Jumlah Distribusi Frekuensi Masyarakat Pemilik Sertipikat Tanah di Desa Kulo Tanga di Jawa Timur, Sebagai Berikut: 4 2 3 3 2 8 7 7 1 4 4 3 3 12 20 6 2

- Redaksi

Tuesday, 24 December 2024 - 09:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi dengan Kaidah Sturges pada Data Masyarakat Pemilik Sertifikat Tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi dengan Kaidah Sturges pada Data Masyarakat Pemilik Sertifikat Tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur

SwaraWarta.co.idDalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat tabel distribusi frekuensi menggunakan kaidah Sturges pada data jumlah masyarakat pemilik sertifikat tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur. Data yang diberikan adalah sebagai berikut:

Soal Lengkap:

Jumlah distribusi frekuensi masyarakat pemilik sertipikat tanah di Desa Kulo Tanga di Jawa Timur, sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

4 2 3 3 2 8 7 7
1 4 4 3 3 12 20 6
2 1 1 4 3 13 11 17
5 4 5 2 3 1 27 22

Perintah soal:

Buatlah Tabel distribusi frekuensi dengan menggunakan kaidah sturgess

Jawaban:

Langkah-langkah Membuat Tabel Distribusi Frekuensi

Untuk membuat tabel distribusi frekuensi, kita akan menggunakan kaidah Sturges, yang dapat membantu menentukan jumlah kelas yang tepat dalam distribusi frekuensi.

Apa itu Kaidah Sturges?

Kaidah Sturges digunakan untuk menentukan jumlah kelas yang optimal dalam membuat tabel distribusi frekuensi. Kaidah ini menyatakan bahwa jumlah kelas kk dalam distribusi frekuensi dapat dihitung dengan rumus:

k=1+3.322log⁡10Nk = 1 + 3.322 \log_{10} N

di mana:

  • kk adalah jumlah kelas,
  • NN adalah jumlah data.
Baca Juga :  BERIKUT Adalah Transaksi Yang Terjadi di PT. Adira Untuk Bulan Maret 2022: 1 Maret, Dikeluarkan 8.000 Lembar Saham Biasa Nominal @Rp10.000

Menentukan Jumlah Kelas

Sebelum kita mulai, kita harus mengetahui jumlah data yang ada dalam rangkaian angka. Dalam kasus ini, data yang diberikan adalah:

4 2 3 3 2 8 7 7 1 4 4 3 3 12 20 6 2

Jumlah data NN dapat dihitung dengan menghitung banyaknya angka dalam data tersebut.

  • Jumlah data (N) = 17

Sekarang kita dapat menghitung jumlah kelas kk menggunakan rumus Sturges:

k=1+3.322log⁡1017k = 1 + 3.322 \log_{10} 17

Mari kita hitung jumlah kelas.

Menentukan Rentang Kelas

Setelah kita mengetahui jumlah kelas, kita akan menentukan rentang kelas. Rentang kelas dihitung dengan mencari selisih antara nilai maksimum dan minimum dalam data, lalu membaginya dengan jumlah kelas.

Data yang diberikan memiliki nilai minimum 1 dan nilai maksimum 20.

Rentang kelas=nilai maksimum−nilai minimumjumlah kelas=20−1k\text{Rentang kelas} = \frac{\text{nilai maksimum} – \text{nilai minimum}}{\text{jumlah kelas}} = \frac{20 – 1}{k}

Mari kita hitung rentang kelas setelah kita menentukan kk.

Baca Juga :  PETUGAS Baru Untuk Melayani Customer Service Pada Bank Mandiri Melakukan Wawancara Seluruh Nasabah Yang Ingin Membuka Rekening Pinjaman Baru

Menyusun Tabel Distribusi Frekuensi

Setelah menentukan jumlah kelas dan rentang kelas, kita bisa mulai menyusun tabel distribusi frekuensi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan batas bawah dan batas atas untuk setiap kelas.
  2. Hitung frekuensi untuk setiap kelas berdasarkan data yang ada.

Langkah-langkah Penyelesaian Soal

1. Hitung Jumlah Kelas kk

Dengan menggunakan rumus Sturges:

k=1+3.322log⁡1017≈1+3.322×1.230=1+4.09≈5k = 1 + 3.322 \log_{10} 17 \approx 1 + 3.322 \times 1.230 = 1 + 4.09 \approx 5

Jadi, jumlah kelas yang dibutuhkan adalah 5 kelas.

2. Tentukan Rentang Kelas

Rentang kelas dihitung dengan rumus:

Rentang kelas=20−15=195=3.8\text{Rentang kelas} = \frac{20 – 1}{5} = \frac{19}{5} = 3.8

Karena kita tidak bisa memiliki angka desimal dalam batas kelas, kita bulatkan rentang kelas menjadi 4.

3. Tentukan Batas Kelas

Dengan rentang kelas 4, kita dapat menentukan batas bawah dan batas atas setiap kelas. Berikut adalah batas kelas yang bisa digunakan:

  • Kelas 1: 0 – 4
  • Kelas 2: 5 – 8
  • Kelas 3: 9 – 12
  • Kelas 4: 13 – 16
  • Kelas 5: 17 – 20
Baca Juga :  Jelaskan Bagaimana Jaminan Hak Asasi Manusia (HAM) diatur dalam UUD 1945, khususnya yang tercantum dalam Pasal 28A hingga 28J

4. Hitung Frekuensi Setiap Kelas

Dengan menggunakan data yang ada, kita hitung jumlah data yang masuk dalam setiap kelas. Berikut adalah distribusi frekuensi berdasarkan kelas yang telah ditentukan:

  • Kelas 1 (0 – 4): 11 data
  • Kelas 2 (5 – 8): 4 data
  • Kelas 3 (9 – 12): 4 data
  • Kelas 4 (13 – 16): 2 data
  • Kelas 5 (17 – 20): 2 data

5. Tabel Distribusi Frekuensi

Berdasarkan perhitungan di atas, berikut adalah tabel distribusi frekuensi yang lengkap:

Kelas Batas Bawah Batas Atas Frekuensi
Kelas 1 0 4 11
Kelas 2 5 8 4
Kelas 3 9 12 4
Kelas 4 13 16 2
Kelas 5 17 20 2

Kesimpulan

Dengan menggunakan kaidah Sturges, kita telah berhasil membuat tabel distribusi frekuensi untuk data masyarakat pemilik sertifikat tanah di Desa Kulo Tanga. Tabel ini dapat digunakan untuk menganalisis distribusi frekuensi dengan cara yang lebih sistematis dan mudah dipahami.

 

Berita Terkait

Apa yang Dimaksud dengan School Well-Being dalam Konteks Pendidikan? Berikut Penjelasannya!
Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?
DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan
40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025
40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201
40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335
40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213
40 SOAL UAS PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Materi dan Pembelajaran PKN SD

Berita Terkait

Sunday, 15 June 2025 - 13:51 WIB

Apa yang Dimaksud dengan School Well-Being dalam Konteks Pendidikan? Berikut Penjelasannya!

Sunday, 15 June 2025 - 13:43 WIB

Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?

Saturday, 14 June 2025 - 20:22 WIB

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan

Saturday, 14 June 2025 - 20:12 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025

Saturday, 14 June 2025 - 20:02 WIB

40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201

Berita Terbaru