Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Danau Tamblingan dan 11 Hal Unik yang Menarik untuk Diketahui

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Instagram @ririnevamulyawati)


SwaraWarta.co.id - Danau Tamblingan dan Danau Buyan sering kali dijuluki sebagai "Twin Lake" atau danau kembar karena kedua danau memiliki lokasi yang berdekatan, juga memiliki proses terbentuknya kedua danau tersebut mirip-miripyang serupa.

Kedua danau ini baik Danau Tamblingan maupun Danau Buyan sama-sama memiliki pesona yang mempunyai daya tarik bagi para wisatawan dengan keindahan alamnya yang tak kalah cantik dibandingkan dengan Danau lainnya.

Danau Tamblingan juga sering dijadikan tempat berkemah oleh para pengunjung.

Selain dikenal dengan keindahan panorama alamnya, air Danau Tamblingan dianggap suci oleh masyarakat setempat juga dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam prosesi pengobatan penyakit.

Pesona danau ini cukup menarik perhatian banyak wisatasan dan juga mampu bersaing dengan daya tarik destinasi wisata populer lainnya yang ada di Bali.

Keberadaan Danau Tamblingan dan Danau Buyan tentunya menjadi tambahan keindahan dalam lanskap alam Pulau Dewata.

Beberapa Hal Menarik yang Ada di Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Instagram @ririnevamulyawati)



Banyak hal menarik yang bisa diambil saat memutuskan untuk berwisata di Danau Tamblingan, dengan beberapa hal termasuk di antaranya:

1. Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Pemandangan di sekitar Danau Tamblingan dan Danau Buyan sangat menakjubkan, di mana hamparan air yang tenang berpadu dengan kerimbunan pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi yang tumbuh di sekitar danau.

Kemudian keindahan lain juga dikarenakan kedua danau ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang berdiri kokoh sehingga mampu memperkaya keindahan alamnya.

2. Dijadikan Tempat Berkemah

Hal berikutnya yang menarik dari Danau Tamblingan adalah banyaknya wisatawan yang tertarik untuk berkemah di sekitar Danau Tamblingan karena suasana alamnya yang sejuk serta udaranya  yang begitu segar.

Aktivitas mendirikan tenda di sekitar danau ini tentunya menanbahka  pengalaman berharga bagi para pengunjung yang datang di destinasi wisata ini.


3. Air Danau Tamblingan Diyakini Memiliki Kekuatan Mistis

Di kawasan ini, masyarakat setempat percaya bahwa air Danau Tamblingan memiliki khasiat mistis yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hal ini tentu saja semakin menambah daya tarik danau ini sebagai tempat ziarah spiritual dan meditasi.

4. Digemari Wisatawan Asing

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Instagram @ririnevamulyawati)



Daya tarik lain dari destinasi wisata ini adalsh keindahan Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang bukan hanya menarik bagi wisatawan domestik tetapi juga mampu menarik minat wisatawan yang beeasal dark mancanegara yang sedang datang ke Bali.

Kedua danau ini benar-benar menampilkan pemandangan dan panorama alamnya yang sangat memukau serta pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjung yang datang.

5. Bisa Dijadikan Tempat Aktivitas Trekking maupun hiking

Bagi para pecinta dunia petualangan serta yang sangat aware terhadap lingkungan, para pecinta pecinta akan sangat leluasa menjelajahi sekitar danau untuk mencari kepuasan.

Lokasinya yang dikelilingi oleh hutan-hutan yang lebat serta jalur-jalur trekking yang menantang, kedua danau ini menawarkan petualangan yang seru bagi para pengunjungnya.

Dengan keunikan dan keindahan alamnya, Danau Tamblingan dan Danau Buyan telah menjadi salah satu daya tarik utama di Bali.

Kedua danau telah memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi setiap pengunjung yang datang berekreasi di lokasi ini.

6. Sejarah Unik Danau Tamblingan

Menurut catatan sejarah, pada mulanya, Danau Tamblingan dan Danau Buyan merupakan satu bagian dari sebuah kaldera raksasa yang terbentuk dari Gunung Lesung bersama Danau Beratan.

Akan tetapi, pada waktu peristiwa letusan dan longsor ribuan tahun yang lalu memecah kaldera tersebut, pada perkembangan selanjutnya mampu membentuk kembali dua danau yang awalnya terpisah.

Namun pada kenyataannya, meskipun terpisah, Danau Tamblingan dan Danau Buyan tetap posisinya sangat berdekatan dan masih terhubung melalui kanal kecil yang dikenal sebagai Telaga Aya oleh masyarakat setempat.

Telaga Aya merupakan sebuah saksi bisu dari sejarah geologis kemunculan danau-danau tersebut.

7. Luas Areal Danau

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Instagram @ririnevamulyawati)



Bila dibandingkan dengan Danau Buyan dan Danau Beratan, Danau Tamblingan memiliki ukuran luas danau yang jauh lebih kecil.

Luasnya danau ini hanya sekitar 190 hektar serta dengan memiliki kedalaman mencapai angka 90 meter.

Meskipun demikian, keindahan dan keunikan Danau Tamblingan tetap mampu memikat hati para pengunjungnya.

8. Keterhubungan Danau Aya dengan Danau Tamblingan

Ada satu telaga yang unik dan merupakan salah satu telaga terpopuler adalah Telaga Aya, yang merupakan destinasi  penghubung antara Danau Tamblingan dan Danau Buyan, menjadi bagian penting dalam ekosistem danau-danau tersebut.

Selain sebagai saluran air, Telaga Aya juga menyimpan banyak sejumlah dengan banyak cerita dan banyak kepercayaan masyarakat indah sekitar.

Keberadaan Telaga Aya yang tidak kalah cantik ini menjadi bukti akan kekuatan alam yang maha dahsyat.

Meskipun hanya berupa sebuah kanal kecil, perannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem danau-danau di sekitarnya sangatlah penting.


9. Pesona dan Daya Tarik

Secara luar biasa, meskipun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, Danau Tamblingan memiliki pesona dan daya tarik sendiri yang tidak terlupakan oleh para pengunjungnya.

Keindahan alam danau ini yang memukau serta suasana destinasi wisatanya yang tenang membuatnya menjadi objek wisata yang sangat populer bagi para wisatawan yang mencari kedamaian.

Dengan panorama pemandangan yang menakjubkan dan keunikan sejarahnya, Danau Tamblingan dan Danau Buyan menjadi tujuan favorit bagi para petualang dan pencinta alam baik lokal, luar kota, hingga para pejabatnya.

Menelusuri Telaga Aya dan menyaksikan keindahan alam di sekitarnya merupakan pengalaman yang tidak bakal bisa terlupakan.

10. Kedalaman Dasar Danau

Kedalaman Danau Tamblingan dari permukaan hingga ke bawah, mencapai 90 meter ysng tentu saja akan bisa menambah misteri danau ini.

Airnya yang sangat bening dengan warna-warni alam di sekitarnya mampu menciptakan bentang alam yang sangat menakjubkan bagi para pengunjung.

Pesonanya yang memikat tidak hanya menciptakan kenangan indah bagi para pengunjung, tetapi juga memberikan penghormatan kepada keajaiban alam.


11. Asal Mula Nama Danau Tamblingan

Nama Danau Tamblingan sendiri berasal dari gabungan unsur dua kata, yaknj "Tamba" yang berarti obat, dan juga "Elingang" yang berarti ingat.

Pemberian nama ini tentunya masih terkait dengan kisah legenda atau cerita rakyat yang tersebar di masyarakat tentang asal usul terbentuknya danau tersebut.

Menurut cerita yang beredar, pada abad ke-10 hingga ke-14 Masehi, kawasan sekitar Danau Tamblingan dulunya merupakan pemukiman yang padat dab ramai.

Akan tetapi, suatu saat terjadi serangan wabah yang memaksa semua penduduk untuk mengungsi ke desa-desa di sekitarnya untuk menghindari penyebaran virus tersebut.

Untuk mengatasi wabah tersebut, kala itu seseorang yang dipercaya ditunjuk untuk mengambil air dari danau kecil di kaki gunung dekat desa.

Setelah pemuda itu disucikan dan membawa air yang telah didoakan ke penduduk desa, lambat-laun kemudian wabah tersebut akhirnya menghilang dengan sendirinya.

Dari peristiwa tersebut, danau tersebut kemudian diberi nama sebagai Tamba Elingang, dan kemudian bergeser menjadi nama Danau Tamblingan.

Cerita ini juga menjadi alasan mengapa terdapat banyak bangunan pura yang ada di sekitar Danau Tamblingan.

Hingga saat ini, masyarakat yang tinggal di kawasan Catur Desa seperti Desa Munduk, Gesing, Umerejo, serta Goblek masih mempercayai dan menjaga kesucian danau tersebut.

Mereka kemudian yang sering melakukan upacara adat di pura yang tersebar di sekitar danau untuk menghormati Dewi Danu atas berkahnya.

Itulah 11 hal unik Danau Tamblingan yang pesonanya hingga saat ini masih indah dan damai.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.