Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

13 Tempat Wisata di Padang yang Cocok Dikunjungi Pada Saat Liburan

Tempat Wisata di Padang
Pantai Air Manis (Pantai Malin Kundang) - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - tempat wisata di Padang tentunya bisa menjadi destinasi tujuan bagi siapa pun yang hendak menikmati keindahan-keindahan di sekitar Kota Padang.

Tempat Wisata di Padang memilki keberagaman tersendiri dari mulai destinasi wisata bertema alam dengan segala panorama keindahannya, serta juga wisata budaya yang kental akan adat istiadat Minang-nya.

Berhubung Kota Padang secara geografis berbatasan langsung dengan laut, tentunya Tempat Wisata di Padang yang berupa pantai tentunya sangat banyak.

Bukan hanya pantainya saja yang memiliki keindahan tersendiri, beberapa pulau di tengah lautan juga bisa dijadikan destinasi tujuan untuk berwisata bagi para pelancong.

Untuk sampai di pulau tentunya diperlukan sarana transportasi yang memadai, tetapi tenang saja ada banyak perahu sewaan yang bisa mengantar para pengunjung untuk sampai di lokasi tujuan.

Selain pantai dan pulau, Tempat Wisata di Padang juga terdapat objek bangunan bersejarah juga kental dengan tradisi kebudayaannya yang khas.

Tempat Wisata di Padang yang Cocok Dikunjungi untuk Liburan


Ada banyak Tempat Wisata di Padang yang cocok dikunjungi pada saat liburan, beberapa di antaranya telah dirangkum seperti di bawah ini:

1. Objek Wisata Pantai Air Manis


Tempat Wisata di Padang
Pantai Air Manis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Padang yang pertama adalah destinasi wisata yang berupa pesisir pantai yang bernama Pantai Air Manis, yakni pantai yang terkenal dengan legenda Malin Kundang-nya.

Di pantai ini terdapat batu yang diyakini penduduk setempat sebagai manusia yang sedang bersujud dan itu adalah jelmaan Malin Kundang yang dikutuk jadi batu oleh sang ibu.

Bukan hanya itu di pantai ini terdapat batu-batu yang menyerupai pecahan kapal juga menyerupai tali tambang yang biasa dipakai untuk kapal menambatkan diri dermaga.

Fakta inilah yang kian memperkuat keberadaan batu Malin Kundang tersebut.

2. Pantai Padang


Tempat Wisata di Padang
Pantai Padang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Padang yang kedua, masih tidak jauh dengan panorama pantai yang terkenal indah dan cantik, yakni Pantai Padang.

Pantai ini menjadi pantai populer yang banyak dikunjungi wisatawan apalah setelah dibangunnya beberapa fasilitas pendukung oleh pihak pemerintahan setempat.

Yang menjadi daya tarik Pantai Padang selain keindahan suasananya adalah pantai ini memiliki panorama yang indah saat matahari hendak tenggelam di ufuk barat atau fenomena sunset.

3. Objek Wisata Pantai Caroline


Masih dengan destinasi pantainya yang cantik-cantik, Tempat Wisata di Padang berikutnya yang tak kalah mempesonanya adalah Pantai Caroline.

Pantai Caroline atau disebut juga sebagai Pantai Bungus memiliki daya tariknya tersendiri yakni keberadaan hamparan pasir pantai berwarna putihnya yang menakjubkan.

Selain putih, pasir pantai di Pantai Caroline memiliki tekstur yang halus juga putih bersih. Pantai ini memiliki deretan pepohonan yang rindang yang tentunya menjadi bagian dari keindahannya.

4. Objek Wisata Pantai Pasir Jambak


Lokasi pantai ini berada 17 kilometer dari pusat Kota Padang dengan hamparan pantainya yang memiliki kontur sangat luas dengan keadaan yang datar hingga sangat cocok bagi para penyuka sepeda pantai.

Di lokasi pantai ini para pengunjung bisa dengan leluasa untuk berjemur, aktivitas renang, hingga menjelajahi pantai dengan menyewa perahu.

5. Objek Wisata Pantai Nirwana


Pantai yang satu ini letaknya tidak jauh dari lokasi wisata Teluk Bayur yang terkenal itu. Di pantai ini para pengunjung bisa menyaksikan hamparan terumbu karang dan batu-batu koral yang cantik ketika air laut dalam kondisi surut.

Bukan hanya itu, dari Pantai Nirwana ini para penunjung dapat leluasa menyaksikan kapal-kapal yang melaut dan bersandar di Teluk Bayur yang ramai.

6. Objek Wisata Pantai Sako


Berada di Kawasan Bungus Teluk Kabung pantai ini memang kurang terdengar gaungnya bila dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Kota Padang lainnya.

Akan tetapi kalau soal keindahan bentang alamnya, sama sekali tidak bisa diragukan lagi karena selain cantik, mempesona, juga bersih.

Pantai Sako memiliki ombak yang cukup tenang dengan hamparan pasir pantainya yang berwarna cenderung kecokelatan.

Pantai ini tidak terlalu luas karena hanya memiliki luas wilayah sebesar 6.000 meter persegi saja.

7. Jembatan Siti Nurbaya


Tempat Wisata di Padang
Jembatan Siti Nurbaya - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Padang berikutnya yang bergeser dari destinasi seputar pantai, adalah Jembatan Siti Nurbaya yang sangat Ikonik.

Panjang Jembatan Siti Nurbaya membentang sepanjang 156 meter dan berada di atas Sungai Batang Aru yang terhubung ke Gunung Padang.

Sebagai informasi, Gunung Padang sendiri merupakan sebuah tempat yang dijadikan latar belakang kisah Siti Nurbaya tersebut.

Dari atas Jembatan Siti Nurbaya ini para pengunjung bisa menikmati sensasi matahari saat tenggelam di sore hari yang terlihat sangat indah dari jembatan ini.

8. Museum Adityawarman


Bergeser ke wisata sejarah, terdapat Museum Adityawarman yang merupakan museum yang di dalamnya terdapat rekam jejak sejarah Kota Padang di masa lalu.

Di museum ini terdapat banyak benda-benda cagar budaya yang tersimpan rapi sebagai koleksi museum.

Museum Adityawarman bisa dikatakan sebagai Taman Mininya Sumatera Barat karena di tempat inilah segala hal yang berkaitan dengan provinsi ini ada.

Mulai dari Rumah Bagonjong serta barang cagar budaya ikonik lainnya.

9. Masjid Raya Sumatera Barat


Merupakan masjid yang berbentuk Rumah Gadang yang khas dengan sudut lancip di atapnya ala Rumah Minangkabau pada kebanyakannya.

Bukan hanya itu saja yang membuat Masjid Raya Sumatera Barat unik, hal lainnya adalah masjid ini tidak memiliki kubah yang biasa dimiliki oleh setiap bangunan masjid.

Masjid Raya Sumatera memiliki arsitektur berbentuk lonjong dan berdiri di atas luas tanah sebesar 18.000 meter persegi.

10. Taman Siti Nurbaya


Merupakan sebuah taman yang berada di atas ketinggian dan letaknya berada di area Bukit di Gunung Padang yang ikonik sebagai latar belakang cerita legendaris Siti Nurbaya.

Di tempat ini terdapat tumpukan batu yang diyakini merupakan tumpukan batu yang berasal dari makam yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya.

11. Miniatur Bangunan Mekkah


Berdiri di kawasan Masjid Nur Zikrillah, miniatur kota Mekkah ini dibuat sedemikian rupa agar mirip Kota Mekkah.

Di lokasi Miniatur Mekkah ini terdapat juga lokasi tempat berbagai satwa dipamerkan mulai dari ular phyton, ikan besar, juga unta ada di lokasi ini.

12. Kawasan Kota Tua Padang


Lokasi ini menampilkan berbagai bangunan lawas yang masih berdiri dan diperkirakan usia bangunannya sendiri sudah mencapai angka ratusan tahun.

Tempat Wisata di Padang yang satu ini sangat kental dengan konsep wisata budaya serta sejarah, jadi sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah Kota Padang di masa yang lampau.

13. Pulau Pasumpahan


Tempat Wisata di Padang berikutnya merupakan destinasi wisata yang berbentuk wisata alam yakni sebuah pulau.

Pulau Pasumpahan berada di sebelah barat dari Pantai Padang.  Pantai di pulau ini cenderung berwarna putih bersih.

Sementara untuk luas lahan Pulau Pasumpahan ini adalah sekitar 5 hektar.


Tempat Wisata di Padang memang sangat beragam dan 13 destinasi wisata di atas adalah  beberapa di antaranya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.