Categories: PendidikanViral

Ragam Pekerjaan yang Membutuhkan Communication Skill

 

Sales menjadi pekerjaan yang butuh communication skill
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id – Communication Skill terkadang dijadikan sebagai dasar dalam bidang kerja tertentu. 

Tidak heran lagi jika banyak perusahaan ternama yang mencari tenaga kerja dengan modal communication skill

ADVERTISEMENT

.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Deretan Pekerjaan yang Butuh Communication Skill

Berikut ini sejumlah pekerjaan yang membutuhkan communication skill dalam pengerjaan tugas-tugasnya:

1. Sales and Marketing

Tenaga penjualan dan marketing membutuhkan kemampuan komunikasi yang tinggi, baik dalam berbicara maupun dalam menulis. 

Sebagian besar pekerjaan ini melibatkan berbicara dengan pelanggan potensial, mengikuti diskusi atau pertemuan dan mempresentasikan produk atau layanan, sehingga kemampuan interaksi sosial yang baik menjadi syarat utama dalam posisi ini.

2. Public Relations

Public relations cenderung melibatkan komunikasi dengan klien dan pelanggan. Mereka harus dapat mengkomunikasikan merek dengan baik, dan menjaga hubungan baik dengan klien dan konsumen. 

Public relations juga berkaitan dengan menjadi juru bicara perusahaan dalam acara media, serta mengatur wawancara sebagai bagian dari kampanye promosi merek.

3. Human Resources

Pekerjaan di departemen sumber daya manusia (SDM) membutuhkan kemampuan komunikasi yang tinggi. 

Di SDM, Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik saat menulis surat pengunduran diri, menjelaskan keyakinan atau tuntutan karyawan dalam pertemuan staf, dan menjalin hubungan baik antar karyawan.

4. Pendidikan

Karir pendidikan membutuhkan keterampilan komunikasi sangat tinggi, karena sebagian besar dari pekerjaan ini melibatkan interaksi dengan siswa, orang tua dan rekan kerja. 

Guru juga perlu mengomunikasikan pelajaran dengan cara yang mudah dimengerti oleh siswa, serta menjawab pertanyaan atau kekhawatiran mereka.

5. Media

Media memang selalu berkaitan dengan terus-menerus berkomunikasi. Sebagai bagian dari industri ini, jurnalis dan blogger (dalam bentuk tertulis atau video).

Kamu harus dapat mengekspresikan opini mereka melalui tulisan, wawancara, atau video yang mudah diterima oleh pemirsa mereka.

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam melakukan pekerjaan apa pun yang melibatkan interaksi dengan orang lain. 

Kemampuan berbicara yang baik dapat membantu dalam menciptakan hubungan yang lebih baik dan membantu memahami kebutuhan bisnis, pelanggan, klien, dan rekan kerja.

Redaksi SwaraWarta.co.id

Berita Indonesia Terkini 2024 Viral Terbaru Hari Ini

Recent Posts

JELASKAN STRATEGI PERTUMBUHAN PASAR PT NESTLE INDONESIA BERDASARKAN MATRIKS ANSOFF?

SwaraWarta.co.id - Kali ini kita akan membahas jelaskan strategi pertumbuhan pasar PT Nestle Indonesia berdasarkan…

22 hours ago

Zangi Aplikasi Apa? Aplikasi Pesan Instan yang Menjanjikan Privasi dan Kecepatan Tinggi

SwaraWarta.co.id - Di tengah hiruk-pikuk pasar aplikasi pesan instan yang didominasi oleh raksasa seperti WhatsApp…

22 hours ago

Mengapa Guru Perlu Mengetahui Pendekatan Pembelajaran yang Tepat? Berikut ini Penjelasannya!

SwaraWarta.co.id – Mengapa guru perlu mengetahui pendekatan pembelajaran yang tepat? Dalam dunia pendidikan yang terus…

22 hours ago

Link Live Streaming Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Laga Penentuan bagi Skuad Garuda!

SwaraWarta.co.id -  Bagaimana akses link live streaming Indonesia vs Irak? Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan…

22 hours ago

Cara Melakukan Skrining Riwayat Kesehatan BPJS: Deteksi Dini di Ujung Jari

SwaraWarta.co.id - Skrining Riwayat Kesehatan merupakan program preventif yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mendeteksi…

1 day ago

Waspadai Berbagai Penyebab Stunting pada Anak dan Cara Mencegahnya

SwaraWarta.co.id – Apa saja penyebab stunting? Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan…

2 days ago