Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Cara Cek IP Address pada Windows 10 yang Mudah Dilakukan

IP Address
Cara Cek IP Address - SwaraWarta.co.id (Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Ada beberapa Cara Cek IP Address yang bisa dilakukan pada Windows 10 Anda, akan tetapi sebelumnya kita bahas sahulu apa itu IP Address.

IP Address atau Alamat IP (Internet Protocol) merupakan serangkaian karakter unik yang bisa membantu identifikasi setiap perangkat dalam sebuah jaringan, dan Cara Cek IP Address tentu bisa dilakukan.

Sangat mirip dengan alamat konvensional, IP Address digunakan untuk menghubungkan koneksi internet atau jaringan WiFi.

Tentunya sangat penting untuk memahami peran IP Address dalam pengaturan jaringan karena bisa digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari aktivasi gaming hingga keamanan cyber.

Dalam dunia gaming, IP Address sering digunakan untuk mengelola koneksi online, yang tentunya memungkinkan pemain untuk berpartisipasi dalam permainan multiplayer atau mendapatkan akses ke server tertentu.

IP Address juga bisa digunakan dalam pengaturan keamanan cyber, di mana pemantauan aktivitas jaringan bisa membantu mendeteksi serangan siber atau kegiatan mencurigakan lainnya pada jaringan yang sedang digunakan.

Bukan hanya itu saja, IP Address juga diperlukan dalam komputasi desktop jarak jauh (remote desktop computing), yang memungkinkan akses menuju komputer atau sistem lain melalui satu jaringan.

Melalui langkah-langkah yang cukup sederhana, para pengguna bisa cek IP Address perangkat mereka. 

Dengan mengetahui IP Address, biasanya pengguna dapat memantau koneksi jaringan mereka sendiri, untuk kemudian menyesuaikan pengaturan keamanan, atau bahkan mengidentifikasi masalah koneksi jaringan yang ada.

BACA JUGA: Cara Mencari Free Wifi Terdekat dengan Mudah dan Cepat, Tertarik Mencoba?

Cara Cek IP Address


IP Address
Cara Cek IP Address - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada beberapa Cara Cek IP Address, seperti berikut:

1. Memakai Mesin Pencari Google


Cara Cek IP Address yang pertama adalah dengan melakukan pencarian di mesin telusur seperti Google.

Anda juga bisa mencoba melakukannya dengan mesin telusur lainnya seperti Bing ataupun Yahoo, atau bagi yang membutuhkan privasi bisa menggunakan Duck Duck Go.

Adapun langkah-langkahnya sederhana yang bisa diambil adalah: yang pertama ketikkan "What's my IP address" di bilah pencarian Google, lantas tekan Enter, setelahnya Anda sekarang akan melihat IP Address publik Anda.

2. Menggunakan Privacy VPN


Cara Cek IP Address berikutnya adalah dengan mengunjungi halaman Malwarebytes Privacy VPN atau lainnya.

Anda akan bisa melihat IP Address Anda di bagian atas layar, dan langkah-langkah sederhananya adalah: pertama dengan membuka halaman Malwarebytes Privacy VPN, kemudian Anda akan melihat IP Address Anda di bagian atas layar, bersama dengan informasi tentang ISP dan juga lokasi umum Anda.

Melalui layanan Privacy VPN ini, Anda bisa dengan cepat memeriksa IP Address Anda serta informasi tambahan tentang penyedia layanan internet dan lokasi umum Anda.

Hal ini tentunya berguna untuk memahami bagaimana data Anda berinteraksi dengan internet dan memberikan kesadaran terhadap privasi online Anda.

3. Menggunakan Command Prompt


IP Address
Cara Cek IP Address - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Cara Cek IP Address berikutnya adalah dengan Command Prompt yang merupakan aplikasi interpreter baris perintah di Windows 10 yang menggunakan interface pengguna berbasis teks.

Meskipun tampilannya lebih sederhana daripada interface grafis, banyak pengguna menghargai kecepatan serta kemudahan penggunaannya, terutama untuk tugas-tugas yang bersifat teknis.

Untuk menemukan IP Address, Anda dapat menggunakan opsi Command Prompt, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhananya, yakni:

Pertama, buka aplikasi dengan menekan tombol Windows dan mengetik "Command Prompt" di bilah pencarian. Selanjutnya, buka aplikasi yang muncul dalam hasil pencarian.

BACA JUGA: Daftar Harga Kuota Telkomsel, Mulai dari yang Paling Murah hingga Mahal!

Setelah Command Prompt terbuka, Anda bisa mengetikkan perintah "nslookup myip.opendns.com resolver1.opendns.com" tanpa tanda kutip kemudian lakukan untuk menekan Enter.

Hal ini tentunya akan mengembalikan IP Address publik Anda, yang merupakan informasi penting untuk memantau dan mengelola koneksi internet Anda.

Penggunaan Command Prompt untuk memeriksa IP Address merupakan salah satu dari beberapa metode yang tersedia.

Anda juga bisa menggunakan Command Prompt untuk melihat IP Address yang bersifat privat Anda dengan sangat mudah.

Untuk langkah pertamanya, buka dahulu Command Prompt dengan menekan tombol Windows untuk kemudian mengetik "Command Prompt" di bilah pencarian. Setelah itu, buka aplikasi yang muncul dalam hasil pencarian.

Ketika Command Prompt terbuka, lanjut ketik "ipconfig" tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

Hal ini akan menampilkan informasi tentang koneksi jaringan Anda, termasuk IP Address privat Anda. Informasi ini penting untuk pengaturan jaringan lokal dan memantau koneksi internet Anda.

Penggunaan opsi Command Prompt untuk melihat IP Address privat Anda tentunya memberikan cara yang cepat dan efisien untuk memperoleh informasi tentang koneksi jaringan yang Anda gunakan.

Dengan mengetahui IP Address privat Anda, Anda tentunya dapat mengelola pengaturan jaringan serta memecahkan masalah koneksi dengan lebih baik.

BACA JUGA: Jaringan XL Lemot? Ini Dia Solusinya!

4. Menggunakan Control Panel


Cara Cek IP Address berikutnya adalah dengan menggunakan Control Panel untuk menemukan IP Address komputer Anda, meskipun aplikasi ini secara bertahap digantikan oleh aplikasi Pengaturan.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama adalah dengan membuka Control Panel. Anda bisa melakukan ini dengan menekan tombol Windows serta mengetik "Control Panel" di bilah pencarian, lalu membuka aplikasi yang sudah muncul.

Setelah Control Panel terbuka, kemudian cari dan klik opsi "Network and Internet". Di dalamnya, Anda akan menemukan opsi "Network and Sharing Center". Lalu klik opsi ini untuk melanjutkan.

Untuk selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman "Network and Sharing Center". Pada bagian panel sebelah kiri, ada opsi "Change adapter settings". Di sisin coba klik di untuk melihat daftar koneksi jaringan yang tersedia pada komputer Anda.

Setelah itu, klik kanan pada koneksi yang sedang Anda gunakan, biasanya disebut "Ethernet" untuk koneksi kabel atau "Wi-Fi" untuk koneksi nirkabel.

Kemudian, pilih opsi "Details" dari menu yang muncul.

Di jendela "Details", Anda akan melihat berbagai informasi tentang koneksi jaringan Anda, termasuk IP Address komputer Anda.

Dengan menggunakan Control Panel, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi tentang alamat IP komputer Anda.

BACA JUGA: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Lagi Trend di Tahun 2024

Menyembunyikan alamat IP Anda bisa menjadi langkah yang bijaksana untuk melindungi privasi dan keamanan online Anda.

Alamat IP Anda mengidentifikasi lokasi umum Anda di dunia daring, yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memulai penipuan atau mengumpulkan informasi tambahan tentang Anda.

Itulah empat Cara Cek IP Address yang bisa dilakukan pada Windows 10 Anda.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.