Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Massal Adalah? Ini Konteks Umumnya

Contoh orang demo
Contoh orang demo
( Dok. Is


 SwaraWarta.co.id - Massal adalah sebuah kata sifat yang sering digunakan dalam berbagai konteks. 

Secara sederhana, kata massal adalah dapat didefinisikan sebagai suatu hal yang terkait dengan atau dilakukan oleh banyak orang sekaligus. 

Baca Juga:

Cara Melihat CVV di Buku Tabungan dengan Mudah dan Cepat

Hal ini dapat merujuk pada berbagai hal, mulai dari kegiatan sosial hingga kegiatan politik.

Hal yang Termasuk Konteks Massal Adalah?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai hal yang bersifat massal.

1. Demonstrasi

Demonstrasi atau aksi massa merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh banyak orang sekaligus dalam rangka mengekspresikan pendapat atau tuntutan terhadap suatu hal. 

Baca Juga:

Gereja Terbesar di Indonesia Berdasarkan Survei, Bisa Tampung Ribuan Jemaat

Demonstrasi biasanya dilakukan secara damai, namun terkadang dapat menimbulkan kekerasan apabila terjadi benturan dengan pihak keamanan atau kelompok yang berseberangan.

2. Konser musik

Konser musik merupakan suatu kegiatan yang memiliki daya tarik besar bagi banyak orang. Konser musik sering dihadiri oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang yang datang untuk menikmati penampilan band atau penyanyi favorit mereka. 

Baca Juga:

Contoh Kata2 Undangan Aqiqah Lewat Wa

Konser musik sendiri dapat diadakan dalam skala kecil (lokal) maupun besar (internasional).

3. Olahraga

Olahraga juga dapat dikategorikan sebagai hal yang bersifat massal, terutama apabila dipertandingkan dalam skala internasional seperti Piala Dunia FIFA atau Olimpiade. 

Tidak hanya sebagai ajang olahraga, Piala Dunia dan Olimpiade juga menjadi ajang unjuk kekuatan negara dan menciptakan persatuan global melalui olahraga.

4. Pawai

Pawai atau parade adalah kegiatan yang melibatkan massa dalam bentuk pawai atau barisan yang bergerak dari satu titik menuju ke titik tujuan. 

Pawai dapat diadakan dalam rangka merayakan sebuah acara atau peringatan, seperti Hari Kemerdekaan atau Natal. Pawai dapat menampilkan berbagai ragam tarian, kostum, dan pakaian adat.

5. Kampanye politik

Indonesia sebagai negara demokratis, sering mengadakan kampanye politik untuk mengajak masyarakat agar memilih partai atau calon tertentu dalam Pemilu. 

Baca Juga:

Warna Cat Interior Ruangan Tamu dengan Aksen Lemon, Memberikan Sentuhan Mewah dan Ceria

Kegiatan kampanye politik seringkali dilakukan dalam skala massal, dengan cara menyapa masyarakat di berbagai tempat serta menggelar acara-acara besar yang dihadiri ribuan orang.

Kesimpulannya, kata massal sering digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan atau hal yang dilakukan oleh banyak orang sekaligus. 

Termasuk dalam kategori itu adalah demonstrasi, konser musik, olahraga, pawai, kegiatan keagamaan, petisi, dan kampanye politik. 

Dalam sejarahnya, aksi massa telah menjadi salah satu bentuk perubahan sosial yang penting di masyarakat.

Namun, pengorganisasian dan pelaksanaan kegiatan tersebut harus dilakukan dengan tertib dan memperhatikan aspek-aspek keamanan serta kepentingan umum.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter