Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Supervisi Pendidikan: Pengertian dan Langkah-Langkahnya

Supervisi Pendidikan Pengertian dan Langkah-Langkahnya
Supervisi Pendidikan Pengertian dan Langkah-Langkahnya


SwaraWarta.co.id - Supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan sekaligus pembinaan pada suatu institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalamnya.

Supervisi pendidikan dapat dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, atau ahli pendidikan lainnya.

Secara etimologis, supervisi berasal dari kata super yang berarti atas dan vision yang berarti penglihatan.

Jadi, supervisi pendidikan dapat diartikan sebagai penglihatan dari atas. Melihat dalam hubungannya dengan masalah supervisi dapat diartikan dengan menilik, mengontrol, atau mengawasi.

Supervisi pendidikan memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

  • Memperbaiki kualitas kinerja guru maupun sekolah.
  • Meningkatkan pemahaman guru terhadap tujuan pendidikan dan fungsi pendidikan di sekolah.
  • Memudahkan kepala sekolah dalam mengontrol kegiatan guru selama pembelajaran.
  • Mengembangkan profesionalisme guru.
  • Meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, supervisi pendidikan harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.



Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan:

  1. Perencanaan

Langkah pertama dalam supervisi pendidikan adalah perencanaan. Pada tahap ini, supervisor perlu menentukan tujuan supervisi, sasaran supervisi, dan metode supervisi yang akan digunakan.

  1. Pelaksanaan

Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan supervisi. Pada tahap ini, supervisor perlu melakukan kegiatan-kegiatan supervisi sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Kegiatan supervisi dapat berupa observasi, wawancara, diskusi, atau workshop.

  1. Evaluasi

Tahap terakhir adalah evaluasi. Pada tahap ini, supervisor perlu mengevaluasi hasil supervisi. Evaluasi dapat dilakukan dengan cara menilai kinerja guru atau sekolah, atau dengan cara mengumpulkan umpan balik dari guru atau sekolah.

Berikut ini adalah beberapa jenis supervisi pendidikan yang dapat dilakukan:

  • Supervisi klinis

Supervisi klinis adalah supervisi yang dilakukan secara langsung oleh supervisor terhadap guru yang sedang mengajar. Supervisor akan memberikan umpan balik kepada guru secara langsung untuk perbaikan kinerjanya.

  • Supervisi kelompok

Supervisi kelompok adalah supervisi yang dilakukan terhadap sekelompok guru secara bersamaan. Supervisor akan memberikan materi atau pelatihan kepada guru-guru tersebut untuk meningkatkan kompetensi mereka.

  • Supervisi manajemen

Supervisi manajemen adalah supervisi yang dilakukan terhadap kepala sekolah atau manajemen sekolah lainnya. Supervisor akan memberikan bantuan kepada kepala sekolah atau manajemen sekolah untuk meningkatkan kinerja mereka.

Supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dengan supervisi pendidikan, guru dapat meningkatkan kompetensi mereka, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswa.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter