Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Berguna Bagi Kehidupan Kita Sebagai Umat yang Taat

Surat Ar Rahman
Surat Ar Rahman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Keutamaan Surat Ar Rahman mencakup banyak hal dalam keterhubungan manusia dengan cinta kasihnya kepada Allah SWT, kepada makhluk lainnya, dan hal lainnya.

Keutamaan Surat Ar Rahman mencakup sebuah perjalanan mendalam melalui ayat-ayat yang menggugah hati, menyentuh jiwa, serta bisa mengingatkan akan nikmat-nikmat Allah yang tiada terhitung jumlahnya.

Surat Ar Rahman adalah Surat Makiyah, yakni surat yang turunnya saat Nabi Muhammad SAW sedang tinggal di Kota Mekkah.

Dari setiap ayat yang ditulis, kita, sebagai umat Islam akan dipandu untuk melihat betapa indahnya ciptaan-Nya, merasakan kasih sayang-Nya, juga bisa menghargai nikmat-Nya yang tak terhingga.

Dalam Ar Rahman terdapat pengulangan ayat, "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"

Tentunya menjadi hal utama yang menggetarkan hati, mengajak kita untuk selalu merenungkan setiap anugerah yang telah diberikan Allah.

Membaca Surat Ar-Rahman di waktu senggang menjadi sebuah perenungan yang mendalam.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari membaca surat ini yang melampaui batas dunia, yang mencakup di dalamnya banyak pahala yang tiada terhingga di akhirat kelak.

Membaca Surat Ar-Rahman tidak sekadar ritual dan kebiasaan semata, melainkan sebuah ikatan batin tak terputus dengan Sang Khalik, Allah SWT, melalui sebuah perjalanan spiritual yang membawa kita semakin mendekat kepada-Nya.

BACA JUGA: 8 Keutamaan Surat Al Fatihah, Salah Satunya Bisa Menjadi Surat untuk Rukyah

Keutamaan Surat Ar Rahman


Surat Ar Rahman
Surat Ar Rahman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Membaca Surat Ar Rahman dengan penuh kekhusyukan, tentunya akan membawa para pembacanya untuk menjelajahi keindahan surat yang penuh makna dan mendalam.

Sungguh, Surat Ar-Rahman merupakan karunia yang tak ternilai, yang menjadi sebuah petunjuk yang akan membimbing kita dalam setiap langkah dalam menjalani hidup ini.


1.  Mendapat Syafaat dari Allah


Keutamaan Surat Ar Rahman yang pertama adalah mendapat syafaat dari Allah di Yaumil Akhir.

Membangunkan diri di sepertiga malam untuk membaca Surat Ar-Rahman merupakan sebuah tindakan spiritual yang mendalam dan memiliki banyak makna yang tersirat di dalamnya.

Ketika alam tengah terlelap dalam tidurnya, kita menyambut keheningan malam dengan menghadap kepada Sang Pencipta, merenungi ayat-ayat-Nya yang penuh kasih sayang dan ampunan.

Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa
hamba-Nya yang tekun dalam membaca Surat Ar Rahman di malam hari atau sepertiga malam dijanjikan akan mendapat syafaat di hari kiamat dari Allah SWT.

Allah SWT akan selalu menghormati mereka dengan mengizinkan mereka berjumpa dengan-Nya dalam keadaan yang paling indah dan harum.

Tentunya dengan izin-Nyalah hal ini akan terjadi, di mana mereka akan memberi syafaat hingga kepada yang terakhir, lantas memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat-Nya tersebut.

Dengan hal demikian, tentunya membaca Surat Ar Rahman di sepertiga malam bukan sekedar rutinitas keagamaan semata, tetapi lebih dari itu juga merupakan sebuah jalan menuju pertemuan yang mulia dengan Sang Pencipta di akhirat, kelak.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Al Ikhlas Bila Rutin Dibaca dan Diamalkan

2. Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah

Surat Ar Rahman
Surat Ar Rahman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Keutamaan Surat Ar Rahman yang kedua adalah semakin mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Membaca Surat Ar-Rahman di waktu yang senggang bukan sekadar aktivitas rutin biasa, melainkan juga merupakan sebuah investasi spiritual yang menghasilkan berkah pahala yang sangat besar.

Setiap ayat yang disampaikan dalam surat ini tentunya membawa pesan kasih sayang serta janji ampunan dari Allah SWT.

Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW mengungkapkan bahwa dengan rutin membaca Surat Ar-Rahman akan membuat Allah SWT semakin mencintai hamba-Nya, melalui pengakuan akan kelemahan manusia dan penerimaan akan nikmat yang diberikan-Nya.

Dengan konsistensi yang intens serta kesungguh-sungguhan, aktivitas sederhana ini akan menjadi kebiasaan yang membawa berkah dan semakin mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta.

3. Mendapat Nikmat dari Allah Lebih Banyak


Ayat yang diulang, "Fa bi ayyi ala'i Rabbikuma tukazziban," merupakan sebuah panggilan yang mendalam dari Allah SWT kepada hamba-Nya.

Dalam pengulangan ini, bila ditelisik lebih dalam lagi terdapat sebuah pertanyaan yang menggugah hati dan membangkitkan kesadaran akan nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita.

Membaca Surat Ar-Rahman dengan penuh kekhusyuan dan kesungguh-sungguhan akan membawa pembaca untuk terus mengingat betapa baiknya Allah SWT kepada setiap makhluk-Nya, termasuk kita sebagai umat Muslim yang diberkahi.

Rasa syukur yang tumbuh dari pemahaman ini akan mengakar kuat dalam hati pembaca, dan terus diterakan dalam diri untuk kemudian terus-menerus diamalkan.

Dengan merenungkan ayat-ayat yang dipenuhi dengan kasih sayang dan kebaikan Allah SWT, tentunya para pembaca surat ini akan dihadapkan pada sebuah kesadaran akan betapa besar nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Secara lebih dalam, rasa syukur yang tumbuh dari pemahaman ini akan menjadikan kita, sebagai pembaca akan lebih peka terhadap segala karunia hidup sebagai manusia dan umat-Nya yang bebas dan merdeka.

Dengan ini tentunya, membaca Surat Ar-Rahman di waktu yang senggang bukan sekadar rutinitas, melainkan juga sebuah perenungan yang mendalam serta membawa manfaat sangat besar dalam memperkokoh iman, meningkatkan rasa syukur, serta menguatkan hubungan antara hamba dengan Tuhannya.

BACA JUGA: Apa yang Dimaksud dengan Fawatihus Suwar?


4. Selalu Mencintai Allah dan Umat-Nya


Mengingat dan mencintai Allah SWT adalah inti dari setiap momen kehidupan, ini tentunya menjadi Keutamaan Surat Ar Rahman berikutnya.

Membaca Surat Ar-Rahman dalam berbagai kesempatan dan kelonggaran waktu tentunya menjadi sebuah upaya yang sangat efektif untuk terus mempererat hubungan spiritual yang harmonis dengan-Nya.

Setiap ayat yang ditulis dan disampaikan dalam surat ini tentu saja bisa memperkuat kesadaran akan kuasa Allah yang besar dan kasih sayang-Nya yang tiada batas.

Dengan demikian, membaca Surat Ar-Rahman di waktu senggang bukan sekadar aktivitas, melainkan juga sebagai perjalanan spiritual yang menghidupkan kembali kebersamaan dengan Sang Pencipta.

5. Mencintai Semua Makhluk Allah


Taat dan tunduknya seorang hamba kepada Tuhannya tidak hanya tercermin dalam hal ibadah saja, tetapi lebih dari itu juga dalam cinta serta penghargaan terhadap seluruh ciptaan-Nya.

Hal ini mencakup tidak hanya makhluk yang terlihat seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, tetapi juga makhluk yang tak terlihat, semisal alam ghaib dan alam arwah.

Mencintai dan menyayangi semua makhluk yang ada di bumi merupakan bagian dari bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Memiliki Keistimewaan

Membaca Surat Ar-Rahman di waktu senggang merupakan salah satu cara untuk dapat menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap segala ciptaan Allah SWT.

Dengan merenungkan ayat-ayat yang penuh kasih sayang dan kebesaran Allah SWT dalam surat ini, kita diajak untuk melihat dan menghargai keberadaan setiap makhluk-Nya.

Keutamaan Surat Ar Rahman mencakup lima hal di atas dan selebihnya masih banyak keutamaan lainnya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.