Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tips Merawat Baju Bewarna Putih, Dijamin Warnanya Awet!

 

Tips Merawat Baju Bewarna Putih, Dijamin Warnanya Awet!
Cara merawat baju putih (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Baju yang bewarna putih memang rawan terkena noda. Bahkan cara perawatannya cukup sulit, sebab warnanya mudah luntur.

Meskipun perawatannya sulit, Kamu harus melakukan beberapa cara agar baju tetap awet. Sebab baju yang awet dan bagus akan memberikan rasa nyaman saat digunakan.

Cara Merawat Baju Bewarna Putih dengan Benar

Perawatan baju putih yang benar akan membuat warnanya terjaga dengan baik. Terlebih baju yang masih bagus akan meningkat kepercayaan diri.

Baju yang tidak dirawat dengan baik akan membuat warnanya cepat pudar. Berikut beberapa cara merawat baju bewarna putih, yakni:

1. Pisahkan Baju 

Pisahkan baju putih dari baju berwarna agar tidak terkena luntur warna dari baju lain yang diikat oleh pewarna kain pekat. 

Pisahkan baju tersebut, kemudian cuci baju menggunakan tangan. Para saat mencuci baju, usahakan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. 

2. Bersihkan Noda yang Menempel di Baju 

Bersihkan noda yang menempel di baju sebelum dicuci. Kamu bisa menggunakan klorin atau produk penghilang noda lainnya dan kucek hingga bersih.

Selain itu, hindari menyikat noda membandel. Sebab menyikat noda terlalu keras dapat merusak benang dan juga baju.

3. Gunakan Detergen Khusus 

Tips Merawat Baju Bewarna Putih, Dijamin Warnanya Awet!
Detergen untuk mencuci baju putih (Dok. Istimewa)


Gunakan deterjen khusus untuk baju putih yang memiliki kandungan optical brighteners yang berfungsi untuk membuat baju terlihat cerah.

Selain itu, kandungan optical brighteners dapat mencegah pigmen warna dalam air agar tidak menempel di baju.

4. Gunakan Sitrun

Gunakan sitrun sebagai alternatif bahan pembersih selain deterjen, karena terbuat dari fermentasi jeruk yang ampuh untuk mencerahkan warna dan mengangkat noda. 

Caranya mudah, cukup rendam baju dalam campuran air hangat dan sedikit sitrun selama 20-30 menit, lalu kucek hingga noda hilang.

5. Cuci Baju Putih dengan Air Hangat

Cuci baju putih dengan air hangat. Suhu panas pada air dapat membantu proses pelepasan kotoran dan minyak yang menyebabkan baju terlihat kusam. 

Tak perlu mengucek terlalu kuat karena air hangat sudah membantu membersihkan baju. Sehingga, Kamu bisa mencuci pakaian secara perlahan agar kain tetap awet.

Beberapa tips tersebut memang terbilang mudah. Namun, Kamu harus melakukannya dengan benar. Tujuannya agar pakaian lebih awet dan nyaman saat digunakan.

Dengan tips ini, baju putih favoritmu tetap kinclong dan bebas noda seperti baru. Jadi, kamu tak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk mencucinya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter