CEK JAWABAN UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215 Tahun 2025, Simak Pembahasan Lengkapnya

- Redaksi

Wednesday, 25 June 2025 - 11:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berikut kunci jawaban UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215 tahun 2025. Artikel ini menyajikan soal dan pembahasan lengkapnya. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan ujian.

Soal dan Pembahasan UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215

Soal Nomor 1: Distribusi Frekuensi dan Interpretasi Data

Berikut ini hasil Ujian Pengantar Statistika Sosial dari 90 mahasiswa:

Kelas | Frekuensi
——- | ——–
31-40 | 2
41-50 | 17
51-60 | 13
61-70 | 9
71-80 | 26
81-90 | 8
91-100 | 15
Jumlah | 90

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Buatlah tabel distribusi frekuensi relatif dan interpretasikan data di atas. Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu menghitung frekuensi relatif setiap kelas dengan membagi frekuensi kelas dengan jumlah total mahasiswa (90).

Tabel Distribusi Frekuensi Relatif:

Kelas | Frekuensi | Frekuensi Relatif
——- | ——– | ——–
31-40 | 2 | 0.022
41-50 | 17 | 0.189
51-60 | 13 | 0.144
61-70 | 9 | 0.100
71-80 | 26 | 0.289
81-90 | 8 | 0.089
91-100 | 15 | 0.167
Jumlah | 90 | 1.000

Interpretasi:

Dari tabel di atas terlihat bahwa distribusi nilai cenderung normal, dengan sebagian besar mahasiswa (28,9%) berada pada rentang nilai 71-80. Rentang nilai terendah (31-40) hanya memiliki 2,2% mahasiswa, sementara nilai tertinggi (91-100) memiliki 16,7% mahasiswa. Ini menunjukkan pemahaman materi yang cukup baik secara keseluruhan, dengan beberapa mahasiswa yang sangat menguasai dan beberapa yang perlu mendapat perhatian lebih.

Baca Juga :  Mengupas Tingginya Biaya Pendidikan Kedokteran dan Dampaknya pada Aksesibilitas Pendidikan

Soal Nomor 2: Ukuran Pemusatan Data

Nilai hasil ujian kenaikan jabatan 160 Karyawan PT XYZ:

Nilai | Jumlah Karyawan
——- | ——–
41 – 50 | 10
51 – 60 | 15
61 – 70 | 31
71 – 80 | 53
81 – 90 | 35
91 –100 | 16
Jumlah | 160

Hitung dan interpretasikan nilai ukuran pemusatan (mean, median, modus) dari data tersebut. Untuk menghitung ukuran pemusatan data berkelompok, kita perlu menambahkan kolom nilai tengah setiap kelas interval.

Tabel Distribusi Frekuensi Lengkap:

Nilai | Jumlah Karyawan | Nilai Tengah (xi) | fi*xi
——- | ——– | ——– | ——–
41 – 50 | 10 | 45.5 | 455
51 – 60 | 15 | 55.5 | 832.5
61 – 70 | 31 | 65.5 | 2030.5
71 – 80 | 53 | 75.5 | 4001.5
81 – 90 | 35 | 85.5 | 2992.5
91 –100 | 16 | 95.5 | 1528
Jumlah | 160 | | 11840

Mean = Σ(fi*xi) / n = 11840 / 160 = 74

Median: Posisi median = n/2 = 80. Kelas median adalah 71-80. Dengan menggunakan rumus interpolasi, nilai median dapat dihitung. (Perhitungan detail rumus interpolasi median dihilangkan untuk menjaga ringkasan).

Modus: Kelas modus adalah kelas dengan frekuensi tertinggi, yaitu 71-80. Dengan menggunakan rumus interpolasi, nilai modus dapat dihitung. (Perhitungan detail rumus interpolasi modus dihilangkan untuk menjaga ringkasan).

Baca Juga :  Lirik Hymne Pramuka, Siapa Sosok Penciptanya?

Interpretasi:

Mean, median, dan modus memiliki nilai yang relatif dekat, menunjukkan distribusi data yang relatif simetris. Ini mengindikasikan performa karyawan PT XYZ relatif homogen dalam ujian kenaikan jabatan.

Soal Nomor 3: Teknik Sampling

Seorang peneliti meneliti preferensi penggunaan produk Samsang produksi dalam negeri di kalangan pelajar SLTA di sekolah swasta bergengsi di Jakarta. Sekolah memiliki 16 kelas (kelas 1: 8 kelas, kelas 2: 5 kelas, kelas 3: 3 kelas). Peneliti mengambil sampel 3 kelas (1b, 1d, 3a) masing-masing 40 murid.

a. Rumusan populasi: Seluruh pelajar SLTA di sekolah swasta bergengsi di Jakarta.

b. Unit analisis dan observasi: Siswa SLTA.

c. Teknik sampling: Cluster Random Sampling (sampel acak kelompok). Populasi dibagi ke dalam klaster (kelas), lalu beberapa klaster dipilih secara acak, dan sebagian anggotanya diambil sebagai sampel.

d. Jumlah responden: 120 siswa (40 siswa x 3 kelas).

Soal Nomor 4: Uji Hipotesis Perbedaan Pendapatan

Penelitian ingin mengetahui perbedaan pendapatan antara 10 wartawan TV X dan 10 wartawan TV Y. Uji hipotesis menggunakan alpha 0,05.

Baca Juga :  Mengenal Sosok Gus Nico, Anak Kesayangan yang diistimewakan

A. Hipotesis Nol (H₀): Tidak ada perbedaan rata-rata pendapatan antara wartawan TV X dan TV Y (μX = μY).

Hipotesis Alternatif (H₁): Ada perbedaan rata-rata pendapatan antara wartawan TV X dan TV Y (μX ≠ μY).

B. Daerah Penolakan:

Dengan α = 0.05 dan df = 18 (10 + 10 -2), nilai kritis t adalah ±2.101. H₀ ditolak jika t-hitung < -2.101 atau t-hitung > 2.101.

C. Penghitungan:

Hitung rata-rata (x̄ dan ȳ) dan simpangan baku (sx dan sy) untuk data pendapatan wartawan TV X dan TV Y. Kemudian hitung t-hitung menggunakan rumus uji t dua sampel (asumsi varians sama atau tidak sama, tergantung hasil uji kesamaan varians). (Perhitungan detail dihilangkan untuk menjaga ringkasan).

D. Simpulan:

Setelah menghitung t-hitung, bandingkan dengan nilai kritis t. Jika t-hitung berada di daerah penolakan, maka H₀ ditolak, artinya ada perbedaan pendapatan yang signifikan. Jika tidak, maka H₀ diterima, artinya tidak ada perbedaan pendapatan yang signifikan.

Catatan: Perhitungan detail untuk soal nomor 2 dan 4 membutuhkan kalkulasi statistik yang lebih kompleks. Pembahasan di atas hanya memberikan kerangka penyelesaian dan interpretasi umum. Mahasiswa disarankan untuk melakukan perhitungan lengkap menggunakan software statistik atau kalkulator statistik untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Berita Terkait

Apakah Palestina Sudah Merdeka? Simak Fakta Terbarunya!
Apa Hubungan Antara Pendidikan Nilai dengan Moral dan Etika dalam Kehidupan Sehari-hari?
SUATU Penelitian Ingin Mengetahui Perbedaan Pendapatan Antara 10 Orang Wartawan TV X Dengan 10 Orang Wartawan TV Y, Dengan Data Seperti Berikut Ini
BERDASARKAN Isi Karikatur Tersebut, Tulislah Paragraf Argumentasi Yang Mengemukakan Dampak Psikologi Akibat Peristiwa Tersebut Disertai Fakta
SEBUAH Penelitian Dilakukan Untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Distribusi Barang (X1) Dan Pengeluaran (X2) Terhadap Penjualan (Y) Di Cafe
HORTON Dan Chester [1999] Menyatakan Bahwa Penyimpangan Adalah Setiap Perilaku Yang Dinyatakan Sebagai Suatu Pelanggaran Terhadap Norma-Norma Social
JOMBANG – Ulah Dua Preman Yang Kerap Meresahkan Para Pedagang Di Stadion Merdeka, Jombang Akhirnya Terhenti, Keduanya Diringkus Polisi
BU ZEANA Mengajar Di Kelas 4 SDN Merdeka, Menurutnya, Kondisi Kelas Tersebut Dirasa Kurang Efektif, Pada Saat Beliau Akan Mengelompokkan Siswa
Tag :

Berita Terkait

Wednesday, 25 June 2025 - 17:03 WIB

Apakah Palestina Sudah Merdeka? Simak Fakta Terbarunya!

Wednesday, 25 June 2025 - 16:28 WIB

Apa Hubungan Antara Pendidikan Nilai dengan Moral dan Etika dalam Kehidupan Sehari-hari?

Wednesday, 25 June 2025 - 12:03 WIB

SUATU Penelitian Ingin Mengetahui Perbedaan Pendapatan Antara 10 Orang Wartawan TV X Dengan 10 Orang Wartawan TV Y, Dengan Data Seperti Berikut Ini

Wednesday, 25 June 2025 - 11:58 WIB

BERDASARKAN Isi Karikatur Tersebut, Tulislah Paragraf Argumentasi Yang Mengemukakan Dampak Psikologi Akibat Peristiwa Tersebut Disertai Fakta

Wednesday, 25 June 2025 - 11:53 WIB

CEK JAWABAN UAS THE Pengantar Statistika Sosial ISIP4215 Tahun 2025, Simak Pembahasan Lengkapnya

Berita Terbaru

Apakah Palestina Sudah Merdeka?

Pendidikan

Apakah Palestina Sudah Merdeka? Simak Fakta Terbarunya!

Wednesday, 25 Jun 2025 - 17:03 WIB

Jamaah haji yang hilang (Dok. Ist)

Berita

Jemaah Haji Asal Malang Hilang di Makkah, Diduga Alami Demensia

Wednesday, 25 Jun 2025 - 16:57 WIB

Timnas Iran Terancam Dicoret dari Piala Dunia 2026

Olahraga

Timnas Iran Terancam Dicoret dari Piala Dunia 2026

Wednesday, 25 Jun 2025 - 16:56 WIB