Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pulau Kemaro, Wisata yang Menawan dan Legenda Putri Kembang Dadar

 

Pulau Kemaro, Wisata yang Menawan dan Legenda Putri Kembang Dadar
Pesona pantai Kemaro Palembang ( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pulau Kemaro merupakan pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Musi, Palembang. 

Pulau Kemaro menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

Terkenal dengan cerita legenda Putri Kembang Dadar, Pulau Kemaro memiliki sejarah dan keindahan alam yang unik yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Legenda Putri Kembang Dadar berasal dari cerita kuno masyarakat Palembang. Konon, sebuah kerajaan di Palembang tidak memiliki keturunan dan mereka pun kemudian meminta bantuan dari seorang dukun. 

Dukun tersebut meminta agar seorang putri dikorbankan untuk terjun ke Sungai Musi dan disediakan bunga kemusuk dan bunga dadar sebagai pengganti kepala sang putri.

Putri yang mengorbankan nyawanya tersebut dianggap sebagai wakil dari keluarga kerajaan dan telah menyelamatkan keluarga kerajaan dari kepunahan.

Sejak saat itu, setiap musim kemarau, masyarakat Palembang mengambil bunga kemusuk dan bunga dadar ke Pulau Kemaro sebagai tanda mengenang Putri Kembang.

Selain cerita legenda yang menarik, Pulau Kemaro juga menawarkan keindahan alam yang menawan. 

Pengunjung dapat menemukan pagoda Gunung Kemojan yang indah dan dikelilingi oleh air dan perbukitan di sekitarnya. 

Selain itu, saat terik matahari sudah menjadi suatu kebiasaan bagi pengunjung untuk bersantai di sekitar pulau sambil menikmati asyiknya melihat sampai seberkas cahaya. 

Pulau Kemaro juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana dari perahu tradisional hingga kapal kecil. 

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan warung makan serta tempat souvenir yang menjual beragam jenis kerajinan tangan. 

Di tempat ini, pengunjung bisa mencicipi dan membeli jajan khas Palembang seperti Pempek, Tekwan dan lainnya untuk kenangan atau sekedar memperkaya liburan kuliner.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang menarik di Palembang, Pulau Kemaro adalah destinasi wisata yang sangat cocok. 

Dengsn keunikan alamnya dan cerita legenda Putri Kembang Dadar, Pulau Kemaro menawarkan suasana yang menyenangkan dan edukatif bagi para pengunjung. 

Jangan lupa untuk membawa kamera karena Pantai Kemaro memiliki keindahan dan pesona alam yang sangat istimewa dan menarik untuk dimotret.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter