Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jelaskan Realisasi Upaya-upaya yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi?

 

Realisasi Upaya-upaya yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi
Realisasi Upaya-upaya yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi

SwaraWarta.co.id – Pembahasan kali ini akan membahas soal mengenai jelaskan realisasi upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi globalisasi.

Globalisasi telah menjadi keniscayaan yang tak terhindarkan. Di era serba terhubung ini, Indonesia sebagai negara besar tidak tinggal diam.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya nyata untuk menghadapi tantangan sekaligus memanfaatkan peluang yang dibawa oleh globalisasi. Artikel ini akan mengulas secara mendalam realisasi upaya-upaya tersebut.

Realisasi Upaya-upaya yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi:

Penguatan Daya Saing Ekonomi

Salah satu fokus utama pemerintah adalah memperkuat daya saing ekonomi Indonesia di kancah global. Hal ini diwujudkan melalui:

  1. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM): Pemerintah gencar berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan vokasi untuk menciptakan SDM yang terampil dan siap bersaing. Program Kartu Prakerja adalah salah satu contoh nyata upaya ini.

  2. Pembangunan Infrastruktur: Infrastruktur yang memadai menjadi kunci kelancaran arus barang dan jasa. Pembangunan jalan tol, pelabuhan, dan bandara terus digalakkan untuk mendukung konektivitas nasional.

  3. Perbaikan Iklim Investasi: Pemerintah aktif melakukan deregulasi dan penyederhanaan perizinan untuk menarik investasi asing langsung. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kerja Sama Internasional

Indonesia juga aktif menjalin kerja sama internasional untuk memperluas akses pasar bagi produk-produk dalam negeri. Beberapa bentuk kerja sama yang dilakukan antara lain:

  1. Perjanjian Perdagangan Bebas: Indonesia telah menandatangani sejumlah perjanjian perdagangan bebas dengan negara-negara mitra, seperti ASEAN, Australia, dan Jepang.

  2. Keanggotaan dalam Organisasi Internasional: Indonesia aktif berpartisipasi dalam organisasi-organisasi internasional seperti WTO dan G20 untuk menyuarakan kepentingan nasional dan memperkuat posisi tawar di tingkat global.

Pelestarian Budaya dan Lingkungan

Di tengah arus globalisasi yang deras, pemerintah tetap berkomitmen untuk melestarikan kekayaan budaya dan lingkungan Indonesia. Upaya yang dilakukan antara lain:

  1. Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan: Pemerintah fokus pada pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan dan berbasis komunitas untuk menjaga kelestarian alam dan budaya lokal.

  2. Pelindungan Terhadap Produk Budaya: Pemerintah berupaya melindungi produk-produk budaya Indonesia dari klaim negara lain melalui berbagai perjanjian internasional.

Globalisasi adalah tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya nyata untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang tersebut.

Dengan penguatan daya saing ekonomi, kerja sama internasional, dan pelestarian budaya serta lingkungan, diharapkan Indonesia mampu menjadi pemain utama di era globalisasi ini.

 

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.