Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Indonesia Menjaga Asa, Menang Atas Vietnam 1-0

Timnas Indonesia Menang Atas Vietnan 1-0 di Piala Asia 2024
Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 1-0 di Piala Asia 2024-SwaraWarta.co.id (Sumber: OkeZone)


SwaraWarta.co.id - Timnas Indonesia meraih kemenangan gemilang 1-0 atas Vietnam dalam pertandingan kedua babak penyisihan Grup D Piala Asia 2024.

Laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (19/1/2024), menjadi panggung heroik bagi Asnawi Mangkualam yang berhasil mencetak gol semata wayang lewat sepakan penalti pada menit ke-42.

Skuat Indonesia tampil agresif sejak menit pertama dengan inisiatif serangan melalui tendangan Rafael Struick.

Meski bola hasil tendangannya dapat ditepis kiper Vietnam, Filip Nguyen, semangat timnas Indonesia tidak luntur.

Rafael Struick kembali mendapatkan peluang, tetapi upayanya belum membuahkan hasil saat bola melambung dari gawang Vietnam.

Pada menit ke-37, Sandy Walsh menciptakan peluang melalui sundulan keras di dalam kotak penalti Vietnam.

Sayangnya, usaha Walsh bisa dipatahkan oleh Filip Nguyen, mempertahankan gawang Vietnam tetap utuh.

Keberuntungan akhirnya berpihak pada timnas Indonesia ketika Rafael Struick dijatuhkan oleh Nguyen Thanh Binh di kotak terlarang pada menit ke-40, memberikan hadiah penalti.

Asnawi Mangkualam dipercaya sebagai algojo, dan ia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Dengan tendangan penalti yang mulus ke sisi kiri, Mangkualam membawa Indonesia unggul 1-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Vietnam menunjukkan semangat menyerang dengan peluang melalui sundulan Bui Hoang Viet Anh pada menit ke-51.

Namun, bola hasil tandukan tersebut masih melebar dari sisi kiri gawang Indonesia.

Pada menit ke-66, Jordi Amat mengalami cedera setelah berduel dengan Nguyen Van Tung, dan ia harus ditarik keluar lapangan dengan hidung berdarah.

Rizky Ridho menggantikan posisi Amat pada menit ke-70.

Hokky Caraka mencoba membawa keunggulan lebih jauh dengan tendangan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-81, tetapi sepakannya masih lemah dan tidak mengarah tepat sasaran.

Keadaan semakin merugikan Vietnam ketika Le Pham Thanh Long mendapatkan kartu merah pada menit ke-90+1, membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain.

Pada menit injury time, Marselino Ferdinan mencoba mencetak gol tambahan untuk Indonesia, tetapi sepakannya masih melambung tinggi.

Meskipun tidak ada gol tambahan tercipta, kemenangan 1-0 atas Vietnam membuat timnas Indonesia mencatat kemenangan perdana mereka dalam Piala Asia 2024.

Pertandingan tidak hanya dipenuhi dengan momen-momen dramatis, tetapi juga dengan peristiwa cedera yang mengharuskan Jordi Amat meninggalkan lapangan.

Namun, kehadiran pemain pengganti Rizky Ridho membuktikan kekuatan dan kedalaman skuat Indonesia.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia memberikan kebanggaan bagi para pendukungnya dan menegaskan ambisinya untuk melangkah jauh dalam turnamen bergengsi ini.

Kemenangan ini juga memberikan modal berharga untuk menghadapi pertandingan-pertandingan berikutnya, membangun momentum positif di Piala Asia 2024.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter