Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Terdampak Longsor, Akses Alternatif Garut-Tasikmalaya Lumpuh Total

Terdampak Longsor, Akses Alternatif Garut-Tasikmalaya Lumpuh Total
Tanya longsor di Cianjur (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Pada dini hari Jumat tanggal 12 April tahun 2024, terjadi longsor di jalan raya di wilayah Banjarwangi, Kabupaten Garut

Kejadian ini memblokir akses alternatif untuk bisa menuju Tasikmalaya dari wilayah Garut yang membuat perjalanan menjadi lebih rumit.

Longsor tersebut berasal dari cuaca yang buruk, di mana hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi pada Kamis tanggal 11 April tahun 2024. 

Kondisi cuaca yang buruk ini menyebabkan tebing yang ada di sisi kanan jalan longsor sehingga menutupi badan jalan hingga tidak ada satu kendaraan pun yang bisa melintas di tempat tersebut.

Menurut informasi dari Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif, badan jalan tertutup material seperti tanah, batu, dan bahkan pepohonan hingga setinggi 5 meter dengan tebing yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. 

Hingga periode waktu Jumat pukul 08.50 WIB, badan jalan sama sekali tidak bisa dilalui oleh kendaraan dari arah Garut maupun Singajaya. 

Pihak keamanan dan pemerintah setempat sedang berupaya untuk melakukan evakuasi material longsor dengan alat berat untuk membuka kembali jalur tersebut.

Baca Juga:

Bocah 5 Tahun Terseret Arus Air saat Bermain di Selokan

"Longsor menutup seluruh badan jalan hingga tidak bisa dilalui," kata Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif, kepada awak media Jumat (12/4).

Namun, di tengah-tengah berita buruk, kabar baiknya, tidak ada korban yang meninggal atau terluka dalam peristiwa ini. 

Personel keamanan dan petugas pemadam kebakaran telah berada di lokasi dan bertugas untuk menjaga situasi agar tetap terkendali.

"Kami pastikan tidak ada korban jiwa. Saat ini personel kami berjaga di lokasi," pungkas Amir.

Jalur Banjarwangi-Singajaya sendiri merupakan jalur penting yang menghubungkan tiga kecamatan di Garut: Banjarwangi, Singajaya, dan Peundeuy. 

Selain itu, jalur ini juga digunakan sebagai jalan alternatif untuk menempuh perjalanan dari Garut menuju Tasikmalaya. 

Meski terjadi kendala pada saat ini, diharapkan bahwa akses jalan ini segera kembali seperti sedia kala dan dapat digunakan oleh semua orang.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter