Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Haleem: Bubur Tebal dengan Daging, Kuliner Khas India Saat Ramadan

Haleem Kuliner Khas India
Haleem, Kuliner Khas Ramadan India-SwaraWarta.co.id (Sumber: Viva)


SwaraWarta.co.id - Haleem adalah hidangan kaya rasa berupa bubur tebal dengan daging yang dimasak perlahan, gandum, dan kacang lentil.

Hidangan lezat ini dipersiapkan dengan cermat selama tujuh hingga delapan jam dan kemudian diaduk atau dipukul dengan alat pengaduk seperti alu.

Meskipun populer saat Ramadan, haleem Hyderabadi juga menjadi hidangan khas di perayaan pernikahan dan acara meriah lainnya.

Salah satu variasi haleem yang paling khas adalah versi Hyderabadi.

Berasal dari dunia Arab, hidangan ini sampai ke Hyderabad melalui upaya komunitas Chaush selama pemerintahan Nizam.

Proses pembuatan haleem Hyderabadi melibatkan langkah awal seperti merendam gandum dan kacang lentil.

Metode memasak perlahan sangat penting, memungkinkan perpaduan rasa dan tekstur yang nikmat.

Penambahan daging, seringkali daging domba atau ayam, memberikan kontribusi pada karakter kenikmatan hidangan ini.

Kota Hyderabad, terkenal dengan warisan kuliner yang kaya, telah merangkul haleem Hyderabadi sebagai simbol tradisi dan keunggulan gastronomi.

Selama Ramadan, permintaan akan hidangan ini melonjak karena menjadi bagian penting dari iftar, makan malam yang membatalkan puasa sepanjang hari.

Haleem Hyderabadi juga telah melampaui batas agama, memikat lidah orang dari berbagai latar belakang budaya.

Popularitasnya meluas di luar perayaan keagamaan, menjadikannya hidangan tercinta di pertemuan sosial, terutama pernikahan.

Aspek komunal berbagi mangkuk haleem menambah daya tarik hidangan ini, membawa perasaan kebersamaan dan perayaan.

Perjalanan hidangan ini dari asal-usul Arabnya hingga menjadi permata kuliner di Hyderabad adalah bukti pertukaran budaya yang mendefinisikan kuliner India.

Peran komunitas Chaush dalam memperkenalkan dan melestarikan tradisi pembuatan haleem menunjukkan pentingnya pertukaran kuliner dalam membentuk makanan khas regional.

Ketika aroma menggoda haleem Hyderabadi menyapu udara selama acara perayaan, itu menjadi pengingat keanekaragaman budaya yang terkandung dalam lanskap kuliner India.

Setiap sendok haleem yang lezat menceritakan kisah tradisi berabad-abad, migrasi, dan perpaduan rasa yang menghasilkan sebuah mahakarya kuliner.

Pada dasarnya, haleem Hyderabadi bukan hanya hidangan; itu adalah perayaan warisan, sebuah bukti permainan budaya, dan perjalanan yang lezat yang melampaui waktu dan batas.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter