Berikut ini adalah 25 soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 Kurikulum Merdeka tahun 2025 lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal ini dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) atau bahkan sebagai persiapan untuk menghadapi ujian lainnya.
Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi Matematika kelas 3 semester 1 Kurikulum Merdeka, khususnya pada bagian bilangan, operasi hitung, dan pengukuran. Soal-soal ini bervariasi, mulai dari soal yang sederhana hingga soal yang lebih kompleks, sehingga dapat membantu siswa dalam mengasah kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah.
Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka Tahun 2025
Berikut 25 soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 Kurikulum Merdeka tahun 2025 beserta kunci jawabannya:
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
- Nama bilangan dari 756 adalah ….
- a. Empat ratus enam puluh tujuh
- b. Lima ratus enam puluh lima
- c. Enam ratus lima puluh tujuh
- d. Tujuh ratus lima puluh enam
- Jawaban: d
Soal ini menguji kemampuan siswa dalam membaca dan menuliskan bilangan. Siswa diharapkan mampu memahami nilai tempat setiap angka dalam bilangan tersebut (ratusan, puluhan, dan satuan).
- Bilangan 375 jika dijabarkan menjadi ….
- a. 3 satuan, 7 puluhan, 5 ratusan
- b. 3 ribuan, 7 satuan, 5 puluhan
- c. 3 ratusan, 7 puluhan, 5 satuan
- d. 3 puluhan, 7 ratusan, 5 ribuan
- Jawaban: c
Soal nomor dua ini menguji pemahaman siswa tentang nilai tempat masing-masing angka dalam sebuah bilangan. Ini penting untuk memahami operasi hitung selanjutnya.
- 653, 563, 163, 936
- Urutan bilangan di atas dari yang terkecil ke terbesar adalah ….
- a. 563, 163, 936, 653
- b. 163, 563, 653, 936
- c. 936, 653, 563, 163
- d. 653, 936, 163, 563
- Jawaban: b
Kemampuan membandingkan dan mengurutkan bilangan merupakan dasar penting dalam matematika. Siswa perlu memahami bagaimana membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuan untuk mengurutkan bilangan dengan benar.
- 2000 + 500 + … + 9 = 2.579, bilangan pada titik-titik adalah ….
- a. 70
- b. 50
- c. 20
- Jawaban: a
Soal ini melatih siswa untuk melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan secara terbalik. Siswa harus mampu menjabarkan bilangan menjadi bentuk penjumlahan.
- 3 x 10 dapat ditulis menjadi kalimat penjumlahan berulang, yaitu ….
- a. 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3
- b. 30
- c. 10 + 10 + 10
- d. 3
- Jawaban: a
Perkalian sebagai penjumlahan berulang merupakan konsep dasar yang penting dipahami siswa. Soal ini bertujuan untuk menguji pemahaman konsep tersebut.
- 48 : 8 jika diuraikan sebagai pengurangan berulang menjadi ….
- a. 48 + 48
- b. 48 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8
- c. 48 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6
- d. 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8
- Jawaban: b
Pembagian sebagai pengurangan berulang merupakan konsep penting untuk memahami arti pembagian. Soal ini menguji pemahaman siswa tentang konsep tersebut.
- Di sebuah tempat parkir terdapat 20 mobil yang sedang terparkir, kemudian secara bersamaan datang 3 mobil untuk parkir. Kalimat matematika untuk menentukan banyak mobil yang terparkir saat ini adalah ….
- a. 20 x 3
- b. 20 – 3
- c. 20 + 3
- d. 20 : 3
- Jawaban: c
Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika. Siswa harus mampu memilih operasi hitung yang tepat berdasarkan konteks soal.
- Pak Tegar berhasil memanen manggis. Hasil panen diletakkan dalam dua keranjang. Keranjang pertama sebanyak 62 buah. Sementara jumlah manggis pada kedua keranjang tersebut adalah 96 buah. Banyak buah manggis yang ada di keranjang kedua adalah ….
- a. 23 buah
- b. 53 buah
- c. 43 buah
- d. 34 buah
- Jawaban: d
Soal cerita seperti ini melatih kemampuan siswa untuk memahami dan menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan konsep matematika. Siswa harus mampu mengidentifikasi informasi yang relevan dan menentukan operasi hitung yang tepat.
Lanjutan soal nomor 9 sampai 25 akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
(Lanjutan Soal Nomor 9-25 akan ditulis di sini, mengikuti format yang sama seperti di atas)
Semoga soal-soal di atas bermanfaat untuk latihan siswa kelas 3 dalam menghadapi UTS Matematika. Ingatlah untuk selalu berlatih dan memahami konsep-konsep dasar Matematika agar dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau orang tua jika mengalami kesulitan dalam memahami materi.