Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Contoh Kerajinan Non Benda yang Jarang Ditemui, Benarkah Sudah Langka?

 

Contoh Kerajinan Non Benda yang Jarang Ditemui, Benarkah Sudah Langka?
Wayang sebagai salah satu kerajinan tangan non benda (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat beberapa kerajinan non benda semakin tidak dikenal oleh masyarakat.

5 Contoh Kerajinan Non Benda yang Jarang Ditemui

Meskipun sudah jarang ditemui, masih banyak masyarakat yang mengetahui contoh kerajinan non benda. Berikut beberapa kerajinan non benda yang jarang diketahui, yakni:

1. Pewayangan

Pewayangan adalah bentuk seni tradisional Indonesia yang berasal dari bentuk drama boneka yang dimainkan di atas panggung oleh dalang. 

Dalam pewayangan, tokoh-tokoh cerita dihidupkan melalui penggunaan boneka dan alat musik tradisional seperti gamelan. 

Seni pewayangan kerap dipertontonkan pada acara penyambutan tamu penting, acara pernikahan, atau festival kebudayaan.

2. Lenong

Lenong adalah bentuk seni drama komedi tradisional dari Betawi yang menggunakan bahasa Betawi. 

Seni ini biasanya dimainkan oleh sekelompok aktor wanita dan pemeran laki-laki yang berpakaian khas Betawi. 

Lenong menjadi populer di Pantai Utara Jakarta pada awal abad ke-20 dan sebagian besar isinya berupa komedi lucu. 

Meskipun saat ini seni Lenong tidak seterkenal sebelumnya, namun variasi seni ini masih dapat dijumpai di beberapa daerah di Jakarta maupun Jakarta yang saat ini bernama Prabuan.

3. Wayang orang

Wayang orang adalah salah satu bentuk seni drama tradisional Indonesia yang didasarkan pada cerita Ramayana atau Mahabharata. 

Dalam wayang orang, semua tokoh diperankan oleh manusia, mirip dengan teater biasa. Namun, ada juga permainan wayang orang yang menggunakan boneka sebagai pemeran. 

Seni Wayang orang saat ini telah kehilangan sumber daya manusia yang paham benar dalam seperti gamelan suara.

4. Gotong royong

Gotong royong adalah nilai yang dianut dalam kebudayaan Indonesia di mana masyarakat bekerja sama dalam suatu proyek atau kegiatan bersama. 

Meskipun bukan bentuk seni secara langsung, gotong royong bisa dikatakan sebagai kerajinan non benda yang kurang dikenal. 

Gotong royong adalah bagian penting dari kebudayaan Indonesia yang melibatkan kerja tim, dan merupakan contoh kerajinan non benda yang mendorong nilai-nilai sosial dan kebudayaan.

5. Sulap

Sulap adalah bentuk seni non benda yang kurang dikenal di Indonesia. Sulap melibatkan penggunaan berbagai trik dan akrobatik untuk menciptakan ilusi dan menghibur penonton. 

Seni sulap mungkin tidak begitu terkenal di Indonesia, tapi sudah ada sejak dahulu kala. Hal ini terlihat dari pertunjukan sihir di sebuah kebudayaan Nusantara yang dikenal sebagai jampi-jampian.

Itulah beberapa contoh kerajinan non benda yang kurang dikenal di Indonesia. Meskipun tidak banyak diketahui, seni ini memiliki nilai yang tidak kalah penting bagi kebudayaan Indonesia dan perlu dijaga dan dilestarikan.




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter