Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

PLN Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu Tunggu Arahan Pusat untuk Kompensasi Blackout

Pemadaman Listrik
Kompensasi Pemadaman Listrik Tunggu Arahan Pusat - SwaraWarta.co.id (MimbarSumut)


SwaraWarta.co.id - Buntut dari pemadaman aliran listrik di beberapa wilayah di Sumatera, PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu sedang menunggu arahan dari pusat untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan yang mengalami kerugian akibat pemadaman listrik secara total tersebut.

General Manager PLN Persero Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Adhi Herlambang, mengungkapkan di Palembang pada hari Kamis bahwa pihaknya menunggu keputusan dari PLN pusat terkait pemberian kompensasi kepada pelanggan yang terdampak pemadaman listrik pada 4 Juni 2024.

Ia menambahkan bahwa masalah kompensasi ini juga akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait.

Namun, sejauh ini belum ada keluhan dari masyarakat terkait kompensasi tersebut, sehingga pihaknya tetap akan menunggu arahan dari pusat.

Selain itu, pihaknya sedang berkoordinasi dengan PLN UP3 untuk melakukan investigasi guna mencari tahu penyebab gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau - Lahat.

BACA JUGA: PLN Sumbar Beri Potongan Imbas Pemadaman Listrik Total


Saat ini, fokus utama mereka adalah penanganan normalisasi aliran listrik.

Adhi Herlambang menyebutkan bahwa aliran listrik di wilayah tersebut telah kembali normal 100 persen setelah terjadi pemadaman total akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau - Lahat.

Adhi Herlambang menjelaskan bahwa normalisasi listrik telah selesai sejak pukul 01.16 WIB pada 5 Juni 2024, setelah terjadi pemadaman total sejak 4 Juni 2024.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk masyarakat, pemerintah, petugas kepolisian, TNI, dan semua yang turut berkontribusi dalam penanganan situasi tersebut.

Ia menegaskan bahwa semua pihak tetap dalam keadaan baik tanpa masalah apa pun.

Untuk mengantisipasi agar pemadaman total tidak terjadi kembali, PLN akan melakukan evaluasi teknis dan sistem.

Harapannya adalah untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, seperti yang telah dilakukan oleh PLN Provinsi Aceh.

Sebagai informasi tambahan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) telah memastikan akan memberikan kompensasi berupa pemotongan harga hingga 10 persen kepada pelanggan yang terdampak pemadaman listrik total sejak Selasa, 4 Juni 2024 siang.

BACA JUGA: AHY Beri Respon Begini Soal All Eyes on Papua


General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho, di Padang pada hari Rabu menyatakan bahwa kompensasi akan diberikan jika listrik padam selama lebih dari delapan jam. Kompensasi ini berupa potongan harga sebesar 10 persen.

Dengan demikian, langkah yang diambil oleh PLN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu dalam menunggu arahan pusat mencerminkan kehati-hatian mereka dalam menangani kompensasi kepada pelanggan.

PLN berupaya untuk tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak guna menemukan solusi terbaik bagi pelanggan yang terdampak, sambil terus memastikan pasokan listrik kembali normal dan mengantisipasi agar pemadaman total tidak terulang kembali.***
Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.