Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Aplikasi Antivirus untuk Software Komputer Anda Agar Aman dari Malware

Aplikasi Antivirus
G Data Antivirus - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Aplikasi Antivirus tentunya sangat berguna untuk menjaga keamanan komputer Anda dari serangan Malware atau virus komputer lainnya.

Memiliki Aplikasi Antivirus dalak komputer Anda merupakan suatu keharusan.

Tanpa Aplikasi Antivirus yang handal, informasi pribadi, data sensitif, bahkan akun bank Anda dapat menjadi target yang rentan untuk dibobol para siber kriminal.

Ibarat membersihkan rumah dari debu dan kotoran, membersihkan PC dari Malware juga memerlukan perhatian dan tindakan preventif yang juga teratur.

Anda mungkin  tidak ingin meninggalkan Trojan selama berbulan-bulan dalam transaksi perbankan Anda.

Dan jika ransomware mengenkripsi dokumen penting Anda, tidak ada yang bisa mengembalikannya ke kondisi semula dan ini tentunya berisiko.

Oleh karena  hal tersebut, keberadaan aplikasi antivirus yang andal dan efektif menjadi sangat penting sepanjang penggunaan komputer.

Setidaknya ada puluhan aplikasi antivirus yang beredar di pasaran digital yang menawarkan berbagai nilai plus dan kelebihan masing-masing dan tentunya bisa jadi pilihan yang paling sesuai dengan preferensi Anda, tentunya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Paling Diminati

Aplikasi Antivirus untuk Keamanan Komouter Anda


Jika Anda sudah memiliki antivirus sendiri, tidak salah untuk mencoba aplikasi antivirus yang akan ditawarkan dalam bahasan kali ini.

Dengan menjaga keamanan komputer Anda, Anda tidak hanya melindungi diri Anda dari potensi ancaman yang merusak, tetapi juga menjaga kelancaran aktivitas digital Anda sehari-hari.

Jadi, rekomendasi Aplikasi Antivirus berikut bisa jadi akan jadi pilihan Anda berikutnya.


1. Aplikasi Bitdefender


Aplikasi Antivirus
Bitfender Antivirus - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Aplikasi Antivirus yang pertama adalah Bitfender.

Bitdefender Antivirus Plus tidak hanya menawarkan perlindungan dasar dari virus, tetapi juga beragam fitur tambahan lainnya yang bisa membuatnya menjadi pilihan unggul dalam ranah utilitas antivirus.

Di luar fungsi antivirus tradisional, "Plus" dalam namanya menandakan sejumlah fitur tambahan yang dikhususkan untuk memperkuat keamanan digital Anda.

Dari perlindungan ransomware yang tangguh hingga browser khusus untuk transaksi keuangan yang aman serta perlindungan VPN untuk koneksi online Anda, Bitdefender Antivirus Plus tentu saja bisa melampaui harapan.

Hal kni juga mencakup alat untuk melawan pelacak iklan, deteksi otomatis kerentanan patch keamanan, serta gangguan lainnya.

Meskipun dikategorikan sebagai program antivirus, rangkaian fitur yang luas ini menyaingi suite keamanan secara komprehensif.

BACA JUGA: Buktikan Sendiri! 7 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat Tahun 2023

Selain rangkaian fitur yang luas, Bitdefender Antivirus Plus juga memiliki unggul dalam kinerja.

Laboratorium pengujian independen secara konsisten memberinya skor sempurna atau mendekati sempurna, dan aplikasi ini tampil sangat baik dalam pengujian dunia nyata.

Sistem pertahanan khususnya terhadap ransomware telah terbukti efektif, sehingga memberikan pengguna ketenangan pikiran.

Selain itu, Bitdefender Antivirus Plus memiliki fitur Autopilot, yang bisa memastikan bahwa semua langkah keamanan ini diimplementasikan dengan cara benar dab lancar dengan intervensi pengguna yang minimal.

Meskipun ada beberapa kelemahan kecil, seperti pemindaian penuh pertama setelah instalasi yang lambat juga kebutuhan untuk pembayaran tambahan untuk penggunaan VPN tanpa batas, keunggulan program dalam perlindungan antivirus secara keseluruhan mengatasi hal-hal tersebut.


2. Aplikasi Norton


Aplikasi Antivirus
Norton Antivirus - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Aplikasi Antivirus yang kedua adalah Norton yang merupakan salah satu dari tiga perusahaan antivirus yang bisa Anda sebut secara cepat.

Kemampuan antivirus Norton tentunya telah berkembang selama beberapa dekade, dan Norton AntiVirus Plus merupakan puncak dari hasil evolusi tersebut.

Program ini mendapatkan skor yang sangat baik dari laboratorium independen dan berhasil dalam banyak pengujian langsung, termasuk pengujian dengan menggunakan beberapa contoh ransomware dunia nyata.

Akan tetapi, aplikasi ini tidak hanya tentang antivirus. Firewall-nya melindungi terhadap serangan dari luar dan juga kebocoran dari dalam tanpa mengganggu pengguna dengan pertanyaan popup yang membingungkan.

Modul terpisah meningkatkan perlindungan firewall dengan mendeteksi dan memblokir serangan eksploitasi dari sumber lain.

BACA JUGA: 4 Aplikasi Perekam Suara Populer yang Memiliki Kualitas yang Prima

Kemudian ada fitur bonus lainnya termasuk sistem pencadangan yang dapat menyimpan arsip file Anda secara lokal ataupun dalam penyimpanan online yang disediakan, filter spam untuk mereka yang masih memerlukannya, alat pembaruan perangkat lunak, juga lainnya.

Dulu, Norton hanya dapat melindungi satu perangkat Windows. Akan tetapi seiring perkembangan hingga sekarang, Anda bisa memperoleh langganan lima perangkat untuk melindungi perangkat Windows, macOS, Android, dan iOS Anda.

Hal ini tentunya membuat aplikasi ini semakin menarik.

3. Aplikasi McAfee


Aplikasi Antivirus
McAfee Antivirus - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Aplikasi Antivirus berikutnya adalah McAfee, yang tidak lagi menawarkan perlindungan antivirus lintas platform seperti yang ada pada McAfee AntiVirus Plus, tetapi McAfee AntiVirus dasar adalah pilihan yang kuat untuk satu PC Windows.

Laboratorium independen sangat mengagumi teknologi pemerang melawan malware McAfee.

McAfee mendapatkan skor sangat baik dalam pengujian langsung. Dan aplikasi melampaui fitur dasar antivirus dengan sistem perlindungan ransomware, firewall sederhana, sistem untuk menghalangi cryptojacking, dan juga lainnya.

Kendatipun hanya melindungi satu perangkat Windows, McAfee AntiVirus tetap menjadi pilihan yang menarik berkat teknologi canggihnya dalam melawan malware dan beragam fitur tambahan yang berguna.

4. Aplikasi G Data Antivirus


Aplikasi Antivirus selamjutnya adalah G Data.

Situs web G Data menyatakan bahwa G Data merilis program antivirus pertama pada tahun 1985.

Apakah itu benar-benar yang pertama atau tidak, G Data Antivirus memiliki sejarah panjang dan berpengaruh.

AV-Test secara rutin memberikannya peringkat tertinggi yang mungkin, sementara skornya dalam pengujian oleh AV-Comparatives berkisar dari lulus hingga sempurna.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penghasil Pulsa yang Masih Aman dan Konsisten Memberikan Bonus

G Data mendekati skor maksimal dalam pengujian yang mencakup perlindungan malware dan pertahanan terhadap unduhan berbahaya.

Selama evolusinya, alat antivirus ini telah mengumpulkan banyak alat keamanan tambahan.

Dengan antivirus reguler yang dinonaktifkan, lapisan perlindungan ransomware berbasis perilaku berhasil mendeteksi setengah dari sampel yang diuji.

Komponen deteksi eksploitasi mencetak skor lebih baik dari kebanyakan pesaing dalam pengujian.

Fitur bonus lainnya ini meliputi penyaringan spam, perlindungan BankGuard untuk transaksi keuangan, pertahanan aktif terhadap keylogger, atau kontrol yang halus terhadap program-program yang berjalan saat startup berlangsung.

Dari keempat Aplikasi Antivirus di atas, kira-kira mana yang sesuai  harapan Anda? Tentunya harus dilakukan percobaan terlebih dahulu secara pribadi.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.