Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Wisata Ungaran Terkenal yang Wajib Dikunjungi!

Wisata Ungaran
Candi Gedung Songo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Ungaran merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik luar biasa dengan keindahan alam yang sama luar biasanya, termasuk Wisata Ungaran lainnya.

Ungaran juga merupakan kota yang terkenal dengan kulinernya sangat beragam yang tentunya memiliki kuliner khas yang terkenal dengan kelezatannya.

Wisata Ungaran merupakan destinasi wisata yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi bila Anda merencanakan jadwal liburan ke Kabupaten Semarang.

Ungaran merupakan ibu kota dari Kabupaten Semarang, kota ini memiliki daya tarik sendiri yang tak kalah menarik dan luar biasanya dari kota-kota lainnya di Provinsi Jawa Tengah.

Yang menjadi ciri khas dari Ungaran, salah satunya adalah memiliki jalan utama yang menjadi jalur vital bagi kendaraan dari arah Semarang menuju arah Solo dan juga Yogyakarta.

Selain wisata kulinernya, kesenian batik juga menjadi salah satu ciri khas lainnya dari Kota Ungaran.

Aktivitas berbelanja Batik di Ungaran tentunyq memberikan pengalaman berbelanja dengan sensasi yang tak terlupakan dengan ragam motif dan desain yang menarik, yang banyak tersedia di gerai-gerai toko batik.

Tak hanya terkenal dengan kuliner dan batiknya, Ungaran juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, dan Wisata Ungaran memiliki beragam keunikan masing-masing.

Mulai dari destinasi wisata bertema alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan indah, destinasi petualangan yang bisa memicu adrenalin, juga termasuk destinasi bertema sejarah yang memperkaya pengetahuan pengunjung akan sejarah dan seni budaya lokal.

Ada banyak Wisata Ungaran yang bisa dipilih untuk dikunjungi dan tentunya memiliki kelebihan yang menjadi daya tarik utamanya.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Jember Paling Hits! Wajib Dikunjungi Pas Lebaran Nanti

Ada beberapa destinasi Wisata Ungaran yang bisa dikunjung di antaranya, bagi para penyuka wisata bertema alam, salah satunya Gunung Telomoyo.

Destinasi wisata alam Gunung Telomoyo menawarkan pemandangan alam yang memukau juga jalur trekking yang menantang.

Kemudian, masih merupakan destinasi wisata bertema alam ada Kali Opak yang menawarkan keindahan alam bantaran sungai yang lokasi tempatnya masih sangat alami.

Untuk yang menyukai wisata petualangan, destinasi seperti Air Terjun Jumog bisa menjadi pilihan yang sesuai, di mana di destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa indahnya dengan air terjun yang tinggi serta aliran airnya yang sangat jernih.

Sementara itu, bagi para pecinta wisata sejarah dan budaya, para wisatawan bisa mengunjungi lokasi wisata masa lalu Candi Gedong Songo yang merupakan kompleks candi peninggalan masa kejayaan agama Hindu, dan merupakan peninggalan zaman Mataram Kuno.

Wisata Ungaran yang Paling Terkenal yang Bisa Dikunjungi Wisatawan


Di luar destinasi Wisata Ungaran di atas, Anda juga bisa mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa yang menyimpan berbagai koleksi sejarah tentang perkeretaapian di Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya berikut destinasi Wisata Ungaran yang terkenal:


1. Candi Gedong Songo


Wisata Ungaran
Candi Gedong Songo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Ungaran yang pertama adalah Candi Gedong Songo, yang merupakan destinasi wisata luar biasa, yang terletak hanya setengah jam perjalanan bila berkendara dari arah Ungaran.

Candi Gedong Songo diyakini oleh masyarakat sekitar memiliki keterhubungan dengan kisah legenda terkenal Hanoman yang berusaha menyelamatkan Dewi Sinta dari cengkeraman Rahwana.

Candi Gedong Songo sendiri merupakan tempat bersejarah yang berupa kompleks candi Hindu abad ke-9 yang letaknya berada di atas ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut dan berada tepat di kaki Gunung Ungaran.

BACA JUGA: Jelajahi Keindahan Jawa Timur: 12 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Suhu udara di sekitar candi sangat dingin, dikelilingi oleh deretan hutan pinus, juga terdapat pemandian air panasnya di antara Candi Gedong III dan IV.

Lokasi pemandian ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga selain bisa menghangatkan tubuh, juga bisa dimanfaatkan untuk terapi menyehatkan kulit.

Suasana dilokasi sekitar candi yang menakjubkan dan dramatis, sering menjadi latar belakang foto untuk keperluan acara prewedding.


2. Watu Gunung Ungaran


Wisata Ungaran
Watu Gunung Ungaran - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Ungaran yang berikutnya merupakan objek wisata untuk liburan keluarga yang tentunya sangat menyenangkan, yakni Watu Gunung Ungaran.

Destinasi ini lokasinya berada tepat di bawah kaki Gunung Ungaran, di mana di lokasi ini para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang segar serta udaranya yang sangat sejuk.

Di lokasi wisata ini terdapat fasilitas yang tersedia termasuk di dalamnya adalah kolam renang, area danau buatan, kolam pancing, rumah joglo, juga terdapat restoran dengan ornamen tradisional khas Jawa.

Lokasi wisata ini sangat coco untuk acara bersantai, seraya menikmati semilir angin di pendopo yang tersedia.

Suasana di tempat ini sangat asri dan berbagai aktivitas menarik membuat Watu Gunung Ungaran menjadi pilihan ideal untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

3. Curug Semirang


Wisata Ungaran
Curug Semirang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi Wisata Ungaran berikutnya adalah Curug Semirang, yang merupakan curug dengan aliran air terjunnya yang cantik  dengan ketinggian mencalai 45 meter.

Curug Semirang berada di lereng Gunung Ungaran, dengan panorama alamnya memukau bagi para pengunjung.

Untuk mencapai lokai curug, para pengunjung menempuh jarak perjalanan trekking sekitar 500 meter dari area parkir.

Di lokasi curug, para pengunjung juga bisa menikmati kolam renang yang memiliki air jernih berwarna kehijauan yang berasal dari Curug Semirang.

Curug ini sendiri mulai buka dari pukul 08.00 pagi hingga tutup pada pukul 17.00 WIB sore.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Lampung yang Sangat Layak untuk Dikunjungi

4. Curug Lawe Benowo Kalisidi


Destinasi Wisata Ungaran berikutnya adalah Curug Lawe Benowo Kalisidi, atau lebih dikenal sebagai CLBK.

Terletak di lereng Gunung Ungaran, Curug Lawe menawarkan sensasi dua buah air terjun yang indah yang masing-masing disebut sebagai Curug Lawe  yang memiliki ketinggian 30 meter, serta  Curug Benowo yang memiliki ketinggian mencapai 40 meter.

Sekitar curug memiliki lingkungan sekitar yang masih alami dan juga termasuk ke dalam vegetasi yang dilindungi, jika sedang beruntung, para pengunjung bisa menemui fauna yang ada di lokasi tersebut mulai dari kijang, lutung, hingga kupu-kupu spesies langka.

Di dekat curug, terdapat Jembatan Romantis, yang merupakan sebuah jembatan kayu yang memiliki panjang sekitar 25 meter yang bisa dijadikan sebagai spot foto instagramable.

5. Objek Wisata Rawa Pening


Rawa Pening, memiliki luas area yang mencapai 2.670 hektar, letaknya berada pada cekungan terendah tiga lereng gunung, yakni Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, serta Gunung Telomoyo.

Untuk tiket masuk ke lokasi destinasi ini, para pengunjung harus membayar sejumlah Rp2.500 per orangnya.

Meskipun sebagian besar ditutupi oleh tanaman liar eceng gondok, para pengunjung tetap bisa menikmati perahu sewaan untuk menjelajahi area danau dengan tarif sewa sebesar Rp30.000 untuk durasi waktu selama 40 menit.

6. Bukit Cinta


Berada tidak jauh dari lokasi wisata Rawa Pening, Bukit Cinta menawarkan pemandangan langsung keindahan danau dari atas ketinggian puncak bukit.

Dengan latar belakang bukit dan hijaunya pepohonan-pepohonan yang berdiri berderetan, para pengunjung bisa menikmati panorama alamnya yang memukau dan tidak ada duanya.


7. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak


Tempat ini dikenal jugan dengan sebutan nama Siwarak, menawarkan kolam-kolam dengan air segar dari mata air pegunungan Ungaran.

Selain kolam renang, di Siwarak ini juga terdapat pemandian alami, juga ada taman bermain anak, jalur trekking, serta kolam ikan.

8. Umbul Sidomukti


Umbul Sidomukti Ungaran menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Ungaran yang memiliki fasilitas lengkap.

Di lokasi ini terdapat fasilitas yang berupa arena outbound, camping ground, serta resort berkapasitas besar.

Ada juga kafe yang memiliki view pemandangan indah pegunungan dan taman renang alami di atas bukit yang menawarkan panorama kota Semarang dari atas ketinggian.

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Manado dan Sekitarnya yang Cocok untuk Libur Lebaran

9. Objek Wisata Gunung Ungaran


Destinasi wisata Gunung Ungaran sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta alam juga para pendaki gunung yang menyukai petualangan yang menantang.

Dengan ketinggian 2050 mdpl, gunung ini menawarkan pengalaman berkemah yang memikat sekaligus memiliki pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Untuk Harga tiket masuknya sangat terjangkau, dengan range harga mulai dari Rp5.000 per orang.


10. Kampung Seni Lerep


Wisata Ungaran berikutnya adalaj Kampung Seni Lerep, yang merupakan senuah area wisata yang dibangun oleh komunitas seni di desa.

Kampung seni ini berada di lereng Gunung Ungaran, dengan lokasinya memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Menawarkan panorama alam yang sejuk dan asri, Kampung Seni ini juga menawarkan wisata seni yang bisa dinikmati mulai dari Griya Gladi, Joglo Indrakila, Teater Terbuka, juga lainnya.

Di Kampung Seni ini juga terdapat pertunjukan seni tradisional dan modern di Teater Terbuka yang sengaja diselenggarakan untuk dinikmati oleh para pengunjung.


Destinasi Wisata Ungaran tidak terbatas pada 10 objek wisata di atas saja, tetapi masih banyak destinasi wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi bila sedang berada di Kawasan Ungaran ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.