Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tujuan Perawatan di Ruang PICU Anak Secara Umum

Tujuan Perawatan di Ruang PICU Anak Secara Umum
Ruang PICU (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit) adalah ruang khusus di rumah sakit yang dirancang untuk menangani kondisi medis serius pada anak-anak. 

Anak-anak yang dirawat di ruang PICU menderita kondisi kesehatan yang mengancam nyawa atau dalam kondisi kritis, sehingga memerlukan perawatan intensif. 

Baca Juga:

Ciri-ciri Anemia Sedang yang Sering Dialami oleh Penderita

Tim medis terdiri dari dokter ahli dan perawat yang terlatih dengan pengalaman dalam merawat anak-anak kritis

Anak-anak yang dirawat di ruang PICU biasanya berusia dari bayi sampai anak remaja berusia 16 tahun.

Perawatan intensif di dalam PICU memungkinkan dokter dan tim medis untuk memantau pasien secara detail dan terus menerus.

Selain itu, perawatan PICU memantau tanda-tanda vital, memberikan pengobatan dan terapi yang sesuai, serta menyediakan penanganan medis emergensi jika diperlukan.

Baca Juga:

Frozen Shoulder Gejala dan Penyebab Serta Cara Penanganannya

Peralatan khusus seperti ventilator, monitor tanda-tanda vital, dan alat kejut jantung tersedia di ruangan PICU untuk membantu dokter dalam merawat pasien yang memerlukan tindakan darurat.

Kondisi yang Memerlukan Perawatan di Ruang PICU

Ada banyak kondisi medis yang menjadi indikasi perawatan di ruang PICU. Beberapa di antaranya termasuk gangguan pernapasan serius seperti asma berat, pneumonia, atau sindrom gagal napas akut. 

Baca Juga:

Jenis Manfaat dan Resiko Operasi Bariatrik Apa Saja? Ini Informannya!

Infeksi serius seperti meningitis bakteri atau sepsis juga bisa menjadi indikasi. Cedera berat, gangguan pada organ seperti gagal ginjal atau gagal hati, penyakit neurologis, dan gangguan metabolik juga bisa memerlukan perawatan di ruang PICU.

Tujuan Perawatan Ruang PICU

Tujuan Perawatan di Ruang PICU Anak Secara Umum
Ruang PICU (Dok. Ist)

Perawatan di dalam PICU umumnya terus-menerus dan tim medis di ruangan tersebut bekerja dalam sistem kerja shift untuk memastikan pengawasan pasien terus berjalan. Perawatan yang diberikan oleh tim medis di ruang PICU tidak hanya terbatas pada pengobatan medis tetapi juga meliputi dukungan emosional dan psikologis untuk anak-anak dan keluarga mereka. 

Dukungan Orang Tua Terhadap Anak 

Terkadang, keluarga anak yang dirawat di ruang PICU dapat mengalami stres dan kekhawatiran yang ekstrem karena kondisi medis anak mereka, dan tim medis di ruang PICU berusaha untuk memberikan dukungan dan mengurangi kekhawatiran tersebut.

Meksipun kondisi tersebut wajar terjadi, namun orang tua harus selalu berpikir positif serta menjaga komunikasi dengan dokter. 

Komunikasi dengan dokter menjadi poin penting yang harus diwujudkan. Hal ini bertujuan agar orang tua bisa memantau kondisi kesehatan anak. 

Memahami kondisi yang memerlukan perawatan di dalam PICU dan bagaimana perawatan tersebut diberikan dapat membantu orang tua dan keluarga si pasien dalam mempersiapkan diri dan mengurangi ketakutan yang mungkin timbul. 

Baca Juga:

Apa Itu Laminektomi? Ini Penjelasan dan Gejalanya

Mengetahui perawatan dan peralatan medis yang tersedia di dalam ruang PICU dapat juga membantu memberikan persepsi yang lebih jelas tentang apa yang dihadapi si pasien dan keluarganya selama masa perawatan intensif tersebut.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter