Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Merk SSD Terbaik yang Dijamin Secara Kualitas dan juga Performa

Merk SSD Terbaik
SSD - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - SSD telah menjadi pilihan populer untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dan kinerja pada PC atau Laptop, mencari Merk SSD Terbaik tentunya banyak hal harus dipertimbangkan.

Dengan ketersediaannya yang luas di pasaran, baik secara daring maupun langsung, pengguna dapat dengan mudah memperoleh Merk SSD Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meskipun membeli Merk SSD Terbaik mungkin memerlukan pengeluaran tambahan dibandingkan dengan HDD, manfaat yang ditawarkannya, seperti kecepatan baca-tulis yang tinggi dan daya tahan yang lebih baik, membuatnya menjadi investasi yang layak.

Namun, saat mencari SSD yang tepat, banyaknya merek dan model yang tersedia dapat membuat pengguna merasa bingung.

Untuk membantu memudahkan pilihan, ada beberapa rekomendasi merek SSD terbaik saat ini, beserta model paling populer dari masing-masing merek sebagai referensi terkini.

Merk SSD Terbaik


Merk SSD Terbaik
Merk SSD Terbaik - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Salah satu merek SSD yang patut dipertimbangkan adalah Samsung, yang dikenal akan produk berkualitas dan performa yang handal.

Model Samsung 970 EVO Plus sering dianggap sebagai salah satu SSD terbaik di pasaran saat ini, menawarkan kombinasi kecepatan, keandalan, dan kapasitas yang besar.

Selain itu, ada juga merek seperti Western Digital (WD) yang telah memperoleh reputasi yang baik dalam industri penyimpanan data.

Untuk performa lebih tinggi dan tentu saja luar biasa, Merk WD Blue SN550 menjadi salah satu yang direkomendasikan, bukan karena kinerjanya yang luar biasa semata, tetapi lebih dari itu karena harganya murah dan sangat terjangkau.

Sebagai alternatif, Crucial adalah merek lain yang dikenal akan SSD berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

BACA JUGA: Pengenalan Teknologi Penyimpanan SSD dan Dampaknya pada Kinerja Komputer

Merk Crucial MX500 banyak orang dipilih lebih merujuk ke masalah kombinasi yang menakjubkan antara performa tingginya yang begitu solid dengan nomilal harga yang harus dikeluarkan pembelo tetapi relatif masih bisa terjangkau.

Dengan mempertimbangkan merek-merek terkenal seperti Samsung, Western Digital, dan Crucial, pengguna dapat memilih SSD yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Dengan demikian, mereka dapat mengoptimalkan kinerja sistem mereka tanpa harus mengorbankan kualitas atau stabilitas.


1. Samsung


Merk SSD Terbaik
SSD Samsung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Samsung, awalnya bergerak di bidang pertanian sejak 1938, kemudian merambah ke industri elektronik pada tahun 1967, dengan fokus pada semikonduktor.

Oleh karena itu, produk memori dari Samsung seperti RAM, microSD, dan SSD telah mendapat pengakuan luas di pasar.

Dikenal sebagai salah satu produsen terbaik, Samsung menawarkan berbagai SSD berkualitas.

Salah satu SSD Samsung yang tengah populer adalah Samsung 980 Pro.

Diklaim sebagai SSD M.2 NVME dengan antarmuka PCIe 4.0 tercepat di dunia, Samsung 980 Pro menawarkan kecepatan baca hingga 7000 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 5100 MB/detik.

Tersedia dalam ukuran 250 GB hingga 2 TB, varian terkecil dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp1 jutaan.

Dalam hal ini Samsung sangat peduli dengan konsumennya maka dalam aktivitas penjualannya menyertakan klaim garansi yang bisa mencapai hingga 5 tahun dari mulai tanggal pembelian untuk produk SSD yang satu ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Laptop untuk Pelajar, Tertarik Membeli?

2. Merk SSD Keluaran Intel


Untuk fokus utama bisnis perusahaan teknologi Intel ini sebenarnya pada prosesor yang dipergunakan untuk PC desktop dan juga laptop, akan tetapi semenjak tahun 2008, perusahaan ini kemudian sedikit berpaling dengan memasuki industri kartu memori, terutama merk SSD.

Langkah Intel ini mengingatkan produsen komputer akan pentingnya SSD dalam mengoptimalkan kinerja PC.

Dalam perjalanan sejarahnya, Intel kemudian melakukan semacam kampanye untuk penggunaan produk SSD serta dilanjutkan dengan memperbarui katalog produknya yang beredar di pasaran.

Menurut catatan, pada tahun 2020, perusahaan Intel memutuskan untuk melego bisnis SSD-nya ke perusahaan pesaing perusahaannya yang berasal dari perusahaan Asia, lebih tepatnya Korea Selatan, yakni SK Hynix, tetapi tidak berlaku terhadap seri kartu memori untuk kelas atas Optane.

Proses akuisisi ini, yang melibatkan dana sebesar 9 triliun dolar, selesai pada tahun 2021.

Meskipun demikian, produk SSD Intel yang masih populer adalah Intel 660P.

Merk SSD M.2 NVME yang beredar di pasaran memiliki interface PCIe 3 ini, yang menawarkan kecepatan baca dan tulis yang sama, yakni 1800 MegaByte per detik, dengan masa pakai diperkirakan mencapai hingga 1,6 juta jam.

Varian 1 TB-nya sendiri dijual dengan kisaran harga Rp1 jutaan ke atas.

3. Corsair


Corsair dikenal sebagai produsen berbagai komponen dan periferal komputer yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming.

Dari keyboard, mouse, power supply, kipas, flash disk, RAM, hingga SSD, semua produk Corsair menawarkan kinerja tinggi yang memadai.

BACA JUGA: 5 Laptop dengan Harga Dibawah 7 Juta, Apa Saja?

Dari sekian banyaknya SSD yang dikeluarkan oleh Corsair, salah satunya yang pavorit yang yang juga sangat populer adalah merk Corsair Force Series MP600.

SSD M.2 NVME ini menawarkan kecepatan baca hingga 4950 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 2950 MB/detik.

SSD ini umumnya menggunakan jenis arsitektur memori TLC, SSD ini sendiri sudah terkena upgrade pihak Corsair untuk mencapai target masa pakainya hingga di atas 1,7 juta jam dengan TBW 850 (siklus hapus-tulis dalam terabyte).

Untuk harga beli Varian 500 GB dari SSD ini dihargai dengan nominal yang relatif, yang bisa dapat mulai dari Rp2 jutaan.

Hal yang enarik dari perusahaan yang merilis SSD, adalah adanya garansi seumur hidup yang bisa dimanfaatkan untuk seluruh produk dari SSD-nya, termasuk Force Series MP600 yang sekarang sangat populer.

4. TeamGroup


TeamGroup, merek asal Taiwan yang fokus pada produksi memori flash, mencakup flash disk, RAM, dan SSD.

Didirikan pada tahun 1997, perusahaan ini menawarkan beberapa seri SSD, seperti T-Create Classic dan T-Create Expert untuk pengguna rumahan dan profesional, serta T-Force Gaming untuk para gamer.

Daeri banyaknya SSD TeamGroup secara keseluruhah terutama dari berbagai kategori tersebut tersedia dalam bentuk dan ukuran 2,5 inci atau bisa disingkat sebagai M.2.

Salah satu contoh SSD populer dari TeamGroup adalah T-Create Classic SATA, yang merupakan pilihan yang masuk akal bagi mereka yang ingin beralih dari HDD. Dengan harga sekitar Rp1 jutaan, SSD ini menawarkan kapasitas 1 TB.

SSD 2,5 inci ini menyajikan kecepatan yang cukup untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari, dengan kecepatan baca mencapai 550 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 520 MB/detik.

TeamGroup memberikan garansi selama 3 tahun untuk SSD ini, yang memiliki umur pakai (MTBF) sekitar 1 juta jam.

BACA JUGA: Di Balik Layar Pembuatan PlayStation 5: Perjalanan Bersama Insinyur Sony

5. Western Digital


Western Digital, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang terkenal dengan produk hard disk drive (HDD) WD, telah lama menjadi pemain kuat di industri tersebut.

Awalnya, mereka mengandalkan HDD, namun tren beralih ke SSD membuat Western Digital terjun ke pasar SSD meskipun tetap memproduksi HDD.

Perusaaan ini bahkan langsung menghadirkan produk SSHD yang tentunya adalah penggabungan di antara kartu SSD-nya dengan hard disk yang ada.

Pada tahun 2016, Western Digital menunjukkan keseriusannya di pasar SSD dengan mengakuisisi Sandisk.

Salah satu SSD Western Digital yang populer adalah WD Black SN750, sering ditemui di toko-toko online.

Kartu SSD M.2 ini siap dipinang dengan harga yang kurang dari Rp1 juta rupiah untuk varian dengan kapasitas sebesar 250 GB.

Dengan interface PCIe 3, SSD ini menawarkan kecepatan yang cukup impresif, mencapai 3400 MB/s untuk kecepatan baca dan 2900 MB/s untuk kecepatan tulis.

Dalam hal ini Western Digital menjamin keamanan pada penggunanya dengan memberikan garansi selama 5 tahun untuk kartu SSD WD Black SN750 ini.***.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.