Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jadwal Pencairan Bansos BPNT Mei Juni 2024, Simak Informasinya!

Jadwal Pencairan Bansos BPNT Mei Juni 2024, Simak Informasinya!
Ilustrasi bansos (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Bansos atau bantuan sosial adalah bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), dalam bentuk uang atau barang. 

Salah satu jenis bantuan sosial yang banyak ditunggu-tunggu adalah bansos BPNT. BPNT adalah Program Bantuan Pangan Non Tunai yang disalurkan oleh pemerintah untuk membantu penerima manfaat yang kurang mampu secara finansial.

Baca Juga:

Sri Mulyani Blak- Blakan Soal Bansos saat di MK

Menurut berita yang beredar, bansos BPNT Mei Juni 2024 akan segera cair dan KPM di berbagai daerah telah melaporkan dana bantuan senilai Rp 400.000 untuk dua bulan sekaligus, Mei dan Juni 2024. 

Perlu diingat oleh KPM untuk rutin memeriksa rekening untuk memastikan apakah bantuan sudah cair.

Selain BPNT, ada juga bansos lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH) yang cair setiap tiga bulan sekali. 

Selain itu, ada juga bantuan sembako, bantuan beras 10 kg Cadangan Pangan Pemerintah, BLT Dana Desa, dan Program Indonesia Pintar (PIP). 

Bantuan sembako, PKH, PIP akan dicairkan melalui rekening dan diamanatkan oleh Himpunan Bank Negara (HIMBARA), sedangkan bansos beras 10 kg dan BLT Dana Desa akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

Namun, ada juga jenis bantuan sosial BLT Mitigasi sebesar Rp 600 ribu yang banyak dinanti-nanti oleh masyarakat tapi belum cair. 

Hal ini dikarenakan alokasi anggaran dari program BLT Mitigasi masih berada di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sehingga belum bisa dipastikan kapan bantuan tersebut akan cair.

Baca Juga:

Bansos PKH Cair Bulan Maret 2024, Ini Cara Ceknya!

Bagi yang ingin memeriksa apakah mereka termasuk sebagai penerima bantuan sosial, dapat melakukan pengecekan secara online melalui laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter