Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Apa Makna Perisai pada Lambang Garuda Pancasila? Berikut ini Penjelasannya!

 

Makna Perisai pada Lambang Garuda Pancasila
Makna Perisai pada Lambang Garuda Pancasila


SwaraWarta.co.id - Lambang Garuda Pancasila, sebagai simbol negara Indonesia, sarat akan makna filosofis yang mendalam.

Salah satu elemen penting dalam lambang ini adalah perisai yang terletak di dada Garuda.

Perisai ini bukan sekadar hiasan, melainkan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan identitas dan semangat bangsa Indonesia.

Perisai sebagai Simbol Pertahanan

Bentuk perisai yang kokoh dan kuat melambangkan pertahanan negara Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Ini merupakan cerminan tekad bangsa untuk menjaga kedaulatan dan melindungi seluruh warga negaranya.

Garis hitam tebal yang membelah perisai secara horizontal merepresentasikan garis khatulistiwa, menegaskan posisi strategis Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam.

Baca juga: Sebutkan dan Jelaskan Landasan Hukum Pendidikan Pancasila

Lima Simbol Pancasila dalam Perisai

Perisai ini terbagi menjadi lima bagian, masing-masing memuat simbol-simbol yang mewakili sila-sila dalam Pancasila:

  1. Bintang: Melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa, menunjukkan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar spiritual dan moral.

  2. Rantai: Melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mencerminkan semangat persaudaraan, kesetaraan, dan penghargaan terhadap hak asasi manusia.

  3. Pohon Beringin: Melambangkan sila Persatuan Indonesia, menggambarkan keragaman suku, budaya, dan agama yang bersatu dalam satu bangsa yang kuat.

  4. Kepala Banteng: Melambangkan sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, menekankan pentingnya musyawarah dan demokrasi dalam pengambilan keputusan.

  5. Padi dan Kapas: Melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, merefleksikan komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Perisai sebagai Simbol Kesatuan

Kelima simbol dalam perisai ini saling terkait dan membentuk kesatuan yang utuh, sebagaimana bangsa Indonesia yang beragam namun tetap satu.

Perisai ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan.

Perisai dalam lambang Garuda Pancasila bukan sekadar elemen visual, melainkan simbol yang sarat makna.

Ia melambangkan pertahanan, kesatuan, dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Dengan memahami makna perisai ini, kita dapat lebih menghargai dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

 

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter