Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menarik, Ini Dia Cara Promosi Bisnis Melalui WhatsApp Business

Menarik, Ini Dia Cara Promosi Bisnis Melalui WhatsApp Business
Cara promosi di wa (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan. Terlebih WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk promosi produk.

Cara Promosi Bisnis Melalui WhatsApp Business 

Dalam menjalankan bisnis, promosi menjadi kunci penting untuk meningkatkan penjualan. Berikut cara promosi menggunakan WhatsApp, yakni:

1. Gunakan WhatsApp Business

WhatsApp Business dan WhatsApp Business API menjadi salah satu cara efektif dalam menjalankan strategi pemasaran. 

Pertama-tama, bisnis harus menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk memisahkan antara kepentingan personal dan bisnis. 

Setelah itu, bisa memaksimalkan fitur WA Business untuk membantu promosi dengan melakukan blast WhatsApp atau mengirim pesan promosi ke ribuan kontak dalam waktu bersamaan.

2. Gunakan WhatsApp Business API

Jika ingin meningkatkan penjualan lebih cepat lagi, bisnis bisa meng-upgrade menjadi WhatsApp Business API. 

WhatsApp API dirancang untuk bisnis berinteraksi dengan pelanggannya lebih efisien. 

Fitur-fitur API mempermudah bisnis untuk aktivitas marketing, seperti blast WhatsApp dan fitur chatbot yang akan otomatis menjawab setiap pesan masuk.

3. Fokus Target Pasar 

Selanjutnya, fokuslah pada target pasar Anda. Pastikan untuk memahami sasaran pelanggan Anda dan mengelompokkan prospek atau pelanggan yang dimiliki berdasarkan usia, jenis kelamin, atau lainnya. 

Informasi dapat diperoleh melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau pameran bisnis lainnya. 

Bisnis harus mengambil tindakan melakukan follow-up untuk menawarkan produk melalui WhatsApp marketing, dan terus memantau pelanggan mana yang aktif dan mana yang perlu dihubungi lagi.

4. Gunakan Fitur One-on-one

Maksimalkan fitur obrolan one-on-one dan grup yang disediakan oleh WhatsApp untuk melakukan kegiatan pemasaran. 

Bisnis dapat memasukkan target pelanggan dalam satu grup untuk memudahkan dalam menjangkau mereka, dan membagikan pesan promosi atau penawaran menarik lainnya. 

Untuk penggunaan obrolan satu-satu, pendekatan secara personal akan lebih efektif karena sebagian besar orang lebih tertarik untuk berinteraksi dengan personal tanpa adanya banyak anggota dalam satu obrolan.

5. Gunakan Fitur Story

Selain itu, bisnis juga dapat memanfaatkan fitur story pada WhatsApp untuk membagikan informasi terkait promosi yang sedang dijalankan.

Selain itu, Anda bisa membagikan testimoni dari pelanggan eksisting untuk membangun kredibilitas bisnis di mata pelanggan lainnya 

Terakhir, pastikan untuk menggunakan label pada obrolan untuk memudahkan dalam pelacakan kontak yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. 

Bisnis dapat menambahkan label khusus untuk memisahkan grup tertentu agar lebih mudah untuk dilacak.

Dalam strategi pemasaran bisnis, penggunaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, serta penerapan tips-tips di atas menjadi salah satu cara efektif. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter