Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

PT. KAI Siapkan Dua Kereta Eksekutif pada Masa Liburan Natal dan Tahun Baru 2024

KA Argo untuk Layanan Libur Nataru 2024
PT. KAI Siapkan Dua KA Layanan untuk Libur Nataru 2024-SwaraWarta.co.id (Sumber: Wikimedia)


SwaraWarta.co.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI baru-baru ini meluncurkan dua layanan kereta eksekutif, yaitu KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga, yang menghubungkan stasiun Gambir dan Solo Balapan.

Dilansir dari berbagai sumber dan akun Instagram resmi @kai121_, pengoperasian resmi dimulai pada 13 Desember 2023, just in time untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Menurut Joni Martinus, VP Public Relations KAI, kereta Eksekutif New Generation ini adalah bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026.

KAI bekerja sama dengan PT INKA (Persero) untuk menghadirkan peningkatan fasilitas yang signifikan dari generasi sebelumnya.

Peningkatan fasilitas termasuk pintu masuk dan penghubung antar kereta yang menggunakan pintu elektrik otomatis, mempermudah pelanggan saat berpindah antar gerbong.

Joni Martinus juga menyebutkan bahwa Kereta Eksekutif New Generation ini pertama kali dioperasikan untuk KA Argo Lawu, sebagai langkah awal dalam upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Tarif untuk menikmati perjalanan dengan KA Argo Lawu sekitar Rp600 ribu, dengan penyesuaian tarif dinamis yang tetap berada dalam kisaran batas yang telah ditentukan.

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, KAI mengklaim bahwa jendela yang diupgrade menjadi tempered double glass dapat mengurangi panas, sinar UV, dan kebisingan di dalam gerbong.

Kereta Eksekutif New Generation juga dilengkapi dengan Passenger Information Display System (PIDS) di setiap gerbong.

PIDS memberikan informasi tentang stasiun terdekat, kecepatan perjalanan, dan suhu ruangan di dalam kereta api.

Dalam upaya menjaga kebersihan udara, AC kereta dilengkapi dengan Photocatalytic Oxidation untuk memurnikan udara dari bakteri dan virus.

Fasilitas toilet juga mengalami peningkatan dengan adanya dua toilet yang dipisahkan untuk pria dan wanita.

Desain interior kabin mendapat sentuhan baru dengan panel yang menciptakan nuansa bersih, mewah, dan lega.

Dalam hal kenyamanan, kursi new generation dirancang dengan ergonomi yang lebih baik, dilengkapi dengan fitur seperti reclining, meja lipat, foodrest, sandaran kepala, jack audio, dan port USB type A dan C.

Uniknya, kereta ini juga menyediakan fasilitas Mushola, memenuhi kebutuhan spiritual penumpang.

Perbaikan signifikan ini menjadi langkah awal, dan KAI berencana untuk mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation untuk rute-rute lainnya secara bertahap.

Dengan peningkatan ini, KAI berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan modern kepada pelanggan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Melalui pengadaan 612 unit kereta baru, mereka berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan fasilitas kereta api di Indonesia.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter