Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Pantai Tuban Paling Populer yang Menjanjikan Panorama Keindahannya

Pantai Tuban
Pantai Boom - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tuban, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pantai utara Jawa Timur, yang sangat mempesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk Pantai Tuban-nya.

Dengan memiliki 20 kecamatan yang tersebar di wilayahnya, Pantai Tuban memiliki pesona dan keunikan yang berbeda dari pantai di Jawa Timur lainnya yang menjadikannya destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi.

Salah satu pantai yang terkenal di Tuban adalah Pantai Boom.

Pantai Boom ini terkenal dengan kontur ombaknya yang cukup besar, menjadikannya tempat yang populer bagi para peselancar dan penggemar olahraga air ekstrim lainnya.

Selain itu, keindahan hamparan pasir putihnya juga menarik perhatian bagi para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam pantai dengan semilir angin dan debur ombaknya.

Selain Pantai Boom, pantai lainnya juga sangat populer, yakni Tanjung Kodok yang juga merupakan destinasi dengan keindahan alam menakjubkan di Tuban.

Pantai ini terkenal dengan panorama alamnya yang menakjubkan, lengkap dengan hamparan pasir putih yang memikat.

Para pengunjung bisa menikmati banyak aktivitas seperti kegiatan berjemur, bermain air, atau sekedar menikmati keindahan senja di tepi pantai.

Tak kalah menariknya, ada Pantai Jangkar yang juga layak untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri berupa formasi gugusan batu karangnya yang indah.

Selain itu, bagi yang ingin mencari pengalaman wisata lainnya yang lebih seru, Pantai Bancar juga bisa menjadi alternatif pilihan lainnya yang menarik.

Pantai ini terkenal dengan aktivitas memancingnya yang sangat digemari, menjadikannya tempat favorit bagi para penggemar memancing.

BACA JUGA: 15 Pantai di Lombok yang Terkenal Karena Keeksotisannya

Destinasi wisata Tuban lainnya yang bisa dikunjungi adalah Gua Maria Sendangsono yang terkenal dengan suasana wisata religiusnya.

Gua ini menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan yang berbeda dari tempat wisata lainnya.

Selain itu, ada wisata Kampung Rambutan juga merupakan destinasi yang menarik untuk dikunjungi di Tuban.

Kampung ini terkenal dengan banyaknya kebun rambutan yang tumbuh subur dan menawarkan pengalaman wisata agro yang unik bagi para pengunjung.

Tuban juga memiliki berbagai acara budaya dan festival yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Festival Kembang Api yang diadakan setiap tahunnya.

Pantai Tuban Paling Populer


Ada banyak Pantai Tuban yang layak untuk dikunjungi, selain karena bentang alamnya sangat luar biasa, juga karena panorama hamparan pasir pantainya yang menakjubkan.

Pantai Tuban populer yang banyak dikunjungi para wisatawan, meliputi:



1. Pantai Boom


Pantai Tuban
Pantai Boom - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Tuban populer pertama adalah Pantai Boom, yang terletak di sebelah utara Alun-Alun Tuban, menawarkan daratan yang menjorok ke laut dengan panoramanya yang menakjubkan dengan sensasi debur ombaknya yang indah.

Sebagai salah satu pantai paling populer di Tuban, fasilitasnya sangat lengkap dan tentu saja terawat, memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Selain menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa, para pengunjung dapat berfoto di dekat perahu nelayan atau sekadar mencoba untuk memancing.

2. Pantai Mangrove Center


Pantai Tuban
Pantai Mangrove Center - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Tuban populer berikutnya adalah Pantai Mangrove Center yang merupakan pusat pohon bakau.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, pantai ini juga memiliki fungsi lainnya, yakni sebagai tempat budidaya mangrove, tempat perkemahan, juga kegiatan outbound, tidak ketinggalan ada area penangkaran hewan seperti Burung Blekok.

Untuk harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, yakni dengan hanya harus membayae Rp5.000 per orang saja, dengan beragam aktivitas yang tersedia untuk dinikmati.

BACA JUGA: 10 Pantai Yogyakarta yang Cantik dan Eksotik


3. Pantai Sowan


Pantai Tuban
Pantai Sowan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Tuban berikutnya adalah Pantai Sowan yang memikat dengan pesona pasir pantainya yang berwarna coklat dan suasana yang teduh berkat pohon-pohon rimbun di sekitarnya.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas menarik di pantai ini seperti bermain air dan pasir, menjelajahi area hutan, atau menikmati hidangan seafood segar yang banyak dijual di tepi pantai.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan pengalaman ekstrim yakni bermain flying fox serta bisa berpose di spot-spot foto yang instagrammable, seperti ayunan pantai, sepeda gantung, atau karpet terbang.

Wisata pantai Tuban beroperasi setiap harinya mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 WIB. sore. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, dimulai dari Rp10.000 per orang, sementara untuk tarif parkir kendaraannya mulai dari Rp2.000.


4. Pantai Remen


Pantai Tuban berikutnya adalah Pantai Remen yang merupakan destinasi wisata yang ideal bagi para pencari keindahan pantai dengan pasir putih yang indah.

Di lokasi pantai ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas pendukung seperti berjemur, bermain pasir, piknik, bermain ATV di tepi pantai, dan menikmati pemandangan sekitar dari arah gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola.

Berbeda dengan Pantai Sowan, Pantai Remen mulai beroperasi lebih awal, yaitu mulai pukul 06.30 pagi, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana pantai sejak dini hari. Pantai ini tutup pada pukul 17.00 WIB.

5. Pantai Cemara


Pantai Cemara di Tuban dikenal dengan banyaknyq pohon cemara yang menjulang di bibir pantai, sehingga mampu menawarkan keindahan yang unik.

Dengan ombaknya yang relatif tenang dan luasnya area pinggir laut, para pengunjung bisa berjemur di tepi pantai, juga bisa berenang, bermain voli, juga berfoto dengan leluasa.

Pantai Cemara tidak ada biaya masuknya. Dengan suasana yang menenangkan dan beragam kegiatan yang dapat dilakukan, Pantai Cemara menjadi destinasi yang populer bagi wisatawan yang mencari pengalaman pantai yang berbeda dan menyenangkan di Tuban.

BACA JUGA: 10 Pantai Banten Paling Eksotik! Cocok untuk Libur Lebaran

6. Pantai Semilir


Meskipun awalnya tidak begitu dikenal, pantai ini kemudian menggeliat dan menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang mulai dilirik karena potensi keindahannya.

Tak ada biaya tiket masuk untuk menikmati Pantai Semilir, hanya tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.


7. Pantai Kelapa


Terletak sekitar 5 km dari pusat kota Tuban, Pantai Kelapa menawarkan suasana yang indah dengan pohon kelapa yang rimbun mengelilingi pantai.

Pasir putihnya kontras dengan warna biru laut yang memikat. Selain berenang dan berjemur, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan outdoor seperti berkemah, berfoto, berkuda, bermain ATV, ayunan, dan flying fox.

Meskipun disebut Pantai Kelapa, pantai ini juga memiliki pohon cemara meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

8. Pantai Gardu Laut


Ombak yang tenang membuatnya aman untuk berkemah di hamparan pasir yang luas di tepi pantai.

Pemandangan sunrise dan sunset semakin memikat dengan siluet kapal-kapal nelayan yang singgah di pantai ini.

9. Pantai Surindah


Alamnya masih sangat asri, memungkinkan pengunjung untuk bersantai, berjemur, dan menjelajahi pantai dengan kedamaian yang terasa.

Keindahan alamnya juga menawarkan banyak kesempatan untuk mengabadikan momen indah dengan kamera.

Salah satu daya tarik unik pantai ini adalah adanya bangkai kapal yang besar, menjadi objek ikonik yang menarik bagi pengunjung.

BACA JUGA: 5 Pantai Lombok yang Indah dan Menakjubkan! Pastinya Anda Terkesima


10. Pantai Stockpile


Merupakan salah satu pantai relatif baru yang mulai diminati oleh pengunjung karena keunikan dan keindahannya.

Dikelilingi oleh pasir putih, pantai ini menonjolkan keindahan dengan keberadaan hutan alami kayu galam yang dekat, serta adanya gazebo untuk bersantai di tepi pantai.



Pantai Tuban jumlahnya memang sangat banyak dengan pesona yang dimilikinya masing-masing.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.