Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Keutamaan Surat Al Kahfi yang Patut Diketahui dan Juga Diyakini

Surat Al Kahfi
Keutamaan Surat Al Kahfi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Keutamaan Surat Al Kahfi memang memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang dipercayai dalam tradisi Islam.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membacanya, khususnya pada malam Jumat, mengingat Keutamaan Surat Al Kahfi yang tak terbatas dunia semata.

Hadits yang menyatakan bahwa Keutamaan Surat Al Kahfi bila dibaca pada malam Jumat akan menerangi jalur spiritual antara pembaca dan Kabah menjadi bukti keutamaan surah tersebut.

Hal ini memberi motivasi bagi umat Islam untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW dengan membaca surah ini secara rutin, khususnya pada hari Jumat.

Namun, manfaat Surat Al-Kahfi tidak hanya terbatas pada aspek keagamaan.

Dalam konteks pendidikan, terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari berbagai ayat dalam surat tersebut.

Dalam sebuah jurnal keislaman, kompetensi-kompetensi penting bagi seorang guru dipetakan dengan ayat-ayat surat Al-Kahfi, seperti kompetensi keagamaan, kepribadian, pedagogik, dan profesionalisme.

Oleh karena itu, Surat Al-Kahfi bukan hanya sebuah bacaan yang mendatangkan berkah spiritual, tetapi juga sumber inspirasi dan pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan.

BACA JUGA: 8 Keutamaan Surat Al Fatihah, Salah Satunya Bisa Menjadi Surat untuk Rukyah


Keutamaan Surat Al Kahfi yang Harus Diketahui


Surat Al Kahfi memiliki beberapa keutamaan yang harus diketahui, dan membacanya adalah sunnah yang memiliki beragam manfaat.

Berikut, beberapa keutamaan Surat Al Kahfi tersebut:

1. Dianugerahi Pancaran Cahaya pada Hari Kiamat


Surat Al Kahfi
Keutamaan Surat Al Kahfi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Keutamaan Surat Al-Kahfi bila dibaca pada malam atau hari Jumat diyakini akan mendatangkan berkah besar bagi pembacanya, termasuk di antaranya adalah penerimaan cahaya dari Allah di hari kiamat.

Keyakinan ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa orang yang membaca surah tersebut pada malam Jumat akan diberi cahaya oleh Allah di antara dirinya dan Ka'bah di hari kiamat.

Penerimaan cahaya ini diyakini sebagai bentuk penghargaan dan perlindungan khusus bagi mereka yang taat dalam menjalankan sunnah Rasulullah SAW.

Dengan membaca Surat Al-Kahfi secara rutin, umat Islam berharap untuk mendapatkan perlindungan dan petunjuk dari Allah, serta mendapatkan bagian dari berkah yang telah dijanjikan.

Pengertian ini menggambarkan pentingnya amalan sunnah dalam Islam dan bagaimana setiap tindakan kecil yang dilakukan dengan niat yang tulus dapat memiliki dampak besar, baik dalam kehidupan dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu, membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat merupakan salah satu cara bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh berkah serta perlindungan-Nya di hari kiamat.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Yasin; dari Mulai Jantungnya Quran hingga Memberi Kemudahan dalam Pemecahan Masalah


2. Mendapat Petunjuk dari Allah SWT


Selain janji cahaya di hari kiamat, Keutamaan Surat Al-Kahfi bila dibaca pada malam atau hari Jumat juga dianggap sebagai sarana untuk mendapatkan petunjuk dan bimbingan Allah SWT di dunia.

Salah satu bentuk petunjuk tersebut adalah cahaya yang akan diberikan hingga Jumat berikutnya.

Ini menggambarkan bahwa membaca surat tersebut membawa berkah yang berkelanjutan dan memberikan bimbingan serta perlindungan dari Allah dalam menghadapi tantangan dan ujian di dunia.

Dengan demikian, membaca Surat Al-Kahfi menjadi lebih dari sekadar amalan ibadah, tetapi juga merupakan upaya untuk mendapatkan petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

Hal ini mengingatkan umat Islam akan pentingnya ketaatan dan hubungan yang erat dengan Allah dalam setiap aspek kehidupan mereka.

3. Pengampunan Dosa di Antara Dua Jumat


Surat Al Kahfi
Keutamaan Surat Al Kahfi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Salah satu Keutamaan Surat Al Kahfi adalah janji ampunan dari Allah SWT.

Orang yang melaksanakan amalan ini dengan penuh keikhlasan diyakini akan mendapatkan pengampunan dosa-dosanya di antara dua Jumat berikutnya.

Keyakinan ini menegaskan pentingnya menjalankan amalan ibadah dengan konsisten dan penuh keyakinan, khususnya dalam menjalankan sunnah Rasulullah SAW.

4. Mendapatkan Sakinah atau Rasa Tenang


Membaca Surat Al-Kahfi secara rutin dapat memberikan efek menenangkan bagi seseorang, membantu mereka merasa lebih tegar menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

Nilai-nilai yang terkandung dalam surat ini, seperti kesabaran, keteguhan hati, dan keimanan yang kuat, dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan dalam mengatasi kesulitan dan ujian.

Selain itu, membaca Surat Al-Kahfi bersama keluarga juga dapat meningkatkan rasa kedamaian dan keharmonisan dalam rumah tangga.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Al Ikhlas Bila Rutin Dibaca dan Diamalkan


5. Terhindar dari Fitnah Dajjal


Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan bahwa Keutamaan Surat Al-Kahfi tidak terbatas pada hari Jumat saja.

Orang yang rajin membacanya, baik di hari-hari biasa maupun di hari Jumat, akan mendapat perlindungan dari fitnah Dajal yang keji.

Fitnah Dajal dipercayai sebagai ujian terbesar yang akan menguji iman umat manusia, dan dengan membaca Surat Al-Kahfi secara rutin, seseorang dapat memperoleh perlindungan dan kekuatan dari Allah SWT.

6. Terhindar dari Godaan Setan yang Sesat


Setan merupakan musuh utama manusia yang senantiasa berupaya merusak iman dan menggoda manusia ke jalan kesesatan.

Terutama saat seseorang berusaha melakukan kebaikan dan beribadah, setan akan berusaha keras menghalanginya.

Satu dari sekian cara untuk melindungi diri dari usaha godaan setan dengan berbagai jebakannya adalah dengan membaca Surat Al-Kahfi.

Dengan membiasakan diri membaca Surat Al-Kahfi secara rutin, seseorang dapat membangun benteng spiritual yang kuat untuk melawan pengaruh negatif setan.

7. Mendapat Ridha dari Allah SWT


Keutamaan Surat Al-Kahfi tidak hanya membawa manfaat duniawi, tetapi juga spiritual.

Salah satu manfaatnya adalah memudahkan seseorang untuk mendapatkan rida Allah SWT, atau keridhaan-Nya.

Dengan mengikuti anjuran Rasulullah SAW dalam membaca surah ini, seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan keridhaan-Nya.

Selain itu, membaca Surat Al-Kahfi juga dapat membantu menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Berguna Bagi Kehidupan Kita Sebagai Umat yang Taat


8. Mendapat Cahaya Kebaikan


Membaca Surat Al-Kahfi memiliki keutamaan yang luar biasa, di antaranya adalah mendapat cahaya kebaikan dari Allah SWT.

Umat Islam yang mengamalkannya akan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan, sebagaimana keutamaan Ar Rahman.

Pada hari kiamat, Allah SWT akan memberikan cahaya tersebut kepada mereka, yang akan memancar dari kedua telapak kaki mereka hingga mencapai langit.

9. Tanda Kebesaran Allah


Membaca Surat Al-Kahfi memungkinkan umat Islam untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT.

Ini karena surah ini memuat kisah-kisah yang menggambarkan kekuasaan, keadilan, dan kebijaksanaan-Nya.

Kewajiban bagi umat Muslim untuk selalu mengingat kebesaran Allah SWT dan hari kiamat merupakan bagian penting dari keyakinan mereka.

10. Meninggal dalam Syahid


Salah satu keutamaan yang perlu diketahui oleh umat Islam adalah kemungkinan meninggal dunia dalam keadaan syahid karena membaca Surat Al-Kahfi.

Ini merupakan anugerah besar yang Allah SWT berikan kepada mereka yang rajin mengamalkan surah ini.

Menurut Al Imam Baqir, keutamaan ini dapat diraih dengan membaca surah setiap malam Jumat.

Mengingat Keutamaan Surat Al Kahfi itu sangat luar biasa, oleh karena itu, membaca Surat Al-Kahfi secara teratur merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.