Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Cara Membuat File PDF di Ponsel yang Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Aplikasi PDF
Aplikasi PDF - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Cara Membuat File PDF di ponsel bukanlah suatu hal yang sulit, apalagi untuk saat ini yang hampir keseluruhan aktivitas digital dilakukan di Ponsel.

PDF sendiri secara memiliki kepanjangan kata dari Portable Document Format, yang merupakan format file yang umum digunakan untuk keperluan formal, seperti dokumen aplikasi pekerjaan atau pendaftaran sekolah.

Cara Membuat File PDF di ponsel memiliki tahapan tersendiri, adapun keunggulan utama PDF sendiri adalah soal fleksibilitasnya, kemampuan untuk diedit, dan kemampuan untuk mengunci dokumen.

Saat ini, membuat file PDF dari ponsel atau telepon genggam sangatlah mudah dan sederhana.

Dengan popularitas perangkat mobile yang semakin meningkat, banyak orang di era sekarang memilih untuk melakukan berbagai tugas, termasuk pembuatan dokumen, dengan menggunakan ponsel mereka.

Proses membuat file PDF dari ponsel hampir sama mudahnya dengan menggunakan komputer maupun Laptop.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat file PDF dari ponsel, yang salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia secara gratis ataupun berbayar di toko aplikasi ponsel Anda.

Aplikasi semacam itu seringkali memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan pengerjaan pembuatan PDF Anda.

Fitur-fitur yang ada termasuk di dalamnya untuk membuat, mengedit, serta mengelola file PDF dengan cepat dan mudah.

Bukan hanya itu, ada beberapa ponsel yang juga dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk membuat file PDF tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya.

Fitur yang dimaksud ini biasanya bisa diakses melalui menu "Print" atau "Share" pada ponsel Anda.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penghasil Pulsa yang Masih Aman dan Konsisten Memberikan Bonus

Cara Membuat File PDF Melalui Ponsel


Anda hanya cukup memilih opsi untuk mencetak atau berbagi dokumen, untuk  kemudian memilih opsi "Save as PDF" atau "Export to PDF" dari menu yang muncul di opsi.

Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat file PDF langsung dari ponsel Anda, tanpa harus menggunakan komputer atau laptop.

Berikut adalah beberapa Cara Membuat File PDF di ponsel dengan mudah dan sederhana dengan beberapa aplikasi yang biasanya merupakan aplikasi bawaan dari ponselnya sendiri maupun aplikasi sederhana yang bisa diunduh dengan ukuran file apk kecil.

1. Dengan Menggunakan Google Docs


Cara Membuat File PDF
Google Docs - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Cara Membuat file PDF untuk yang pertama dengan menggunakan Google Docs, merupakan proses yang mudah dan efisien.

Pertama-pertama yang harus dilakukan oleh pemilik ponsel adalah dengan membuka aplikasi Google Docs yang biasanya sudah tersedia di ponsel kemudian login ke akun Google Anda.

Setelah itu, Anda dapat membuat dokumen baru dengan mengetuk tombol tambah (+) di layar atau memilih opsi "Dokumen Baru" dari menu utama.

Setelah dokumen berhasil dibuat, Anda bisa mulai mengetikkan konten atau mengimpor dokumen yang sudah ada.

Setelah selesai proses pengeditan dokumen, selanjutnya adalah dengan mengetuk ikon tiga titik yang letaknya di pojok kanan atas layar untuk membuka menu opsi yang tersedia.

Di sini, pilih opsi "Share & Export" untuk melanjutkan.

Selanjutnya, pilih opsi "Save As" dari menu yang muncul, dan kemudian pilih "PDF Document".

BACA JUGA: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Paling Diminati

Google Docs akan mulai mengonversi dokumen Anda menjadi file PDF. Pada tahap ini Anda dapat menyesuaikan pengaturan atau nama file jika diperlukan sebelum menyimpannya.

Setelah proses selesai, file PDF akan tersimpan di perangkat Anda dan siap untuk dibagikan atau dicetak sesuai kebutuhan Anda.

Proses ini memungkinkan Anda untuk membuat file PDF langsung dari ponsel Anda tanpa perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi tambahan, sehingga menjadikannya cara yang praktis dan efisien untuk mengelola dokumen formal.

2. Dengan Menggunakan Google Drive


Cara Membuat File PDF
Google Drive - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Membuat file PDF dengan menggunakan Google Drive di ponsel Android sangatlah mudah.

Untuk proses awalnya hanya dengan membuka aplikasi Google Drive yang tersedia di ponsel, kemudian login ke akun Google Anda.

Kemudian, di layar utama, cari tombol tambah (+) biasanya ada di bagian pojok kanan bawah dan ketuk untuk membuat dokumen baru.

Setelah itu kemudian pilih opsi "Scan" dari menu yang muncul dan arahkan kamera ponsel Anda ke dokumen yang ingin Anda konversi menjadi PDF.

Setelah proses pemindaian selesai, kemudian ketuk "Oke" untuk melanjutkan.

Untuk tahap yang terakhir adalah dengan mengklik pilihan "Simpan" untuk menyimpan dokumen dalam format PDF di Google Drive.

Untuk mengunduh file PDF yang telah dibuat, cukup pilih file yang ingin diunduh, lalu ketuk menu titik tiga di pojok kanan atas layar, lalu pilih opsi "Download".

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat dan mengelola file PDF langsung dari ponsel Anda menggunakan Google Drive, tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

BACA JUGA: Buktikan Sendiri! 7 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat Tahun 2023

3. Dengan Menggunakan Microsoft Word


Cara Membuat File PDF berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word yang umumnya juga telah tersedia di ponsel versi terbaru Anda.

Langkah-langkah yang bisa diambil adalah sebagai berikut: pertama, buka aplikasi Microsoft Word, kemudian ketik teks atau buka dokumen yang ingin diubah menjadi PDF.

Pada tampilan di pojok kanan atas layar, cobalah untuk mengetuk ikon titik tiga tersebut, lantas pilih opsi yang tulisannya "Share as PDF" atau "Bagikan sebagai PDF".

Kemudian tentukan lokasi penyimpanan internal dan terakhir, klik menu "Simpan" untuk menyimpan file PDF.

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat file PDF langsung dari ponsel Anda hanya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, tanpa perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi tambahan.

4. Menggunakan WPS Office


Cara Membuat File PDF
WPS Office - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Cara Membuat File PDF berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi WPS Office di perangkat seluler Anda.

WPS Office, merupakan aplikasi sederhana yang mirip dengan Microsoft Word, yang tentunya menyediakan berbagai fitur untuk menulis teks, membuat presentasi, dan mengedit PDF.

Langkah-langkah sederhana yang bisa diambil adalah: unduh dan buka aplikasi WPS Office di perangkat Anda.

Kemudian, ketuk ikon "+" untuk membuat dokumen baru atau buka file yang sudah ada dengan memilih "Document".

Setelah selesai mengedit dokumen tersebut, arahkan kursor Anda ke pojok layar, lalu pilih menu "Save".

BACA JUGA: 4 Aplikasi Perekam Suara Populer yang Memiliki Kualitas yang Prima

Dalam menu penyimpanan, pilih opsi PDF dari daftar jenis file yang tersedia.

Tentukan lokasi penyimpanan di perangkat Anda, dan terakhir, ketuk "Ekspor ke PDF" untuk menyimpan dokumen dalam format PDF.

Dengan langkah-langkah ini, Anda tentunya dapat membuat file PDF langsung dari ponsel Anda menggunakan aplikasi WPS Office.

5. Menggunakan Scan iPhone


Berikutnya, Cara Membuat File PDF dengan ponsel berikutnya dengan menggunakan fitur "Scan" yang tersedia di ponsel iPhone.

Langkah-langkahnya sederhana:

Buka aplikasi "Notes" di iPhone dan buat catatan baru. Tambahkan dokumen yang ingin Anda ubah menjadi PDF ke dalam catatan.

Gunakan ikon kamera di aplikasi untuk memindai atau memfotokan dokumen. Letakkan dokumen di depan kamera dan mulai proses pemindaian.

Setelah selesai, pilih opsi "Save" untuk menyimpan dokumen.

Dengan proses ini, Anda tentunya bisa dengan mudah membuat file PDF langsung dari ponsel iPhone Anda dengan menggunakan aplikasi Notes dan fitur "Scan".

Proses ini memungkinkan Anda untuk mengonversi dokumen fisik menjadi format PDF tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.