Categories: Pendidikan

JAWABAN Kemukakan Isi dari 4 (Empat) Kali Perubahan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Tersebut

Tujuan Pendidikan Nasional (TPN) Indonesia telah mengalami beberapa revisi sejak pasca peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) hingga tahun 2003. Perubahan-perubahan ini mencerminkan dinamika politik, sosial, dan ideologi bangsa, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memengaruhi arah dan fokus pendidikan nasional.

Memahami evolusi TPN penting bagi mahasiswa pendidikan, kebijakan publik, dan ilmu sosial untuk menganalisis kebijakan pendidikan secara komprehensif. Pemahaman ini memungkinkan apresiasi yang lebih dalam terhadap dinamika pendidikan dan perannya dalam membentuk karakter dan kompetensi generasi muda Indonesia.

Empat Kali Perubahan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional (1965-2003)

Berikut uraian empat kali perubahan rumusan TPN sejak pasca G30S/PKI hingga disahkannya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003:

ADVERTISEMENT

.

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Rumusan Pasca G30S/PKI (Orde Lama dan Awal Orde Baru)

Rumusan awal TPN pasca G30S/PKI menekankan pembentukan manusia yang susila, cakap, dan berwatak demokratis. Mereka diharapkan menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air. Pendidikan diarahkan untuk melahirkan warga negara sosialis Indonesia yang berjiwa Pancasila, adil dan makmur secara spiritual dan material, seperti yang tertuang dalam Ketetapan MPR No. II Tahun 1960 dan Presiden No. 19 Tahun 1965.

2. Ketetapan MPRS No. XXVII/MPRS/1966

Pasca peristiwa G30S/PKI, rumusan TPN direvisi untuk membentuk “manusia Pancasila sejati”. Fokusnya pada pembentukan individu yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bertanggung jawab terhadap terwujudnya masyarakat sosialis Indonesia yang adil dan makmur. Nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 menjadi landasan utama pendidikan.

3. Ketetapan MPR No. IV/MPR/1973 dan IV/MPR/1978 (Orde Baru)

Pada masa Orde Baru, TPN dirumuskan sebagai usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik secara menyeluruh dan berkelanjutan. Pendidikan bertujuan meningkatkan ketaqwaan, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan semangat kebangsaan. Tujuan utamanya adalah mencetak individu yang mampu membangun diri dan bangsa secara bertanggung jawab.

4. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Undang-Undang ini menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Tujuannya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Alasan Perubahan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional

Beberapa faktor utama mendorong perubahan rumusan TPN. Perubahan situasi sosio-politik, khususnya pasca G30S/PKI, membutuhkan penyesuaian nilai dan tujuan pendidikan agar sejalan dengan ideologi yang berlaku dan menjaga stabilitas nasional. Kepentingan politik dan kelas penguasa juga turut memengaruhi rumusan tujuan pendidikan, seringkali dengan tujuan menanamkan nilai-nilai tertentu kepada generasi muda.

Perubahan budaya dan dinamika masyarakat juga mendorong penyesuaian. Pendidikan dituntut untuk lebih responsif terhadap kebutuhan zaman, seperti pengembangan karakter, keterampilan, dan kecerdasan yang relevan dengan perkembangan global. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memengaruhi arah pendidikan, sehingga mampu mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan kreatif dalam menghadapi tantangan masa depan.

Terakhir, kebutuhan pembangunan nasional juga menjadi pendorong utama. Pendidikan diarahkan untuk mendukung pembangunan nasional secara menyeluruh, termasuk aspek spiritual, intelektual, sosial, dan ekonomi. Integrasi berbagai aspek tersebut bertujuan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter, mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Kesimpulannya, perubahan rumusan TPN mencerminkan perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam merumuskan visi pendidikan nasional. Setiap revisi merefleksikan konteks historis, politik, sosial, dan perkembangan ilmu pengetahuan yang dihadapi. Memahami hal ini sangat penting bagi siapapun yang ingin terlibat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Redaksi SwaraWarta.co.id

Berita Indonesia Terkini 2024 Viral Terbaru Hari Ini

Recent Posts

Sosok Istri Ustadz Yahya Waloni, Dulunya Lusiana dan Mualaf Bersama Buah Hatinya

Kabar duka menyelimuti keluarga besar Ustadz Yahya Waloni dan umat Islam di Indonesia. Ustadz Yahya…

6 hours ago

Gag Nikel Pastikan Aktivitasnya Aman bagi Geopark Raja Ampat, Fokus pada Tambang Ramah Lingkungan

PT Gag Nikel, perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Raja Ampat, Papua Barat Daya, menyatakan…

7 hours ago

JELASKAN Alasan Umum Go International Menurut Stauble (2002) Yang Juga Dilakukan Oleh Wardah

Wardah, didirikan pada tahun 1995 oleh Nurhayati Subakat, telah mencapai kesuksesan luar biasa sebagai pionir…

7 hours ago

SELAIN Menghasilkan Produk Utama PT Pantang Mundur Juga Menghasilkan Produk Sampingan, Kos Bersama Yang Terjadi Pada Titik Pisah Sebesar Rp550.000.000

PT. Pantang Mundur adalah sebuah perusahaan yang memproduksi dua jenis produk: produk utama dan produk…

7 hours ago

COBA Berikan Contoh-Contoh Lain Dari Kos Kualitas, Selain Yang Ada Pada BMP Akuntansi Biaya

Kos kualitas (quality cost) merupakan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memastikan produk atau jasa…

7 hours ago

Mendikdasmen Dukung Pengusutan Kasus Korupsi Laptop Chromebook, 3 Stafsus Nadiem Dicekal ke Luar Negeri

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Abdul Mu’ti, menyatakan dukungannya terhadap Kejaksaan Agung (Kejagung)…

7 hours ago