Setiap Tahapan pada Pendekatan Rubik Selalu Memuat Deskripsi Berdasarkan Apa?

- Redaksi

Saturday, 13 July 2024 - 10:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Analisis Penggunaan Bahasa dalam Abstrak Penelitian Berbahasa Inggris dan Saran Simpulan yang Tepat

Analisis Penggunaan Bahasa dalam Abstrak Penelitian Berbahasa Inggris dan Saran Simpulan yang Tepat

swarawarta.co.id – Setiap tahapan pada pendekatan rubik selalu memuat deskripsi berdasarkan apa?

Dalam pendidikan, seringkali kita menemukan soal yang mengharuskan kita memahami pendekatan rubrik dalam menilai kinerja peserta didik.

Baca Juga: 7 Cara Menyusun Hasil Temuan Perbaikan Pembelajaran dengan Efektif

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada setiap tahapannya, pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik.

Soal

Setiap tahapan pada pendekatan rubik selalu memuat deskripsi berdasarkan apa?

Jawaban

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didik

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

Jawaban

B. Indikator belajar peserta didik

Pembahasan

Pendekatan rubrik digunakan sebagai metode penilaian sistematik dan terstruktur dalam pendidikan.

Baca Juga: Apa Saja Rekomendasi Anda Bagi Guru agar Praktik Kinerjanya Bisa Meningkat di Kemudian Hari?

Baca Juga :  ICAN Education Hadirkan Pameran Pendidikan Terlengkap dan Terbesar, Ini Jadwal Lengkapnya

Setiap tahapannya memiliki deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik. Berikut adalah poin-poin penting dalam pendekatan rubrik:

1. Pendahuluan

Pada tahap ini, kita akan diberikan gambaran umum mengenai tujuan penilaian dan kriteria-kriteria yang akan dinilai.

Deskripsi pada tahap ini dapat mencakup indikator-indikator kunci yang akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja peserta didik.

2. Kriteria Penilaian

Pada tahap ini, kita akan menemukan kriteria-kriteria penilaian yang menjadi fokus. Setiap kriteria ini berhubungan langsung dengan indikator belajar peserta didik.

Baca Juga: Bagaimana Pandangan Ibu/Bapak terhadap Pendidikan Seksual Sejak Dini? Yuk Coba Cara Ini!

3. Deskripsi Tingkatan Kinerja

Pada setiap tingkatan kinerja, rubrik memberikan deskripsi yang spesifik mengenai indikator belajar peserta didik yang dapat diamati pada tingkat kinerja tersebut.

Baca Juga :  Bejat, Ayah di Pati Tega Perkosa Anak Kandungnya Sendiri hingga Depresi

Ini membantu memberikan panduan yang jelas bagi guru atau penilai dalam menilai dan memberikan umpan balik kepada peserta didik.

4. Contoh Kinerja

Beberapa rubrik menyertakan contoh-contoh kinerja yang mencerminkan setiap tingkatan.

Contoh ini dapat memberikan gambaran konkret mengenai bagaimana indikator belajar peserta didik dapat diinterpretasikan dalam konteks tugas atau proyek tertentu.

Umpan Balik Rubrik juga dapat digunakan sebagai alat umpan balik yang efektif.

Melalui deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik, guru dapat memberikan umpan balik konstruktif kepada peserta didik, membantu mereka memahami kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.

Dalam menjawab soal seperti yang telah dijelaskan di atas, jawabannya adalah B. Indikator belajar peserta didik.

Baca Juga :  Uraikan Cara yang Bisa Kalian Lakukan untuk Mempromosikan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Karena pada setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik.

Artinya, poin fokus pada pendekatan rubrik adalah indikator belajar peserta didik.

Dalam pilihan jawaban soal tersebut, terdapat empat opsi jawaban yaitu A, B, C, dan D.

Pilihlah jawaban B karena merupakan jawaban yang tepat berdasarkan poin-poin penting dalam pendekatan rubrik yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Apa Saja yang Sangat dibutuhkan Murid untuk Membantu Mereka Menguatkan Kekuatan-kekuatan Kodratnya?

Pendekatan rubrik membantu menciptakan proses penilaian yang transparan, objektif, dan terfokus pada aspek-aspek yang penting untuk perkembangan belajar peserta didik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami konsep ini agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang kita terima.

Berita Terkait

Apa yang Dimaksud dengan School Well-Being dalam Konteks Pendidikan? Berikut Penjelasannya!
Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?
DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan
40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025
40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201
40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335
40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213
40 SOAL UAS PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Materi dan Pembelajaran PKN SD

Berita Terkait

Sunday, 15 June 2025 - 13:43 WIB

Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?

Saturday, 14 June 2025 - 20:22 WIB

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan

Saturday, 14 June 2025 - 20:12 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025

Saturday, 14 June 2025 - 20:02 WIB

40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201

Saturday, 14 June 2025 - 19:52 WIB

40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335

Berita Terbaru