempatan anaknya untuk berkembang hanya karena ia seorang perempuan. Ini menunjukkan upaya untuk mempromosikan kesetaraan gender.
62. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan ketidakhadiran kegiatan.
63. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan ketidakhadiran kegiatan.
64. Memberikan kesempatan bagi siswa ini karena itu adalah haknya sebagai individu / Mengajak guru tersebut untuk bersama-sama memenuhi undangan sebagai wujud penghargaan terhadap warga di sekitar sekolah. Ini menunjukkan tindakan yang inklusif dan menghargai komunitas.
65. Tidak pernah/Tidak pernah. Menunjukkan ketidakhadiran kegiatan.
66. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
67. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
68. Sangat setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan.
69. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
70. Mengajak diskusi rekan-rekan yang mendukung pemisahan agar tidak melupakan NKRI / Mengingatkan pengelola dana BOS agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam penggunaan dana tersebut / Memanggil siswa tersebut dan mengajaknya berdialog untuk dapat menanamkan rasa cinta tanah air. Menunjukkan upaya untuk mempromosikan nilai-nilai kebangsaan dan kepatuhan aturan.
71. Benar/Salah/Benar. Menunjukkan variasi jawaban benar dan salah.
72. Benar/Salah/Benar. Menunjukkan variasi jawaban benar dan salah.
73. Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
74. Sangat tidak setuju/Sangat tidak setuju. Menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat.
75. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
76. Sangat tidak sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan ketidaksesuaian yang kuat.
77. Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
78. Tidak setuju/Setuju. Menunjukkan perbedaan pendapat.
79. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
80. Saya mengidentifikasi kebutuhan siswa tersebut agar dapat menyediakan materi yang sesuai dengan tingkat kemampuannya. Ini menunjukkan upaya untuk memberikan pembelajaran yang personal.
81. Selalu/Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang sangat tinggi.
82. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
83. Sangat sering/Tidak pernah. Menunjukkan perbedaan ekstrim dalam frekuensi kegiatan.
84. > 75 persen/> 75 persen. Menunjukkan persentase yang tinggi.
85. Secara berkala/Secara berkala. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang rutin.
86. Sangat sering/Sangat sering/Sangat sering. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang sangat tinggi.
87. Secara berkala/Secara berkala/Secara berkala. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang rutin.
88. Sangat tidak sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan ketidaksesuaian yang kuat.
89. Ya/Ya. Menunjukkan jawaban yang afirmatif.
90. Ya, sampai sekarang ada dan dilakukan/Ya, sampai sekarang ada dan dilakukan. Menunjukkan keberlanjutan suatu kegiatan.
91. Ya, sampai sekarang ada dan dilakukan/Ya, sampai sekarang ada dan dilakukan. Menunjukkan keberlanjutan suatu kegiatan.
92. Saya segera menolong korban sambil merekam sehingga punya bukti untuk melaporkan kejadian dengan tetap menjaga kerahasiaannya. Ini menunjukkan tindakan yang bertanggung jawab dan bijak.
93. Ya, sampai sekarang dilakukan/Ya, sampai sekarang dilakukan. Menunjukkan keberlanjutan suatu kegiatan.
94. Ya/Ya. Menunjukkan jawaban yang afirmatif.
95. Sangat tidak sesuai/Sesuai. Menunjukkan perbedaan pendapat dalam hal kesesuaian.
96. Saya berkoordinasi dengan satgas peduli narkoba untuk memantau aktivitas mereka / Saya bersama siswa tersebut datang ke satgas penanganan narkoba sesuai dengan kebijakan dari sekolah. Menunjukkan kerjasama dan kepatuhan terhadap aturan.
97. Sangat sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan.
98. Saya mengingatkan siswa bahwa ketua kelompok sebaiknya ditentukan berdasarkan kemampuan bukan jenis kelamin / Saya mengadakan kegiatan eksplorasi karir tentang berbagai profesi tanpa memandang jenis kelamin. Menunjukkan upaya untuk mempromosikan kesetaraan gender.
99. Sangat sesuai/Sangat tidak sesuai. Menunjukkan perbedaan pendapat yang signifikan.
100. Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang tinggi.
101. Ya, sampai sekarang ada/dilakukan/Ya, sampai sekarang ada/dilakukan/Ya, sampai sekarang ada/dilakukan/Ya, sampai sekarang ada/dilakukan/Ya, sampai sekarang ada/dilakukan. Menunjukkan keberlanjutan beberapa kegiatan.
102. –
103. Benar/Benar/Salah/Benar. Menunjukkan variasi jawaban benar dan salah.
104. Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi/Ada dan berfungsi. Menunjukkan fungsi yang baik dari beberapa fasilitas atau program.
105. Melakukan pendekatan kepada orang tua agar siswa tersebut dapat kembali bersekolah. Menunjukkan upaya untuk mengatasi masalah siswa yang tidak bersekolah.
106. Selalu/Selalu/Selalu/Selalu/Selalu/Selalu/Selalu. Menunjukkan frekuensi kegiatan yang sangat tinggi.
107. Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai/Sangat sesuai. Menunjukkan kesesuaian yang tinggi.
108. Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju/Sangat setuju. Menunjukkan persetujuan yang sangat tinggi.
109. Ya/Ya/Ya/Ya/Ya. Menunjukkan jawaban yang afirmatif.
Sekali lagi, penting untuk diingat bahwa kunci jawaban ini bersifat referensial. Jawaban yang tepat akan bergantung pada konteks masing-masing sekolah dan guru. Analisis mendalam terhadap data survei akan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang lingkungan belajar di sekolah tersebut.
Berikut 30 soal PTS Informatika Kelas 7 semester 1 Kurikulum Merdeka tahun 2025 beserta kunci…
Berikut ini adalah 25 soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 Kurikulum Merdeka tahun 2025…
Berikut ini adalah 40 soal PTS Informatika Kelas 9 semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci…
Berikut ini adalah 25 soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 2…
Berikut ini adalah 25 soal PTS PAI kelas 4 semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci…
Berikut kunci jawaban Sulingjar (Survei Lingkungan Belajar) 2025 paket A untuk Kepala Sekolah dan Guru…