Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan juga Populer

Tempat Wisata di Palembang
Benteng Kuto Besak - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Kota Palembang merupakan satu dari sekian banyaknya kota di Pulau Sumatera yang memiliki destinasi wisata yang sangat berlimpah, di mana Tempat Wisata di Palembang menjadi tempat yang banyak dikunjugi oleh para wisatawan.

Tempat Wisata di Palembang mencakup banyak tema wisata, dari mulai wisata sejarah, wisata pesona alam yang begitu menakjubkan, dan juga wisata keragaman kuliner khas.

Sudah sejak lama Tempat Wisata di Palembang menjadi tujuan utama para pelancong yang hendak liburan di Pulau Sumatera, banyak hal yang membuat pariwisata di Palembang, mulai dari bentang alamnya yang luar biasa hingga kesegaran udara yang masih alami.

Tercatat ada banyak sekali tempat wisata di Palembang yang bisa dikunjungi yang rata-rata merupakan objek wisata murah-meriah yang semua kalangan bisa memanfaatkannya.

Tempat Wisata di Palembang tak terbatas pada objek wisata kebendaan atau objek wisata alam saja, lebih dari itu ada banyak tema yang ditawarkan.

Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan Populer

Kalau bicara tempat wisata di Palembang, tentunya objek wisata Jembatan Ampera-lah yang paling orang ingat karena bangunan bersejarah ini palong ikonik di Palembang.

Namun, objek wisata lainnya pun tidak kalah populer seperti Jembatan Ampera, ada banyak destinasi lain yang dari segi konsep atau visual sebanding dengan jembatan landmark Kota Palembang tersebut.

Setidaknya lebih dari dua puluh tempat wisata di Palembang yang memiliki potensi untuk bisa populer atau sedang menuju ke arah populer.

Dari dua puluh lebih destinasi wisata yang ada di Palembang dengan segala keunggulan yang dimilikinya, berikut adalah beberapa di antaranya, yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi.

BACA JUGA: 13 Tempat Wisata di Padang yang Cocok Dikunjungi Pada Saat Liburan

1. Benteng Kuto Besak

Tempat Wisata di Palembang
Benteng Kuto Besak - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Palembang yang pertama adalah Benteng Kuto Besak, yang merupakan sebuah bangunan bersejarah hasil peninggalan perang.

Di lokasi wisata ini para pengunjung bisa merenungi pengalaman wisata sejarah, sekaligus menikmati keindahan bentang alam di sekitarnya yang tidak kalah menarik.

Benteng Kuto Besak tentunya bisa dijadikan spot untuk foto-foto berharga para pengunjung.

2. Masjid Agung Palembang

Tempat Wisata di Palembang
Masjid Agung Palembang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan bangunan peribadatan yang memiliki konsep wisata religi yang bisa menarik minat para pengunjung untuk datang seraya melakukan ritual ibadah.

Selain digunakan untuk peribadatan, Madjid Agung Palembang memiliki rekam jejak sejarah yang menakjubkan di masa lalu hingga sangat layak untuk dikunjungi sekaligus untuk menggali sejarah yang pernah membersamai kemegahan masjid ini.

Bukan hanya itu, dengan arsitekturnya yang megah serta bercitarasa seni tinggi, Masjid Agung Palembang begitu ikonik dan gagah berdiri di atas Kota Palembang.

3. Pulau Kemaro

Memiliki keindahan alam yang luar bisa, Pulau Kemaro merupakan pulau alami yang ada di Sungai Musi.

Pulau ini dikelilingi oleh kelebatan pohon-pohon yang menghijau serta aliran Sungai Musi yang tenang, tentunya mencipatakan panorama yang cantik yang bisa diabadikan dalam jepreran kamera para pengunjung.

Di pulau ini, para pengunjung bisa bersantai ria sekaligus berburu spor cantik untuk foto-foto yang nantinya akan diunggah di media sosial masing-masing.

Pulau Kemaro menyajikan keindahan alami dari bentang alam yang ada di Kota Palembang ini.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Binjai yang Banyak Dikunjungi

4. Jembatan Ampera

Tempat Wisata di Palembang
Jembatan Ampera - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Semua orang tentunya sudah tahu dengan destinasi andalan sekaligus ikonik di Kota Palembang ini, yakni Jembatan Ampera.

Merupakan jembatan penghubung antar sisi satu dan sisi lainnya, Jembatan Ampera merupakan bangunan ikonik paling bersejarah yang kerap dijadikan foto wajib bagi para pengunjung yang menjejakkan kakinya di Palembang.

Jembatan Ampera sangat indah panoramanya, apalagi kalau malam hari yang biasanya lebih banyak dikunjungi daripada siang hari.

Di malam hari, panorama Jembatan Ampera begitu menakjubkan dengan lampu-lampunya yang insah dan menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

5. Taman Wisata Punti Kayu

Sangat cocok dijadikan destinasi wisata seluruh anggota keluarga karena daya tariknya yang luar biasa hingga para wisatawan rela berkunjung dari tempat-tempat yang jauh maupun orang sekitar.

Taman wisata yang satu ini menyajikan banyak wisata menarik serta atraksi-atraksi luar biasa yang kerap dihadirkan.

Para pengunjung bisa dengan leluasa menikmati setiap wahana dan atraksi yang ditawarkan oleh pihak pengelola di taman ini.

6. Museum Balaputra Dewa

Tempat Wisata di Palembang berikut merupakan destinasi wisata sejarah yang juga patut dikunjungi untuk menambah pengetahuan kita perihal Palembang.

Terdapat banyak artefak, yang kesemuanya bersinggungan dengan sejarah kebudayaan di masa lampu yang tentunya harus terus digali untuk menjaga sejarah tersebut tidak sampai punah.

Di museum ini, para pengunjung akan disuguhkan berbagai info sejarah yang melatarbelakangi berdirinya Kota Palembang dari awal hingga seperti yang sekarang ini.

BACA JUGA: Ingin Tahu Tempat Wisata di Payakumbuh yang Lagi Hits? Berikut Daftar Referensinya

7. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Selain Museum Balaputra Dewa, Kota Palembang juga memiliki museum lain yang juga tidak kalah bersejarahnya, yakni Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang tentunya menyimpan pula sejarah Kota Palembang di masa lalu.

Sama halnya dengan di Museum Balaputra Dewa, di museum ini pun menyajikan banyak artefak sejarah yang tentunya berisi benang merah sejarah Kota Palembang di masa lalu.

Para pengunjung bisa menggali informasi yang sedalam-dalamnya untuk mengetahuoi sejarah Kota Palembang pada masa lampau, sekaligus berusaha menjaga keaslian sejarah agar tidak punah dan hilang dimakan modernitas.

8. Bukit Siguntang

Tempat Wisata di Palembang yang juga memiliki jejak sejarah di masa lampau yang kental adalah Bukit Siguntang.

Bukit ini merupakan serakan situs arkeologi yang berisi informasi penting mengenai eksistenti Kota Palembang di masa lampau yang patuh diketahui oleh generasi sekarang agar keotentikannya terjaga dengan rapi.

Selain berisi situs sejarah yang menakjubkan untuk digali, Bukit Siguntang juga memiliki daya tarik lain yang bisa dimanfaatkan untuk destinasi wisata yakni pemandangan alamnya dari atas bukit yang indah.

9. Masjid Al Quran Al Akbar

Merupakan bangunan masjid yang sangat indah dengan bangunannya yang megah serta arsitektur bangunannya yang luar biasa menarik.

Selain Masjid Agung Palembang, masjid ini pun menjadi landmark gagah di Kota Palembang, yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan.

Selain merupakan bangunan tempat beribadah orang Islam, masjid ini bisa digunakan sebagai areal bersantai sekaligus beristirahat sejenak setelah keliling wisata di Palembang.

BACA JUGA: 11 Wisata Bengkulu Paling Banyak Dikunjungi oleh Para Wisatawan

10. Pasar Terapung atau Pasar Limas

Ternyata bukan hanya Kalimantan yang memiliki pasar terapung yang terkenal hingga ke pelosok negeri, di Palembang pun terdapat pasar jenis ini yang juga bisa menjadi ajang wisata yang menyenangkan.

Yang menarik dari pasar terapung adalah aktivitas belanja dan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan perahu tradisional untuk menjelajahi perairannya.

Dan hal ini tentunya menjadi hal yang terlihat unik dan menarik untuk dinikmati.

Tempat Wisata di Palembang tidak terbatas dengan kesepuluh destinasi di atas saja, melainkan masih ada banyak lagi destinasi lainnya yang belum dibahas dan dieksplore.***



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.