Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Pondok Pesantren Modern Terbaik di Jawa Timur, Tertarik Mondok?

 

5 Pondok Pesantren Modern Terbaik di Jawa Timur, Tertarik Mondok?
Pondok pesantren terbaik di Jawa Timur (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Banyak orang tua yang ingin anaknya belajar agama, sehingga memilih membawa mereka ke pondok pesantren (ponpes). Di Jawa Timur, ada banyak ponpes modern yang bisa dipilih. 

Pesantren diambil dari kata Arab funduq atau hotel. Artinya, ini adalah lembaga pendidikan Islam yang memberikan pengajaran, pendidikan, dan menyebarkan agama Islam.

Di ponpes, sistem pengajaran menggunakan metode utama sorogan. Ini artinya, sekelompok murid mendengarkan guru yang membaca, menerjemahkan, dan mengulas buku-buku Islam dalam bahasa Arab.

Rekomendasi Pondok Pesantren Modern Terbaik di Jawa Timur 

Saat ini, banyak ponpes yang menerapkan sistem pembelajaran modern dengan memberlakukan kurikulum nasional dan/atau Kementerian Agama. 

Bahkan, ada ponpes bertaraf internasional pada jenjang pendidikan formal.Berikut beberapa ponpes modern di Jawa Timur yang bisa kamu ketahui:

1. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Ponpes ini berkembang sejak abad ke-18 oleh Kyai Ageng Hasan Besari. Darussalam Gontor disebut sebagai cikal bakal berdirinya pondok pesantren di Indonesia.

Di Gontor, ada lembaga pendidikan khusus santri putra tingkat menengah, dan lembaga pendidikan khusus santri putri tingkat menengah. 

Ponpes ini menerapkan kurikulum nasional dan Universitas Darussalam Gontor. Ada beberapa cabang ponpes Gontor di berbagai wilayah di Jawa Timur.

2. Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Banyuwangi

Al Kautsar di Sumbersari, Srono, Banyuwangi adalah ponpes berbasis modern dengan dua bahasa, yakni bahasa Arab dan Inggris, didirikan K.H. Nur Hamid Askandar pada 1992.

Lembaga ini punya empat unit pendidikan, yakni MTS, SMP, dan SMA, yang menerapkan kurikulum pendidikan nasional serta Kementerian Agama, juga Diniyah Takmiliyah Al Kautsar.

Al Kautsar menawarkan beberapa program unggulan, seperti bimbingan TOEFL di tingkat SMA dan bimbingan intensif sebagai persiapan memasuki bangku perkuliahan. 

Terdapat juga program tahfidzul quran bagi kamu yang ingin menghapal Al-Quran.

3. Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Mojokerto

Lembaga pendidikan agama Islam ini menyediakan program pendidikan formal dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. 

Ponpes ini menerapkan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum pesantren.

Seluruh santri diwajibkan untuk mempelajari materi-materi diniyah. Lokasinya berada di Jalan Raya Mojosari Trawas KM 08, Dusun Kemuning, Desa Mojorejo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

4. Pondok Pesantren Modern Al Mukhtar Jember

Ponpes ini adalah ponpes modern Muhammadiyah yang telah berdiri sejak 1917 di Kompleks Muhammadiyah Watukebo, Jember. 

Saat ini, ponpes Al Mukhtar menawarkan beberapa program menarik, seperti akselerasi tahfidz sebagai program percepatan menghafal Al-Qur'an dan Qur'anic Center.

5. Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep

Ponpes ini telah berdiri sejak 1952. Lembaga ini menawarkan program pendidikan formal mulai dari pendidikan anak usia dini hingga madrasah aliyah. 

Penerapan kurikulum sama seperti sekolah-sekolah negeri yang ditetapkan Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. 

Ponpes ini fokus pada studi agama dan ilmu pengetahuan bahasa Arab serta Inggris.

Ini beberapa ponpes modern di Jawa Timur yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin memperdalam agama.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter