Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Waspada! Easycash Penipu, Ini Modusnya!

 

Waspada! Easycash Penipu, Ini Modusnya!
Aplikasi pinjaman online Easycash (Dok. Istimewa)
Swarawarta.co.id - Belakangan ini, marak laporan mengenai kasus penipuan Easycash. Padahal aplikasi ini awalnya aman digunakan. 

Kabar tersebut tentunya membuat kita khawatir dan harus lebih berhati-hati dalam menghadapi penawaran pinjaman online. 

Namun, perlu diingatkan bahwa aplikasi pinjaman online Easycash tidak terlibat dalam penipuan ini. 

Yang terlibat hanyalah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan nama Easycash untuk menipu orang. 

Penipuan ini dilakukan dengan berbagai cara, dan para penipu seringkali menggunakan trik-trik untuk menarik perhatian dan memancing korban.

Para pelaku penipuan ini seringkali menghubungi korban secara langsung dan berpura-pura sebagai perwakilan resmi dari Easycash. 

Mereka menggunakan berbagai alasan yang meyakinkan untuk mempengaruhi korban agar percaya bahwa mereka adalah bagian dari Easycash. 

Modus Penipuan Easycash Secara Umum

Waspada! Easycash Penipu, Ini Modusnya!
Aplikasi pinjaman online Easycash (Dok. Istimewa)

Modus penipuan ini sangat beragam, mulai dari modus pencairan ganda hingga meminta kode OTP. Berikut modus penipuan Easycash secara lengkap:

1. Pencairan Ganda

Para penipu akan menghubungi korban dan mengatakan bahwa Easycash telah mencairkan dana dua kali, lalu meminta korban untuk mengembalikan uang tersebut agar tidak terjadi double penagihan. 

Namun, perlu diingat bahwa Easycash tidak akan pernah meminta kamu mengembalikan uang sebelum jatuh tempo, dan pencairan ganda serta penagihan ganda hanyalah tipu daya dari penipu.

2. Menjadikan Easycash sebagai media pengambilan hadiah dari Platform lain

Selain itu, terdapat modus penipuan lain yang digunakan oleh para penipu, yaitu modus menjadikan Easycash sebagai media pengambilan hadiah dari platform lain. 

Penipu akan menyarankan korban untuk mengunduh aplikasi Easycash untuk mengambil hadiah, lalu menyarankan korban untuk mentransfer dana pinjaman dari Easycash. 

Namun, perlu diingat bahwa Easycash tidak pernah bekerjasama dengan platform media apapun dalam pemberian hadiah.

3. Meminta Kode OTP 

Selanjutnya, terdapat modus penipuan dengan meminta kode OTP. Penipu akan mencoba mendapatkan kode OTP dari korban dengan berbagai alasan. 

Ingatlah bahwa Easycash tidak pernah meminta kode OTP darimu, jadi jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapa pun.

4. Meminta transfer ke nomor rekening berbeda

Selain itu, para penipu juga sering meminta transfer ke nomor rekening yang berbeda. Mereka akan meminta korban untuk mentransfer dana ke nomor rekening selain nomor virtual account yang tersedia di aplikasi Easycash. 

Pastikan selalu kamu melakukan pembayaran ke nomor virtual account yang terdapat pada akun Easycash kamu.

5. Menghubungi dengan Nomor Mencurigakan 

Terakhir, penipu seringkali akan menghubungi dengan nomor dan email mencurigakan. Mereka akan menggunakan nomor whatsapp asing dan berpura-pura sebagai customer service Easycash. 

Pastikan nomor whatsapp atau email yang menghubungi kamu berasal dari customer service resmi Easycash.

Untuk menghindari modus-modus penipuan di atas, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan seperti tidak memberikan kode OTP atau password Easycash kamu kepada orang lain.

Selain itu hindari membuka link mencurigakan yang dikirimkan oleh pihak selain Easycash, dan selalu memastikan nomor virtual account yang kamu gunakan. 

Selalu konfirmasi kebenaran setiap informasi yang kamu terima melalui layanan email atau telepon customer service Easycash, dan jangan lupa waspada terhadap penipuan agar tidak menjadi korban.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter