Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Trik Mengatasi Hidung Mampet pada Anak tanpa ke Dokter

Anak flu
Anak flu
(Dok. Ist

Swarawarta.co.id - Mengatasi hidung mampet pada anak banyak ditempuh oleh orang tua usia si kecil flu.

Umumnya mengatasi hidung mampet pada anak bisa memanfaatkan keberadaan sejumlah metode seperti alat sedot ingus.

Hidung tersumbat pada anak dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti batuk pilek, namun juga dapat menjadi gejala kondisi serius yang memerlukan perhatian medis. 

Langkah Mengatasi Hidung Mampet pada Anak

Namun, sebagai langkah awal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meredakan keluhan hidung tersumbat pada anak.

1.Beri Cairan 

Bila anak berusia di bawah 6 bulan, Bunda dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan menyusui anak sesering mungkin.

Baca Juga: Pola Tidur Bayi 4 Bulan, Terapkan Ini Agar Si Kecil Sehat!

Selain itu, memberikan anak lebih banyak cairan seperti air putih, jus buah, atau sup hangat dapat membantu mengencerkan lendir di hidung anak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2. Mandikan dengan Air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membuat anak merasa nyaman, selain itu juga dapat memberikan efek yang sama seperti terapi uap pada hidung anak. 

Baca Juga: Cara Menghadapi Anak Keras Kepala, Nomor Lima Wajib dipahami

Hal ini dapat membantu membuka rongga hidung anak dan membuat lendir di hidung lebih mudah keluar.

3. Atur Posisi Tidur

Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi daripada badan dapat membantu meredakan keluhan hidung tersumbat pada anak. 

Baca Juga: Bolehkah Bayi Tidur Tengkurap? Ini Menurut Pandangan Medis

Bunda dapat memberikan anak dua bantal untuk tidur agar kepala Si Kecil lebih tinggi. Namun, hindari penggunaan terlalu banyak bantal agar Si Kecil tetap merasa nyaman.

4. Pakai Alat Penyedot Ingus

Gunakan alat penyedot ingus Nasal aspirator atau alat penyedot ingus dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan lendir atau ingus yang menyumbat dalam hidung anak.

Untuk menggunakan alat ini, Bunda dapat teteskan larutan saline ke lubang hidung anak, tunggu selama 60 detik, dan bantu anak untuk duduk kembali. Kemudian, gunakan nasal aspirator untuk mengekstrak ingus dari hidung anak.

5. Hindari Papara Polusi Udara

Hindari paparan polusi udara Hindarkan anak dari paparan debu dan asap rokok yang dapat memperburuk hidung tersumbat pada anak. 

Baca Juga: Cara Mengompres Anak Panas dengan Mudah dan Cepat, Jangan Sampai Salah!

Gunakan humidifier dalam kamar anak untuk menjaga udara tetap lembap dan mengurangi iritasi hidung yang dapat memperparah kondisi hidung tersumbat.

Jika keluhan hidung tersumbat pada anak berlangsung lebih dari satu minggu atau disertai gejala lain seperti demam atau nyeri, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter