Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Ragam Pekerjaan yang Membutuhkan Communication Skill

 

Sales menjadi pekerjaan yang butuh communication skill
Sales menjadi pekerjaan yang butuh communication skill
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Communication Skill terkadang dijadikan sebagai dasar dalam bidang kerja tertentu. 

Tidak heran lagi jika banyak perusahaan ternama yang mencari tenaga kerja dengan modal communication skill

Deretan Pekerjaan yang Butuh Communication Skill

Berikut ini sejumlah pekerjaan yang membutuhkan communication skill dalam pengerjaan tugas-tugasnya:

1. Sales and Marketing 

Tenaga penjualan dan marketing membutuhkan kemampuan komunikasi yang tinggi, baik dalam berbicara maupun dalam menulis. 

Sebagian besar pekerjaan ini melibatkan berbicara dengan pelanggan potensial, mengikuti diskusi atau pertemuan dan mempresentasikan produk atau layanan, sehingga kemampuan interaksi sosial yang baik menjadi syarat utama dalam posisi ini.

2. Public Relations  

Public relations cenderung melibatkan komunikasi dengan klien dan pelanggan. Mereka harus dapat mengkomunikasikan merek dengan baik, dan menjaga hubungan baik dengan klien dan konsumen. 

Public relations juga berkaitan dengan menjadi juru bicara perusahaan dalam acara media, serta mengatur wawancara sebagai bagian dari kampanye promosi merek.

3. Human Resources 

Pekerjaan di departemen sumber daya manusia (SDM) membutuhkan kemampuan komunikasi yang tinggi. 

Di SDM, Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik saat menulis surat pengunduran diri, menjelaskan keyakinan atau tuntutan karyawan dalam pertemuan staf, dan menjalin hubungan baik antar karyawan.

4. Pendidikan 

Karir pendidikan membutuhkan keterampilan komunikasi sangat tinggi, karena sebagian besar dari pekerjaan ini melibatkan interaksi dengan siswa, orang tua dan rekan kerja. 

Guru juga perlu mengomunikasikan pelajaran dengan cara yang mudah dimengerti oleh siswa, serta menjawab pertanyaan atau kekhawatiran mereka.

5. Media 

Media memang selalu berkaitan dengan terus-menerus berkomunikasi. Sebagai bagian dari industri ini, jurnalis dan blogger (dalam bentuk tertulis atau video).

Kamu harus dapat mengekspresikan opini mereka melalui tulisan, wawancara, atau video yang mudah diterima oleh pemirsa mereka.

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam melakukan pekerjaan apa pun yang melibatkan interaksi dengan orang lain. 

Kemampuan berbicara yang baik dapat membantu dalam menciptakan hubungan yang lebih baik dan membantu memahami kebutuhan bisnis, pelanggan, klien, dan rekan kerja.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter