Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Cara Screenshot di iPhone Series 11, Mudah dan Efektif

iPhone 11
Cara Screenshot di iPhone - SwaraWarta.co.id (Sumber: Youtube)


SwaraWarta.co.id - Cara Screenshot di iPhone tentunya tidaklah susah, akan tetapi sebagian tidak mengetahuinya.

Ada beberapa Cara Screenshot di iPhone, tetapi sebelumnya kita berkenalan dulu dengan iPhone, khususnya seri 11.

Ponsel iOs dari seri Apple iPhone 11 terus menjadi primadona di pasar, menarik minat banyak konsumen dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan saat pertama kali diluncurkan.

Meskipun telah berlalu beberapa tahun sejak peluncurannya, daya tariknya tidak pudar.

Hal ini karena Apple terus memberikan dukungan dengan pembaruan sistem operasi terbaru, seperti iOS 16.

Dengan adanya pembaruan ini, pengguna masih bisa menikmati pengalaman menggunakan ponsel yang nyaman dan responsif.

Bahkan dengan spesifikasi yang agak ketinggalan zaman dibandingkan dengan model-model terbaru, iPhone 11 series masih mampu memberikan performa yang memuaskan untuk kegiatan sehari-hari seperti menjelajahi internet atau bermain game.

Kemampuan ini membuktikan bahwa meskipun tidak memiliki fitur terbaru yang dimiliki oleh model-model ponsel terbaru, iPhone 11 masih bisa diandalkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Dengan harga yang lebih terjangkau, menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memiliki perangkat iOS tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Selain itu, dukungan yang diberikan oleh Apple dalam bentuk pembaruan sistem operasi menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman yang optimal kepada pengguna iPhone 11 series.

Dengan demikian, meskipun telah berlalu beberapa tahun sejak peluncurannya, iPhone 11 series masih tetap relevan dan bisa menjadi pilihan yang baik bagi pengguna yang mencari ponsel iOS yang handal dengan harga yang lebih terjangkau.

BACA JUGA: 5 Ciri-Ciri iPhone HDC yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Tertipu


Cara Screenshot di iPhone 11

iPhone 11
Cara Screenshot di iPhone - SwaraWarta.co.id (Sumber: Youtube)



Dan bagi yang memiliki hp iPhone seri 11 ini tapi masih belum tahu Cara Screenshot di iPhone-nya, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

1. Menggunakan Tombol Fisik

Bagi pengguna yang terbiasa dengan HP Android, proses mengambil screenshot pada iPhone mungkin terasa familiar.

Untuk Cara Screenshot di iPhone, langkahnya cukup sederhana. Pertama, temukan halaman atau konten yang ingin Anda simpan dalam tangkapan layar.

Setelah itu, tekan tombol power dan tombol volume naik secara bersamaan pada sisi perangkat iPhone.

Lakukan tekanan ini secara cepat dan bersamaan. Ketika berhasil, layar iPhone akan berkedip atau menampilkan gambar pratinjau tangkapan layar.

Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan di galeri perangkat Anda.

Dengan langkah yang mudah ini, pengguna iPhone dapat dengan cepat dan praktis mengambil tangkapan layar untuk berbagai keperluan, seperti menyimpan informasi penting, membagikan momen menarik, atau menyimpan pesan penting.

2. Menggunakan Bagian Bodi Belakang

iPhone 11
Cara Screenshot di iPhone - SwaraWarta.co.id (Sumber: Youtube)



Untuk pengguna iPhone dengan iOS 14 ke atas, tersedia fitur praktis Cara Screenshot di iPhone dengan menggunakan Back Tap.

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, masuk ke pengaturan iPhone, kemudian buka menu Accessibility, lalu pilih Touch, dan terakhir pilih Back Tap.

Di sini, Anda akan melihat opsi untuk dua ketukan atau tiga ketukan. Misalnya, Anda memilih "Double tap". Selanjutnya, pilih "Screenshot" di menu berikutnya.

Setelah mengatur fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengetuk dua kali pada bagian belakang iPhone 11 Series.

BACA JUGA: 5 Harga iPhone 5 Jutaan yang Rekomendasi untuk Dimiliki


Dengan menggunakan cara ini, iPhone akan secara otomatis menyimpan tampilan layar saat itu dan menyimpannya di aplikasi Foto.

Fitur ini memberikan cara yang cepat dan mudah untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan kombinasi tombol fisik, memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dengan lebih nyaman.

3. Dengan Menggunakan Assistive Touch

Untuk Cara Screenshot di iPhone 11 dan model-model lainnya dengan iOS versi yang lebih baru, Anda bisa mengaktifkan fitur Assistive Touch terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah. Mulailah dengan masuk ke pengaturan iPhone, lalu buka menu Accessibility, kemudian pilih Touch, dan aktifkan Assistive Touch.

Setelah fitur ini diaktifkan, Anda akan melihat titik putih besar muncul di layar. Titik ini dapat dipindahkan sesuai keinginan Anda.

Untuk mengambil screenshot, cukup tekan titik putih tersebut, lalu pilih Device > More (titik tiga), dan terakhir pilih "Screenshot".

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik pada perangkat.

Hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis di aplikasi Foto dalam album screenshot, memudahkan Anda untuk mengaksesnya dan membagikannya sesuai kebutuhan.

Ini menjadi salah satu cara favorit bagi banyak pengguna karena dianggap lebih mudah dilakukan dan memberikan akses yang cepat ke fitur tangkapan layar.

BACA JUGA: 3 Cara Melacak HP iPhone yang Hilang, Efektif dan Aman


4. Cara Screenshot Tampilan Panjang

Cara Screenshot di iPhone 11, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar panjang, yang memungkinkan Anda untuk merekam tampilan gambar dari atas ke bawah dalam satu halaman penuh.

Meskipun hasilnya bukan dalam format foto, melainkan file PDF, fitur ini tetap berguna untuk merekam konten yang lebih luas.

Cara mengambil tangkapan layar panjang ini cukup mudah.

Mulailah dengan melakukan screenshot seperti biasa. Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, gambar mini hasil screenshot akan muncul di pojok layar. Klik preview gambar tersebut, lalu pilih opsi "Full page".

Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan tangkapan layar dalam satu halaman penuh. Tekan tombol "crop" dan pilih seluruh tangkapan layar seperti yang diinginkan.

Setelah selesai, tekan tombol "Done". Hasil tangkapan layar panjang dapat Anda simpan di folder yang diinginkan untuk referensi atau berbagi dengan orang lain.

Meskipun berbeda dari screenshot biasa, fitur tangkapan layar panjang ini memberikan fleksibilitas dalam merekam konten yang lebih besar secara efisien.

5. Menggunakan Aplikasi Unduhan

Saat membutuhkan Cara Screenshot di iPhone yang lebih baik atau yang bisa diedit dengan lebih baik, mengandalkan aplikasi pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang baik untuk pengguna perangkat Apple.

Salah satu aplikasi populer yang tersedia di Apple Store adalah Picsew.

Picsew menonjol sebagai salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik untuk perangkat iPhone dan iPad.

BACA JUGA: 4 Harga iPhone 3 Jutaan dengan Fitur Mumpuni

Dengan beragam fitur yang disediakannya, pengguna dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih fleksibel dan melakukan edit sesuai kebutuhan.

Salah satu fitur unggulan Picsew adalah kemampuannya untuk menggabungkan beberapa tangkapan layar menjadi satu gambar utuh.

Pengguna dapat memilih untuk menggabungkan gambar secara vertikal atau horizontal, serta melakukan tangkapan layar panjang untuk mengabadikan seluruh konten yang diinginkan.

Selain itu, Picsew juga dilengkapi dengan beragam fitur pengeditan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyempurnaan lebih lanjut.

Meskipun beberapa fitur pengeditan seperti menambahkan teks atau bingkai masuk ke dalam versi berbayar, Picsew Pro atau Plus, versi gratisnya tetap menyediakan sejumlah fitur yang berguna.

Dengan demikian, Picsew menjadi pilihan yang solid bagi pengguna yang membutuhkan tangkapan layar berkualitas tinggi dan memiliki kemampuan editing yang cukup memadai.

Dari kelima Cara Screenshot di iPhone di atas tentu saja disesusaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing, tentunya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.