Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Hutan Mangrove Jakarta, 5 Daya Tarik yang Membuat Wisatawan Datang Lagi dan Lagi

Hutan Mangrove Jakarta
Hutan Mangrove Jakarta - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Sebagai Ibukota negara Indonesia, Jakarta menjadi salah satu kota metropolitan yang banyak didatangi orang, bukan karena keindahan bangunannya saja, tetapi wisatanya juga termasuk Hutan Mangrove Jakarta tak lepas dari banjir kunjungan.

Hutan Mangrove Jakarta, secara geografis lokasinya berada di Kawasan Jakarta Utara yakni di Pantai Indah Kapuk.

Ada banyak keindahan yang bisa dinikmati di Hutan Mangrove Jakarta ini, dari mulau hutan mangrove-nya itu sendiri, panorama alam pesisir pantai, gemuruh suara ombak, dan yang lainnya.

Untuk sampai di lokasi ini, tidak perlu khawatir, karena transportasi dan akomodasi sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi, ataupun kendaraan umum.

Di lokasi Hutan Mangrove Jakarta, parapengunjung akan bisa menikmati sekaligus mempelajari berbagai varietas tanaman yang tumbuh di tempat ini, selain itu juga bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang disesiakan di tempat ini.

Bagi para penduduk di Jakarta yang terbiasa menghirup udara yang pengap dan mengandung banyak polutan, di destinasi ini bisa melakukan refresh pernapasan karena udara di Hutan Mangrove Jakarta sangat sejuk dan menyegarkan.

Hutan Mangrove dan Definisi secara Umum


Hutan Mangrove Jakarta
Hutan Mangrove Jakarta - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Secara umum, vegetasi hutan mangrove merupakan penyokong ekosistem hutan yang terbentuk dengan tentunya memiliki karakrestiknya yang mampu tumbuh dan berkembang di wilayah dengan kadar garam yang berlevel tinggi.

Pada kebanyakan, vegetasi pendukung ekosistem ini biasanya banyak ditumbuhi tanaman kayu yang ada di sepanjang garis pesisir pantai.

Vegetasi ini terbentuk dengan tujuan untuk mencegah terjadinya abrasi dan tentunya sangat berpengaruh terhadap manusia lewat iklim yang menjadi jauh lebih baik.

Pada mulanya, Hutan Mangrove Jakarta, Angke Kapuk adalah wilayah konservasi alam, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh siapa pun yang ingin rekreasi.

Di lokasi ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan alamnya sekaligus bisa belajar dan memahami bagaimana sebuah ekosistem bekerja secara alamiah.

Di Hutan Mangrove Jakarta Angke Kapuk ada hal menarik yang bisa dinikmati yakni beraneka ragam mangrove yang tumbuh dan bisa diamati jenis-jenisnya untuk menambah pengetahuan kita atas keanekaragaman hayati, khususnya spesies mangrove.

Dari banyak jenis mangrove yang ada di Angke Kapuk, beberapa di antaranya yang tumbuh meliputi jenis buta-buta, warakas, cantinggi, bidara, api-api, serta tanaman bakau.

Untuk sampai di lokasi ini sangatlah mudah karena akses jalan dan transportasinya sudah sangat memadai, sekalipun tidak memiliki kendaraan pribadi, transportasi umum bisa jadi solusi, begitupun dengan jasa penyewaan kendaraan bisa dimanfaatkan.

Untuk lokasi pastinya, Pantai Indah Kapuk berada di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, atau di Jalan Garden House no.4.

Letak lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, transportasi seperti Transjakarta atau angkutan kota sangat bisa digunakan.

Beberapa Daya Tarik Hutan Mangrove Jakarta


Hutan Mangrove Jakarta
Hutan Mangrove Jakarta - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada banyak hal bisa dijadikan manfaat bila Anda berkunjung ke Hutan Mangrove Jakarta, terutama untuk mengajarkan kepada anak-anak kita perihal kebermanfaatan lingkungan hidup dan alam,

kemudian bisa mendidik anak-anak untuk tahu dengan jenis-jenis tanaman mangrove, dan membiarkan mereka bisa mengenal dengan alam secara langsung dengan cara ikut berpartisipasi dalam aktivitas penanaman bakaunya sendiri atau konservasi alamnya.

1. Tempat yang Tepat untuk Mempelajari Cara Menanam Tanaman Mangrove


Kegiatan menanam pohon bakau secara individu atau kelompok, mengajarkan anak kita untuk berbaur dengan alam sekaligus mencintai alam tersebut dengan cara benar.

Selain menanam, anak-anak pun bisa diajari bagaimana caranya merawat, mempelajari tumbuhkembangnya, dan hal lainnya mengenai tumbuhan dan berkembangbiaknya.

Di lokasi hutan mangrove ini sebagai orang tua bisa mempraktekkan bersama anak-anaknya untuk bisa menanam tumbuhan bakau langsung di habitatnya.

Di lokasi ini, bakau yang Anda tanam bisa diberi nama, yang suatu saat nanti kalau tanamannya sudah besar bisa kita cek nama kita.

2. Spot Foto Indah dan Instagramable


Lokasi Hutan Mangrove Jakarta memiliki panorama alam yang sangat indah dan memanjakan mata, karena hal inilah destinasi wisata ini bisa dijadikan spot foto-foto cantik yang instagramable.

Jadi untuk para pengunjung yang suka swafoto ataupun foto rame-rame, tempat ini bisa dimanfaatkan untuk latar belakang foto-foto cantik tersebut.

Ada beberapa spot pavorit yang bisa dijadikan spot foto cantik, salah satunya adalah spot yang berupa lorong dari pohon bakau-bakau tersebut.

Namun sedikit catatan, bila ingin mengabadikan foto dengan menggunakan drone, kamera DSLR, go pro, atau peralatan fotografer yang sifatnya profesional akan dikenakan biaya tambahan.

Tetapi, untuk sekadar kamera ponsel, tidak ada biaya charge tambahan.

3. Sewa Perahu untuk Menyusuri Danau yang Ada di Lokasi


Selain bisa berfoto ria di kawasan ini, atau berjalan kaki menyusuri sekitaran pantai, para pengunjung pun bisa menyewa perahu kayu untuk menyusuri kawasan danau yang ada di lokasi ini.

Danau ini sendiri berada di lokasi Hutan Mangrove Jakarta dengan posisi dikelilingi oleh pohon bakau.

Selain menyewa perahu, para pengunjung pun bisa belajar mendayung di danau ini seraya kegiatannya tersebut diabadikan ke dalam foto atau video yang tentunya bisa kita pamerkan di media sosial pribadi masing-masing.

Sedikit tips, agar mendapatkan biaya sewa perahu lebih murah, sebaiknya satu perahu disewa oleh beberapa orang misalnya dari 4 hingga 6 orang.

Secara umum, untuk harga sewa perahu ini per unitnya mencapai harga sebesar Rp. 100 ribu rupiah.

4. Menikmati Suasana Sunset di Lokasi


Mengingat lokasinya memang berada di pesisir pantai, maka aktivitas yang bisa dilakukan selain beberapa kegiatan di atas adalah menikmati momen-momen tenggelamnya sinar matahari di ufuk barat.

Di pantai lokasi hutan bakau ini para pengunjung akan bisa menikmati keindahan saat sunset ini dengan pendar warna jingganya di cakrawala.

Momen ini tentunya sangat tepat kalau diabadikan dalam sebuah foto atau video, karena itulah momen-momen ini terlalu berharga untuk diabaikan.

5. Bisa Dijadikan Area Kemah


Di lokasi ini, bagi para pengunjung yang suka nge-camp atau berpetualang dengan alam, bisa menggunakan beberapa area untuk berkemah.

Areanya cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda sekaligus.

Jadi untuk para penyuka summit, berkemah di lokasi ini akan mendapatkan sensasi yang berbeda.


Ada banyak fasilitas menarik yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini yang tentunya akan memanjakan para pengunjung sekaligus membuatnya betah dan ingin kembali dan kembali ke tempat ini.

Di antara fasilitas yang ada di Hutan Mangrove Jakarta ini, beberapanya meliputi: fasilitas toiletnya yang sangat bersih dan juga nyaman.

Kemudian ada tempat peribadatan mushola yang nyaman, untuk penyuka kuliner, terdapat banyak kios-kios makanan hingga kafe yang bertebaran di seputar lokasi.

Tidak ketinggalan ada pula tempat peristirahatan yang sangat nyaman, area untuk parkir kendaraan yang luas, jugaterdapat villa dan penginapan dengan berbagai tipe.

Hutan Mangrove Jakarta ini tentunya sangat rekomendasi bagi para wisatawan penyuka dunia bahari.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.