Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

11 Tempat Wisata di Karawang yang Tetap Hits di Tahun 2024

Tempat Wisata di Karawang
Vihara Sian Jin Kupoh - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bila Anda sedang berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk berkunjung ke Tempat Wisata di Karawang ini yang meskipun termasuk Kota Industri, kota ini menyimpan banyak destinasi wisata yang keren.

Beberapa pantai di Tempat Wisata di Karawang bahkan menjadi tempat paling ramai dikunjungi saat momen-momen liburan.

Bukan hanya itu, Tempat Wisata di Karawang tidak terbatas pada pantainya saja, destinasi-destinasi lain pun sangat cocok untuk dikunjungi baik bersama pasangan maupun dengan keluarga.

Tempat Wisata di Karawang yang Hits di 2024



Ada beragam pilihan tempat wisata yang tersedia di Kota Karawang ini dan tentunya tetap hits dan eksis selam tahun 2024 ini.

Dari banyaknya objek wisata yang ada, beberapanya kita coba bahas seperti di bawah ini, yang meliputi:


1. Puncak Sempur


Tempat Wisata di Karawang
Puncak Sempur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Karawang yang pertama adalah Puncak Sempur, bukan pantai,ataupun laut, Puncak Sempur adalah sebuah dataran tinggi yang ada di Kota Karawang.

Di lokasi ini, para pengunjung dapat merasakan ketenangan berada di ketinggian Puncak Sempur yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Dengan ketinggian yang mencapai angka 712 mdpl, tempat ini menghadirkan suasana yang tenang, nyaman, serta damai bagi para wisatawan.

Selain menikmati panorama alam yang memukau, bagi yang suka kemping, tempat ini rekomendasi untuk kegiatan berkemah.

Puncak Sempur di Karawang menawarkan banyak spot foto instagramable.


2. Pantai Tanjung Baru


Tempat Wisata di Karawang
Pantai Tanjung Baru - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dari Puncak Sempur kita bergeser ke Tempat Wisata di Karawang lainnya, yakni Pantai Tanjung Baru.

Pantai ini merupakan satu destinasi pantai terpopuler di kawasan Karawang, padahal  dulunya tempat ini hanyalah vegetasi hutan bakau ditebang-tebangin.

Akan tetapi seiring waktu berjalan lokasi ini, kini telah berubah menjadi objek wisata yang menarik perhatian wisatawan dengan panorama pantainya yang indah serta debur ombak yang aman untuk aktivitas berenang atau mandi.

Beberapa bagian tempat ini airnya ini mungkin keruh dan kotor, akan tetapi tempat ini menyediakan daya tarik lain dengan dihadirkanny beragam fasilitas memadai untuk para pengunjung.

Biasanya ada panggung hiburan yang menampilkan show artis lokal maupun ternama, ada juga pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan pokok, juga perahu sewaan yang bisa digunakan untuk menjelajahi pantai.

3. Curug Cigentis


Tempat Wisata di Karawang
Curug Cigentis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Setelah pantai dan dataran tinggi, Tempat Wisata di Karawang berikutnya adalah Curug Cigentis yang merupakan objek wisata utama yang sayang kalau diabaikan tatkala berkunjung ke Karawang.

Letaknya berada di lereng Gunung Sanggabuana, air terjun ini sangat menawan dengan ketinggian air terjunnya mencapai 25 meter.

Curug ini letaknya berada di ketinggian 1000 mdpl, sehingga menawarkan sensasi udara segar yang sangat sejuk saat dihirup.

Untuk mencapai ke lokasi ini, para pengunjung menyusuri jalan dengan berjalan kaki hingga sejauh 300 meter dari tempat parkir untuk mencapai lokasi air terjun.

Untuk Fasilitas yang ada cukup lengkap, termasuk di dalamnya terdapat mushola, toilet umum, dan warung atau kios makanan.

4. Vihara Sian Jin Ku Poh


Sebenarnya ini adalah bangunan peribadatan tetapi kerap dikunjungi para wisatawan yang sekadar ingi foto-foto.

Vihara Sian Jin Ku Poh di Karawang mencuri perhatian karena arsitektur bangunan berwarna merahnya, yang menjadi simbol sejarah panjang masyarakat Tionghoa di daerah tersebut.

Usia bangunan ini sendiri sudah mencapai ribuan tahun, bangunan vihara ini tentu saja menjadi saksi perjalanan budaya dan spiritualitas komunitas Tionghoa ini.

Area pelataran yang luas bisa digunakan sebagai tempat ibadah, juga bisa digunajan menjadi arena untuk berbagai pertunjukan seni dan upacara adat.

5. Objek Wisata Candi Jiwa


Karawang telah berubah menjadi kota metropolitan beberapa waktu ini, akan tetapi pesona lain sebagai destinasi bersejarah tetap masih terjaga.

Salah satu situs sejarah yang masih tertinggal adalah Candi Jiwa, yang letsknya dekat garis pantai utara Jawa Barat.

Bentuk candi ini mirip struktur bunga teratai yang melingkar di bagian tengah, mengingatkan kita pada bekas stupa di candi-candi Budha lain, atau juga lapik patung Buddha.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan situs bersejarah ini terutama kalau datangnya sore hari, sebab bisa menikmati pemandangan dramatis saat matahari terbenam di ufuk barat.

6. Kampung Budaya Karawang


Tempat Wisata di Karawang berikutnya adalah kampung budaya dan kesenian tradisional.

Destinasi ini didirikan pada tahun 2015, tempat wisata memegang komitmen untuk menjaga serta berupaya melestarikan kebudayaan dan kesenian yang khas yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Karawang.

Di Kampung Budaya Karawang, para pengunjung akan disuguhi berbagai pertunjukan seni budaya khas Sunda dari mulai tari-tarian dan yang lainnya.

Selain menikmati kesenian tersebut, para pengunjung pun bisa ikut belajar kesenian tersebut.

Sangat disarankan agar datang ke lokasi ini pada sore hari, karena para pengunjung pengunjung bisa merasakan atmosfir langsung dengan suasananya yang begitu tenang seraya belajar untuk bisa mengapresiasi kekayaan budaya lokal yang ada.

7. Rumah Makan Rindu Alam


Merupakan sesi wisata kuliner yang ada di Karawang, di Rumah Makan Rindu Alam ini para pengunjung disuguhkan beragam hidangan Indonesia yang khas, lezat, dan sehat.

Salah satu menu andalan di rumah makan ini adalah nasi goreng istimewa, menu lainnya juga beragam baik khas masakan Sunda ataupun daerah lain seperti sate ayam khas Madura, serta bakso.

Suasana tempat ini sangat tenang, damai dan juga nyaman. Rumah makan ini memiliki daya tarik berbeda bagi para pengunjung.

Rumah Makan Rindu Alam menjadi destinasi kuliner yang harus dikunjungi oleh pengunjung beserta keluarga besarnya karena menyajikan makanan lezat.

8. Curug Cipanundan


Aksesnya lumayan sulit, tetapi tempat ini mampu menebusnya dengan menawarkan pemandangan alam yang indah serta memanjakan mata.

Curug Cipanundan mempunyai air terjun yang mengalir ke tiga kolam yang berbeda.

Destinasi ini sangat ideal bagi para pecinta alam serta penggemar hiking maupun trekking, karena perjalanan menuju ke sana membutuhkan perjalanan yang cukup menantang.

9. Green Canyon Karawang


Green Canyon Karawang merupakan destinasi wisata yang memikat, yang menawarkan suasana alam yang damai, menenangkan sehingga para pengunjung akan dibuat nyaman saat menghabiskan waktunya di lokasi wisata ini.

Destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi pada waktu akhir pekan karena banyak pengunjungnya hingga ramai. Di lokasi ini banyak ragam spot foto instagramable yang ditawarkan.

10. Pantai Tanjung Pakis


Tempat Wisata di Karawang berikutnya yang juga wisata pantai adalah Pantai Tanjung Pakis.

Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat serta stress setelah seminggu bekerja di ibukota atau terpapar polusi industri.

Keindahan panorama pantainya sangat mencengangkan hingga mampu memberikan kenyamanan pada setiap pengunjung.

Bukan hanya itu, lokasi pantai ini juga didukung dengan berbagai wahana dan fasilitas yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola.

11. Pantai Samudera Baru


Tempat Wisata di Karawang yang terakhir adalah Pantai Samudera Baru.

Tempat ini adalah tempat wisata alternatif lain yang layak dipertimbangkan selain Pantai Tanjung Pakis.

Di pantai ini para pengunjung akan melihat aktivitas masyarakat setempat yang nasih berprofesi sebagai nelayan tradisional.

Nelayan-nelayan ini masih menggantungkan hidupnya pada hasil laut dan juga hasil tambak.

Selain menikmati sejuknya angin pantai, pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana air yang telah disediakan petugas pengelola tempat wisata.

Pantai ini relatif sepi, cocok untuk pengunjung yang sedang ingin menyendiri.

Jadi, itulah 11 Tempat Wisata di Karawang yang masih hits di tahun 2024 ini, dan tentunya sangat cocok untuk dikunjungi sesuai selera?***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.