Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai
Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai


SwaraWarta.co.id - Jantung bengkak, atau dalam istilah medis disebut kardiomegali, bukanlah penyakit itu sendiri, melainkan kondisi yang bisa menjadi tanda adanya masalah pada jantung.

Kondisi ini ditandai dengan membesarnya ukuran jantung melebihi batas normal. Sehingga masalah ini tidak boleh kamu anggap enteng, karena bisa mengakibatkan kematian.

Untuk lebih jelasnya, mari disimak penyebab jantung bengkak.

Penyebab Jantung Bengkak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jantung bengkak. Berikut beberapa diantaranya:

  • Tekanan darah tinggi ( hipertensi ) Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melawan tekanan yang tinggi dalam pembuluh darah. Kondisi ini (hipertensi) dalam jangka panjang dapat membuat otot jantung menebal dan membesar.

  • Penyakit jantung koroner Penyakit jantung koroner terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah koroner yang memasok darah kaya oksigen ke jantung. Kurangnya pasokan darah (jantung bengkak) dapat merusak otot jantung dan membuatnya melemah, sehingga jantung membesar untuk bisa tetap memompa darah ke seluruh tubuh.

  • Kardiomiopati Kardiomiopati adalah istilah umum untuk penyakit otot jantung. (Penyebab jantung bengkak) ini dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti infeksi virus, penyakit genetik, atau penggunaan alkohol berlebihan. Kardiomiopati menyebabkan otot jantung menjadi lemah dan tidak bisa memompa darah secara efisien, sehingga ukuran jantung membesar.

  • Kelainan katup jantung Katup jantung berfungsi mengatur aliran darah masuk dan keluar jantung. Kelainan katup jantung, baik berupa stenosis (penyempitan) atau insufisiensi (kebocoran), (penyebab jantung bengkak) karena jantung harus bekerja lebih keras untuk mengatasi kelainan tersebut.

  • Gangguan irama jantung Gangguan irama jantung, seperti fibrilasi atrium atau takikardia, dapat membuat jantung berdetak tidak teratur dan tidak efisien. (Jantung bengkak) dapat terjadi akibat kondisi ini dalam jangka panjang.

  • Kondisi lain Beberapa kondisi lain, seperti anemia (kekurangan sel darah merah), hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid), dan penggunaan obat-obatan tertentu, juga bisa menjadi (penyebab jantung bengkak).

Gejala Jantung Bengkak

Gejala jantung bengkak bisa tidak dirasakan penderitanya, terutama pada tahap awal. Namun, seiring dengan memburuknya kondisi, beberapa gejala berikut mungkin muncul:

  • Sesak napas, terutama saat beraktivitas atau berbaring
  • Mudah lelah
  • Batuk terus-menerus
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Denyut jantung cepat atau tidak teratur
  • Nyeri dada

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, terutama jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. 

(Penyebab jantung bengkak) ini bisa diobati tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah komplikasi serius.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter