Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Merupakan Wisata Alternatif untuk Dicoba

Tempat Wisata di Banyuwangi
Waduk Bajulmati - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bicara Banyuwangi adalah bicara kota paling timur di Pulau Jawa yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bali, dan ada banyak Tempat Wisata di Banyuwangi ini yang bisa dieksplorasi.

Tempat Wisata di Banyuwangi mencakup banyak tema yang begitu beragam, dari gunung, laut, hutan, dan tema-tema lainnya.

Tempat Wisata di Banyuwangi menjadi satu dari sekian kota yang destinasi wisatanya sangat terkenal dan cocok dikunjungi untuk libur Lebaran nanti.

Sebagai kota penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, Banyuwangi menyimpan banyak tempat-tempat menarik yang sebagiannya masih tersembunyi dan tidak banyak orang tahu.

Karena letaknya memang sangat dekat dengan Pulau Dewata, ada banyak kemiripan yang mempengaruhi kesenian dan kebudayaan di antara Bali dan juga Banyuwangi.

Selain seni, tradisi, dan kebudayaannya, bentang alam yang ada di Banyuwangi pun tidak kalah cantik dari bentang alam Pulau Bali.

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Merupakan Wisata Alternatif untuk Dikunjungi


Banyak tempat wisata di Banyuwangi yang secara bentang alamnya tidak kalah cantik seperti juga yang ada di Bali.

Bentang alam yang menawarkan keindahan sangat luar biasa tentunya memiliki magnet tersendiri untuk para pengunjung datang ke kota ini.

Ada banyak Tempat Wisata di Banyuwangi yang luar biasa, dari mulai yang sudah populer hingga tempat wisata yang masih cukup tersembunyi dan menunggu untuk segera dieksplorasi.

Tempat Wisata di Banyuwangi ini tentunya bisa jadi rujukan untuk para pecinta traveling yang menginginkan destinasi wisata yang berbeda, dengan sensasi yang dirasakan juga sangat berbeda.

Tercatat ada puluhan destinasi yang dimaksud, dan berikut beberapa di antaranya:

1. Bukit Mondoleko Sragi


Tempat Wisata di Banyuwangi yang satu ini adalah semacam menara pandang untuk mengamati lima gunung besar yang mengelilingi Kota Banyuwangi.

Kelima gunung yang dimaksud meliputi Gunung Merapi, Gunung Kendil, Gunung Suket, Gunung Raung, serta Gunung Meranti.

Untuk sampai di lokasi ini, para pengunjung harus berjalan kaki di antara pemandangan indah di sisi kanan dan kirinya hingga sepanjang 1,5 kilometer.

2. Lori Wisata Kalibaru


Tempat Wisata di Kalibaru
Lori Wisata Kalibaru - SwaraWarta.co.id (Sumber: Kota Kalibaru)



Di destinasi wisata ini, para pengunjung akan bisa menikmati lori wisata untuk menyusuri keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Dalam perjalanan lori wisata yang menghubungkan Stasiun Kalibaru dengan Stasiun Mrawan, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memukau, salah satunya adalah kebun kopi.

3. Waduk Bajulmati


Tempat Wisata di Banyuwangi
Waduk Bajulmati - SwaraWarta.co.id (Sumber: micoope)



Tempat Wisata di Banyuwangi ini adalah Waduk Bajulmati, melihat bentang alamnya yang ajaib, sekilas akan mengingatkan para pengunjung dengan objek wisata Raja Ampat yang ada di Papua.

Waduk ini berada di daerah perbatasan antar Situbondo dengan Banyuwangi, dan sudah diresmikan penggunaannya sejak 2016 yang silam.

4. Jawatan Benculuk


Keberadaan banyaknya pohon trembesi yang menjulang dan tinggi mampu menyulap sensansi berbeda di kawasan ini menjadi kawasan yang eksotis sekaligus misterius.

Lansekap pemandangan dengan banyak pohon trembesi tersebut mengingat kita akan hutan yang ada di film terkenal Lord of The Rings.

Ada banyak tempat indah untuk spot foto di destinasi wisata ini, termasuk di dalamnya, para pengunjung akan disuguhi wahana arung jeram, dan juga memancing.

5. Puncak Asmoro


Yang suka tempat-tempat romantis, sepertinya sangat cocok untuk mendatangi destinasi wisata ini.

Berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, objek wisata ini menyajikan keindahan alam luar biasa, terutama memandang Selat Bali berserta kapal-kapal yang melintasinya dari ketinggian.

Di tempat ini, Pulau Bali bisa pula terlihat dengan cukup jelas.

6. Rumah Kurcaci Glenmore


Letqlak rumah-rumah kurcaci ini ada di dalam sebuah kafe yang bernama Glen Cafe.

Jika dibandingkan dengan kafe-nya sendiri, Rumah Kurcaci Glenmore jauh lebih dikenal banyak orang dan memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Empat rumah kurcaci ini sengaja dibuat dengan warna cat temboknya berwarna-warni yang kemudian ditambah dengan bebatuan yang ditata sedemikian rupa di depan keempat rumah kurcaci tersebut.

Rumah Kurcaci Glenmore ini sendiri menjadi spot foto instagramable paling populer yang ada di Kota Banyuwangi.

7. Ijen Resort dan Villa


Merupakan area penginapan yang asri dan indah bagi para pengunjung tempat wisata dan membutuhkan tempat peristirahatan sementara sebelum pulang ke kota masing-masing.

Ijen Resort menawarkan sensasi berbeda bagi wisatawan penyuka kesegaran dan keindahan alam.

Hal ini dikarenakan di setiap kamar di resort ini langsung menghadap ke arah pemandangan yang mencengangkan, mulai dari taman yang asri, area persawahan yang menghijau, hutan yang adem dan hijau, serta Gunung Ijen itu sendiri.

Resort ini sendiri berada di atas ketinggian hingga udaranya akan cenderung sejuk dan dingin di kala malam atau pagi hari.

Untuk harga tiket menginapnya sendiri, per malam dimulai dengan harga Rp. 1.720.000 dengan termasuk di dalamnya adalah Twin Room, juga menu sarapan pagi.

8. Pondok Indah Banyuwangi


Tempat Wisata di Banyuwangi memang menawarkan pemandangan indah alami yang memiliki kemiripan dengan pemandangan alam di Bali.

Salah satunya adalah Pondok Indah Banyuwangi, yang memiliki pemandangan hijaunya persawahan seperti persawahan yang ada di Kawasan Ubud, Pulau Bali.

Pondok Indah Banyuwangi merupakan sebuah resto yang cukup tersembunyi dan jauh dari pusat Kota Banyuwangi.

Di Restoran ini, para pengunjung bisa menikmati sajian menu andalan sekaligus menyaksikan keindahan Gunung Ijen yang terbentang di hadapannya.

Bukan hanya itu, di lokasi wisata ini, para pengunjung akan merasakan udara yang sangat segar jauh dari polutan karena letaknya memang berada di atas ketinggian.

9. Desa Wisata Osing Kemiren


Merupakan desa adat yang cukup tersembunyi dari peradaban kota di mana Suku Osing, suku asli Banyuwangi tinggal dan menetap di desa ini.

Meski hanya berjarak 15 menit dari pusat kota, desa wisata ini cukup terjaga dari pengaruh budaya perkotaan.

Di lokasi desa wisata ini terdapat pohon-pohon rindang yang hijau memanjakan mata, dua di antaranya adalah pohon kemiri, dan juga pohon durian.

10. Gunung Raung


Tempat Wisata di Banyuwangi
Gunung Raung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Bagi para pecinta pendakian gunung dan kemping, Gunung Raung terkenal karena sensasi serta keindahannya yang tak tertandingi.

Di Gunung Raung, para pengunjung dapat menikmati pemandangan kawah yang berbentuk elips.

Untuk yang ingin menaklukkan puncak gunungnya, Gunung Raung menyiapkan beberapa puncak tertingginya seperti Puncak 17, Puncak Bendera, Puncak Sejati, atau Puncak Tusuk Gigi.

Sebagai catatan penting, Kawah Gunung Raung merupakan sebuah kaldera yang memiliki permukaan yang kering dan merupakan kaldera kering nomor dua terbesar yang ada di Indonesia setelah kawah di Gunung Tambora.

Bagi para pecinta petualangan, mendaki Gunung Raung tentulah memiliki kepuasan tersendiri, karena Puncak Raung sangat sulit ditaklukkan sebab akses dan medan menuju ke sana terbilang sangat sulit.

Itulah 10 Tempat Wisata di Banyuwangi sebagai tempat wisata alternatif yang layak untuk dicoba.***






Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.