Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Contoh Soal Olimpiade IPA SD dan Pembahasannya

 



Logo olimpiade Nasional
Logo olimpiade Nasional
( Dok. Istimewa


SwaraWarta.co.id
- Soal olimpiade IPA SD banyak ditempuh oleh sejumlah lembaga tingkat tersebut. 

Dalam mengerjakan soal olimpiade IPA SD Anda harus memahami sejumlah materi di tingkatan tersebut. 

Biasanya soal olimpiade IPA SD memiliki tingkat kemiripan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Deretan Contoh Soal Olimpiade IPA SD

Berikut ini sejumlah contoh soal olimpiade IPA SD yang bisa Anda jadikan sebagai latihan:

1. Suatu benda ditarik dengan gaya sebesar 20 N, tetapi gaya gesekan sebesar 15 N menghambat gerakan benda. Percepatan benda adalah…. 

A. 0,5 m/s2 

B. 1,0 m/s2 

C. 1,5 m/s2 

D. 2,0 m/s2

Jawaban: a Pembahasan: Untuk mencari percepatan, kita dapat menggunakan rumus a = (F - f) / m, di mana a adalah percepatan, F adalah gaya yang diberikan, f adalah gaya gesek, dan m adalah massa benda yang ditarik. Substitusi nilai pada rumus tersebut menghasilkan a = (20 - 15) / 10 = 0,5 m/s2.

2. Sifat-sifat benda meliputi warna, bau, dan rasa. Ciri-ciri sifat tersebut disebut sifat…. 

A. khas 

B. umum 

C. khusus 

D. kimia

Jawaban: a Pembahasan: Sifat-sifat khas pada benda seperti warna, bau, dan rasa merupakan ciri khas suatu benda yang membedakan dengan benda lain. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah sifat khas.

3. Pada pembelahan sel yang terjadi pada tumbuhan, terdapat dua jenis pembelahan, yaitu mitosis dan meiosis. Pembelahan yang menghasilkan sel-sel kelamin disebut..

A. mitosis 

B. meiosis 

C. pembelahan biner 

D. pembelahan memanjang

Jawaban: b Pembahasan: Sel-sel kelamin dihasilkan melalui proses pembelahan meiosis, di mana sel induk menghasilkan empat sel anak dengan setengah jumlah kromosom. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah meiosis.

4. Dalam ruangan, alat apa yang berfungsi untuk mengukur kelembaban udara?

A. termometer 

B. barometer 

C. anemometer 

D. higrometer

Jawaban: d Pembahasan: Untuk mengukur kelembaban udara pada ruangan, kita dapat menggunakan alat higrometer. Sementara itu, termometer digunakan untuk mengukur suhu, barometer untuk tekanan udara, dan anemometer untuk kecepatan angin.

5. Sebuah benda memiliki massa 10 kg dan berada pada posisi 5 m di atas permukaan tanah. Berapa energi potensial gravitasi benda tersebut jika gravitasi adalah 10 m/s2?

A. 500 J 

B. 5000 J 

C. 50 J 

D. 50.000 J

Jawaban: b Pembahasan: Energi potensial gravitasi dapat dicari melalui rumus E = mgh, di mana m adalah massa benda, g adalah percepatan gravitasi, dan h adalah ketinggian benda di atas permukaan tanah. Substitusi nilai pada rumus tersebut menghasilkan E = 10 x 10 x 5 = 500 J.

Demikianlah contoh soal olimpiade IPA SD beserta pembahasannya yang dapat menjadi referensi bagi para siswa dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti kompetisi tersebut. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter