Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

9 Wisata Pacitan yang Sedang Populer di Tahun 2024

Wisata Pacitan
Goa Gong - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bukan hanya terkenal dengan pantainya yang indah, Wisata Pacitan juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki masing-masing destinasi, Wisata Pacitan sangat populer hingga kerap dibanjiri oleh para pengunjung yang penasaran akan pesonanya.

Pacitan sendiri dikenal oleh para wisatawan sebagai kota dengan 1001 Gua, yang tentunya menawarkan sejumlah destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Kota Pacitan memang terkenal dengan keberadaan gua-guanya yang spektakuler sehingga menjadi daya tarik utama tersendiri, beberapa di antaranya dianggap sebagai yang tercantik di Kawasan Asia Tenggara.

Bukan hanya gua-guanya saja yang memukau, Pacitan juga menawarkan keindahan pantai-pantai yang memikat hati, destinasi air terjun yang menyejukkan, serta spot-spot kekinian yang sangat Instagramable.

Keberagaman destinasi wisata ini mendongkrak Pacitan sebagai surga bagi para penggemar petualangan serta fotografi.

Panorama alamnya yang memikat telah menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata populer yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Setiap kunjungan ke Pacitan selalu menyuguhkan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan, terkadang penuh kejutan.

Kota ini tentunya tidak hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona, selain itu juga memiliki banyak warisan budaya dan kearifan lokal yang kaya.

Dengan segala kelebihan panorama wisata yang ada, tidak mengejutkan kalau Pacitan menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia.

Dengan terus mempromosikan keindahan alam beserta wisata budayanya, Pacitan terus menggeliat dengan pariwisatanya yang memikat hati para wisatawan, sehingga mampu menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi siapa pun yang berkunjung ke kota ini.

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Manado dan Sekitarnya yang Cocok untuk Libur Lebaran

Destinasi Wisata Pacitan yang Sedang Populer


Ada banyak destinasi wisata Pacitan baru yang terus bermunculan dari waktu ke waktu, bahkan beberapanya merangkak menjadi destinasi populer.

Ada banyak wisata Pacitan untuk kategori ini, beberapanya meliputi:

1. Alun-Alun Pacitan


Wisata Pacitan
Alun-alun Pacitan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Pacitan yang pertama adalah Alun-alun Pacitan, bisa dikatakan sebagai ikon kota ini.

Sangat populer di kalangan keluarga sebagai destinasi wisata untuk sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga saat liburan.

Banyak hal bisa dilakukan di alun-alun ini, mulai dari aktivitas olahraga, berburu kuliner lokal, masuk wahana permainan, dan tentunya leluasa untuk bersantai.

Fasilitas yang ada di alun-alun ada area parkir kendaraan, warung makan, toilet, musholla, serta beragam fasilitas lainnya.

2. Goa Gong


Wisata Pacitan
Goa Gong - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Pacitan kedua adalah Goa Gong yant terkenal itu.

Sebagai kota yang terkenal dengan julukan "1001 Gua", Pacitan memiliki banyak gua yang memukau, salah satunya adalah Goa Gong Pacitan.

Goa Gong berjarak sekitar 28 km bila titik keberangkatan berada di pusat kota atau sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Jadwal operasionalnya buka setiap hari buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. sore.

Keistimewaan Goa Gong lebih karena keberadaan stalaktit dan stalakmit yang berusia ratusan tahun, dengan kedalaman goa 250 meter.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Lampung yang Sangat Layak untuk Dikunjungi

3. Sungai Maron


Wisata Pacitan
Sungai Maron - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Pacitan berikutnya adalah Sungai Maron yang merupakan salah satu destinasi wisata alam paling populer.

Sungai ini sendiri menawarkan pengalaman jelajah sungai sepanjang 4,5 KM yang lokasinya ada di tengah hutan rimba.

Lokasi ini disebut sebagai Amazon-nya Indonesia, para pengunjung bisa menyewa perahu dengan kapasitas 4 orang dengan harga Rp100.000 rupiah, termasuk guide dan pelampung renang.

4. Sentono Gentong


Wisata Pacitan
Sentono Gentong - SwaraWarta.co.id (Sumber: Terapada)



Destinasi wisata Pacitan selanjutnya adalah Sentono Gentong yang merupakan objek wisata dengan pemandangan indah Pacitan dari atas  ketinggian.

Pemandangan yang bisa dijangkau dari atas ketinggian ini mencakup pemukiman warga, pantai yang indah, pepohonan, dan jugq langit biru.

Di lokasi ini para pengunjung bisa menandai spor paling ideal untuk menyaksikan panorama keindahan alam di sekitar ketika sedang dalam suasana sunset maupun sunrise yang sangat memukau.

Untuk mengunjungi lokasi ini, para pengunjung bisa membeli tiket seharga Rp10.000 per orang.

5.  Jembatan Soge


Ada sejak tahun 2010, jembatan ini sudah menjadi landmark baru di Kota Pacitan. Arsitektur bangunannya didesain sepintas mirip Jembatan Harbour Sydney du Australia.

Merupakan jembatan penghubung selatan Pacitan dengan Desa Sidomulyo. Jembatan ini punya daya tarik tersendiri karena berada tepat di tepi Pantai Soge yang indah.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan juga Populer

6. Beiji Park


Destinasi Wisata Pacitan berikut adalah Beiji Park, sebuah taman rekreasi keluarga yang baru diresmikan pada Mei 2019 yang lalu.

Dari atas puncak perbukitan Beiji Park, para pengunjung bisa menikmati keindahan Kota Pacitan dari sisi selatan.

Di lokasi ini terdapat gardu pandang yang disiapkan khusus untuk menikmati pemandangan Kota Pacitan dari atas ketinggian, yang tentunya menyajikan keindahan alam sekitar yang menakjubkan.

Beberapa fasilitas yang bisa digunakan di sini meliputi gazebo untuk beristirahat, toilet, serta warung makan. Untuk harga tiketnya sendiri murah, hanya mengeluarkan Rp. 10 ribu rupiah saja.

7. Goa Tabuhan


Wisata berikutnya ada Goa Tabuhan yang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Pacitan yang menawarkan gua dengan struktur horizontal yang memiliki batuan yang dapat menghasilkan suara ketika dipukul.

Lokasinya ada di Kec. Punung, Desa Wereng, atau sekitar 30 Kilometer dari pusat kota, gua ini dikenal juga di masa lalu sebagai tempat bertapanya Pangeran Diponegoro selama masa penjajahan Belanda.

Goa Tabuhan memiliki ratusan batuan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan di dalamnya.

Tiga area utama di goa ini yang wajib dikunjungi adalah Ruang Kristal, kemudian ada area bernama Sendang Bidadari, dan terakhir ada Ruang Marmer yang menakjubkan.

Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 10 ribu rupiah per orangnya.

BACA JUGA: Desa Wisata Gamplong Tak Salah Bila Dijadikan Scene dalam Film, Berikut 5 Alasannya

8. Kali Cokel


Destinasi berikutnya ada Kali Cokel, destinasi wisata alam menarik yang patut dikunjungi pada liburan akhir pekan.

Sebagai gambaran, di sepanjang aliran sungai, para pengunjung disuguhkan pemandangan alam dengan banyak pohon kelapa juga pepohonan liar yang menambah pesona alami tempat ini.

Aliran air di sungai ini cenderung sangat jernih dan juga bersih, sebagai informasi debit air sungai ini berasal dari Goa Luweng Jaran yang lokasinya ada di bagian ujung sungai.

9. Pantai Banyu Tibo


Destinasi wisata Pacitan berikutnya ada Pantai Banyu Tibo di mana di pantai ini terdapat air terjun yang mengalir langsung ke pantai ini.

Hal itu tentunya mampu menarik perhatian para pengunjung karena keunikan yang tak biasa tersebut.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 17 meter, air terjun ini bersumber langsung dari Sungai Widoro, yang menciptakan panorama alamanya yang menakjubkan.

Dengan kondisi pantainya yang bersih dan juga masih alami menjadi tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam sambil bermain air.

Selain kesembilan destinasi wisata Pacitan di atas, tentunya masih banyak wisata lainnya yang bisa dijelajahi oleh para pengunjung.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.