Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk Desktop Maupun Laptop Anda

Aplikasi Pembersih Sampah
BootSpeed 11 - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Aplikasi Pembersih Sampah pada PC ataupun Laptop mutlak dibutuhkan.

Aplikasi Pembersih Sampah ini tentunya dibutuhkan untuk menyingkirkan sampah-sampah pada sistem yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Dengan mengaktifian Aplikasi Pembersih Sampah tentunya membuat kinerja sistem akan jauh lebih optimal.

File sampah atau yang sering disebut sebagai junk files merupakan file yang secara otomatis tersimpan di perangkat PC atau laptop sebagai hasil dari pengoperasian perangkat lunak atau software.

Sampah ini dibuat atau dihasilkan oleh sistem operasi atau program lain sebagai data sementara yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut.

Meskipun sifatnya sementara, file sampah dapat menumpuk seiring waktu dan berdampak negatif pada kinerja sistem serta menyebabkan penuhnya ruang penyimpanan yang dapat membuat PC atau laptop menjadi lambat dan berat.

Jenis-jenis file sampah ini bermacam-macam, mulai dari file sementara, file cache, file log, hingga file sisa dari uninstallasi program.

Sementara itu, file sisa dari uninstallasi program adalah file yang tidak dihapus sepenuhnya ketika menghapus program tersebut dari perangkat.

Ketika file-file ini menumpuk, mereka dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga dan memperlambat kinerja sistem secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur membersihkan file sampah dari perangkat Anda.

BACA JUGA: 4 Cara Menonaktifkan Windows Defender pada Perangkat Komputer Anda Baik Sementara Maupun Permanen


Aplikasi Pembersih Sampah pada Desktop atau Laptop Anda


Ada berbagai cara untuk membersihkan file sampah di PC atau laptop, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih atau cleaner junk file.

Dalam dunia digital saat ini, tersedia banyak aplikasi dari berbagai developer yang dirancang khusus untuk membersihkan file sampah.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar, memberikan opsi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.


1. CCleaner


Aplikasi Pembersih Sampah
CCleaner - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



CCleaner adalah salah satu aplikasi pembersih sampah yang populer di PC dan laptop, digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Jika Anda merasa bahwa PC atau laptop Anda berjalan lambat karena file atau cache yang tidak perlu, CCleaner dapat secara efektif menghapusnya dan meningkatkan kinerja perangkat Anda.

CCleaner memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi pro. Versi terbaru menyertakan fitur defragmentasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan hard disk Anda.

Meskipun aplikasi ini masih tersedia untuk PC, pengguna MacOS juga dapat mengunduhnya melalui website resminya.

2. Advanced SystemCare 13


Advanced SystemCare 13 merupakan aplikasi pembersih sampah untuk laptop maupun desktop Anda yang diperuntukkan pada komputer yang mempergunakan sistem operasi Windows, XP hingga sistem operasi Windows 10.

Aplikasi ini menyediakan beragam bahasa termasuk Bahasa Indonesia, dan Anda dapat mengubah tampilan warnanya sesuai preferensi.

Dikembangkan oleh IObit, Advanced SystemCare memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus malware, serta memberikan perlindungan saat Anda menjelajah internet dengan memblokir situs-situs berbahaya.

BACA JUGA: Tren Terbaru dalam Teknologi Prosesor untuk Komputer

3. BoostSpeed 11


BoostSpeed 11 merupakan aplikasi pembersih sampah untuk PC dan laptop yang sangat efektif.

Dengan hanya satu klik, aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kinerja sistem laptop Anda. Dengan lebih dari 15 juta pengguna, BoostSpeed adalah salah satu aplikasi pembersih sampah yang paling populer.

Aplikasi ini melakukan pencarian terhadap file yang tidak lagi dibutuhkan atau gangguan lain yang dapat menyebabkan perlambatan sistem.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

BoostSpeed menyediakan dua versi: versi gratis dan versi Pro. Versi Pro menawarkan fitur tambahan yang lebih lengkap.


4. AVG TuneUp


Aplikasi Pembersih Sampah
AVG TuneUp - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



AVG TuneUp adalah aplikasi pembersih sampah untuk PC dan laptop yang merupakan bagian dari rangkaian produk AVG yang dirancang untuk mengatasi penurunan kinerja komputer Anda.

Selain menyediakan fitur pembersihan sistem yang komprehensif, AVG TuneUp juga menawarkan beberapa fitur ekstra, seperti File Shredder, yang berguna untuk memastikan file yang dihapus tidak dapat dipulihkan.

Selain itu, AVG TuneUp juga dapat meningkatkan masa pakai baterai laptop dan secara otomatis memperbarui aplikasi Anda. Aplikasi ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Namun, perlu diingat bahwa AVG TuneUp tidak tersedia secara gratis, hanya menyediakan uji coba gratis selama 30 hari.

BACA JUGA: BSoD dan Cara Mengatasinya, Apa Saja? Cek


5. Ashampoo WinOptimizer


Ashampoo WinOptimizer adalah aplikasi pembersih sampah yang kuat untuk PC dan laptop.

Dengan kemampuannya yang dapat membersihkan semua file sementara dan membebaskan ruang penyimpanan yang signifikan, aplikasi ini menjaga kinerja sistem Windows Anda tetap optimal.

Fitur unggulan dari Ashampoo WinOptimizer adalah "one-click optimization", yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai fungsi secara bersamaan.

Meskipun biasanya berharga $20,99, saat ini Ashampoo WinOptimizer tersedia secara gratis.

6. Total PC Cleaner


Total PC Cleaner adalah aplikasi pembersih sampah untuk PC atau laptop yang tersedia di Microsoft Store.

Aplikasi ini mampu menghapus semua jenis cache, termasuk cache email dan cache office.

Selain itu, Total PC Cleaner juga dapat mengidentifikasi file besar yang tidak digunakan lagi dan file yang berlebihan untuk dihapus, sehingga membebaskan ruang penyimpanan yang signifikan.

Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi Windows.

7. CleanMaster


CleanMaster merupakan salah satu aplikasi pembersih sampah yang populer. Dengan mudah, aplikasi ini dapat menemukan dan menghapus file yang tidak perlu, yang dapat membebani ruang penyimpanan Anda.

Selain itu, CleanMaster juga melindungi privasi Anda dengan fitur anti-pelacakan yang dapat diaktifkan di browser PC Anda.

Meskipun tersedia secara gratis, CleanMaster juga memiliki versi berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Jika Komputer Tidak Ditemukan, Simak Penjelasannya Berikut ini!


8. Wise Disk Cleaner


Wise Disk Cleaner adalah aplikasi yang efisien dalam menghapus file sampah dan cache di PC atau laptop Anda, termasuk cache browser dan sistem.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mendefrag drive hard disk Anda.

Anda dapat menggunakan filter khusus yang disertakan untuk menargetkan data yang tidak lagi Anda perlukan.

Wise Disk Cleaner tersedia secara gratis untuk pengguna sistem operasi Windows.

9. BleachBit


BleachBit adalah aplikasi pembersih sampah open-source yang membantu Anda membersihkan file yang tidak diinginkan.

Dengan fitur canggih, aplikasi ini dapat menghapus cache, riwayat browser, file sementara, cookies, dan shortcut yang rusak.

Aplikasi ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Linux.

10. Advanced System Optimizer


Advanced System Optimizer adalah aplikasi pembersih sampah yang dikembangkan oleh SYSTWEAK, dirancang untuk membersihkan file sementara di sistem Anda.

Dengan kemampuannya, Advanced System Optimizer dapat menemukan dan menghapus semua file cache yang tidak berguna dan sampah lainnya.

Tersedia secara gratis, versi ini cocok untuk banyak pengguna. Namun, tersedia juga versi berbayar yang dilengkapi dengan aplikasi PhotoStudio gratis.


Itulah 10 Aplikasi Pembersih Sampah yang bisa digunakan pada desktop maupun laptop Anda.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.