Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengenal Obat Bromocriptine dan Anjuran Sebelum Pemakaian

 

Obat Bromocriptine
Obat Bromocriptine
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Obat Bromocriptine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan terkait kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi (hiperprolaktinemia), seperti prolaktinoma, galaktorea, dan kemandulan.

Selain itu, obat Bromocriptine juga dipakai untuk mengobati akromegali dan penyakit Parkinson.

Baca Juga:

Harga USG Abdomen Paling Umum, Bisakah Pakai BPJS?

Obat Bromocriptine ini termasuk ke dalam golongan ergot alkaloid, bekerja dengan menekan produksi hormon prolaktin dari kelenjar pituitari.

 Selain itu, Bromokriptin juga dapat menurunkan kadar hormon pertumbuhan darah dan merangsang sistem saraf yang mengendalikan gerakan tubuh.

Baca Juga:

Manfaat Obat Dydrogesterone Beserta Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Anjuran Sebelum Pakai Obat Bromocriptine 

Bromocriptine hanya dapat digunakan sesuai dengan resep dokter. Sebelum mengonsumsi obat ini, kita harus memperhatikan hal-hal penting berikut:

  • Informasikan ke dokter jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap obat ini atau golongan ergot alkaloid lainnya, seperti ergotamine.
  • Informasikan ke dokter jika kamu menderita tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, tekanan darah tinggi selama kehamilan, termasuk eklamsia atau preeklamsia, atau tekanan darah tinggi selama masa nifas.
Baca Juga:
  • Informasikan ke dokter jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung koroner, aterosklerosis, hipertensi, sindrom Raynaud, stroke, penyakit hati, tukak lambung, perdarahan saluran pencernaan, gangguan mental atau psikosis, hipotensi, penyakit paru-paru, atau kejang.
  • Informasikan ke dokter jika kamu sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui, karena Bromocriptine tidak boleh digunakan pada ibu menyusui karena dapat menghambat produksi ASI.
  • Jangan minum minuman beralkohol setelah mengonsumsi obat ini karena bisa menyebabkan efek samping.
Baca Juga:
  • Hindari aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan, seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin setelah mengonsumsi Bromocriptine, karena dapat menyebabkan pusing, kantuk yang berat, atau tidur secara tiba-tiba.
  • Informasikan ke dokter jika kamu sedang menggunakan obat lain, produk herbal, atau suplemen, untuk menghindari interaksi obat.
  • Jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi obat ini, segera hubungi dokter.

Nah itulah informasi singkat mengenai obat Bromocriptine. Pastiakan pengonsumsian atas saran dan dosis dokter.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter